Top

6 Cara Mudah Jaga Imun Anak Tetap Kuat

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

07 Feb 2023

  |  

Edukasi

Anak-anak usia dini memiliki imunitas yang masih sangat lemah dan belum sekuat orang dewasa. Dilansir dari Canadian.cz, seorang ahli medis spesialis anak-anak mengatakan:

“Tingkat immunitas tubuh anak berhubungan dengan seberapa baik gizi yang ia konsumsi dan proses penguatan kekebalan tubuh yang ia lakukan, serta lingkungan tempat ia berada.”

Agar si kecil semakin tumbuh menjadi anak yang sehat dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, peran Ayah dan Bunda sangatlah penting. Apa saja yang perlu Anda lakukan agar si kecil terhindar dari segala macam penyakit?

1. Waspada saat Pergi ke Tempat Umum

Mengajak si kecil keluar rumah adalah hal yang penting. Sinar matahari dan udara segar di luar rumah bisa meningkatkan imunitas anak. Namun, tentu saja Ayah dan Bunda perlu lebih waspada saat mengajak si kecil berada di luar rumah, terutama saat di keramaian. Pastikan si kecil tetap patuh pada protokol kesehatan, seperti mengenakan masker, menjaga jarak aman 2 meter dengan orang lain, membawa hand sanitizer, serta berusaha untuk tidak menyentuh area tubuh yang bisa menjadi media masuknya virus (mata, hidung, mulut). Hindarilah tempat-tempat umum, terutama yang berada di dalam ruangan, tapi memiliki sirkulasi udara yang kurang baik.

Si Kecil juga perlu mendapatkan edukasi tentang cara menjaga keamanan saat mudik. Ajari ia dengan cara yang menyenangkan. Yuk, ajak si kecil memainkan gim di bawah ini!

2. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Ayah dan Bunda perlu menjaga kebersihan kamar si kecil dan lingkungan rumah. Pastikan bahwa kamar si kecil memiliki sirkulasi udara yang baik. Jagalah kebersihan lantai dengan menyapu dan mengepelnya dengan cairan pembersih lantai yang ramah dan aman bagi anak. Coba Ayah dan Bunda juga memperhatikan kebersihan dudukan toilet, lantai, dan bak kamar mandi, karena area-area tersebut sangat sering berkontak langsung dengan tubuh anak.

Ayah dan Bunda bisa mengajarkan cara menjaga kebersihan lingkungan dengan media gim "Marbel Kebiasaan Baik". 

3. Memberikan Vaksin

Pemberian vaksin kepada si kecil di era pasca pandemi sangatlah penting. Dilansir dari Cdc.gov, sebuah website tentang kesehatan dan pencegahan penyakit menjelaskan:

“Vaksin dapat mencegah penyakit serius yang pernah membunuh atau membahayakan banyak bayi, anak-anak, dan orang dewasa. Tanpa vaksin, anak Anda berisiko terkena penyakit serius atau bahkan kematian akibat penyakit seperti campak dan batuk rejan.”

Vaksin yang sangat dibutuhkan saat ini adalah vaksin Covid-19. Namun, sebenarnya masih ada beberapa vaksin yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Dikutip dari Klinikpintar.id, beberapa vaksin yang sangat dibutuhkan oleh anak-anak adalah Hepatitis B, BCG, Vaksin Polio (Oral dan Suntik), DPT, HiB, PCV dan lainnya. Informasi lebih lengkap Anda bisa berkonsultasi dengan dokter anak atau Puskesmas terdekat.

4. Mengatur Waktu Istirahat

Mengatur waktu istirahat dapat meningkatkan kualitas tidur. Kualitas tidur yang baik bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak. Agar si kecil bisa tidur nyenyak Ayah dan Bunda perlu memperhatikan hal-hal dibawah ini:

  • Melakukan Aktivitas sebelum Tidur yang Bersifat Menyenangkan tapi Menenangkan
    Pastikan si kecil melakukan aktivitas fun dan bersifat menenangkan hati si kecil, misalnya mendengarkan dongeng, membaca buku, melakukan permainan yang rileks (tidak menguras tenaga), dan lainnya.
  • Mengajak si Kecil Beraktivitas di Siang Hari
    Anak-anak usia dini memiliki energi yang ekstra. Melakukan aktivitas positif di siang hari akan membantu si kecil dalam memanfaatkan energinya. Pastikan bahwa si kecil tidak terlalu lelah juga.
  • Suasana Kamar yang Memadai
    Tempat tidur yang nyaman, lampu kamar tidur yang tidak terlalu terang, apalagi diiringi dengan instrumen musik yang lembut serta menenangkan pasti akan membuat si kecil tidur lebih nyenyak. Mendengarkan dongeng dalam bentuk podcast juga bisa menjadi pilihan.
  • Jangka Waktu Makan dan Tidur
    Setelah makan malam, pastikan si kecil memiliki jeda waktu selama 2 hingga 3 jam untuk beraktivitas santai, sebelum ia tidur.

5. Berikan Asupan Makanan Bergizi

Makanan yang mengandung vitamin C adalah nutrisi yang paling penting untuk menjaga kekebalan tubuh si kecil. Nutrisi ini bisa didapatkan dari buah-buahan seperti jeruk, stroberi, mangga, pisang, dan lainnya. Adapun sayuran yang mengandung vitamin C adalah brokoli, bayam, kangkung, dan tomat.

Selain buah dan sayuran, ada juga beberapa makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh adalah yogurt, kacang kenari, ikan, dan daging.

6. Berkegiatan yang Menyenangkan

Di platform Channel3000.com, Dr. Michelle Roelli mengatakan, “Daripada mengatakan kepada anak-anak, ‘ayo kita keluar dan berolahraga', lebih baik mengatakan 'ayo kita bermain’. Anda dan sekeluarga bisa jalan-jalan bareng, bersepeda, atau bermain basket. Berenang adalah pilihan yang bagus jika tersedia kolam. Kegiatan-kegiatan menyehatkan tersebut dapat dilakukan bersama untuk bersenang-senang, karena cara lain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah tertawa.”

Aneka olahraga dan aktivitas lain sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Usahakanlah untuk melakukannya di luar ruangan, dan buatlah tubuh si kecil berkeringat. Jangan lupa untuk memastikan bahwa si kecil merasa senang dan bisa menikmatinya.

Ayah dan Bunda ingin si Kecil belajar menjadi seorang konten kreator hebat? Yuk, ajak dia bergabung di kelas kreator Gamelab.id. Selain akan memiliki banyak teman, si Kecil juga akan memiliki tutor hebat dalam bidang IT. Si kecil akan dilatih membuat aneka karya yang edukatif, menarik, dan bermanfaat dengan berbasis teknologi.


Sumber Referensi:

  • Reece, C. (2020). Fun activities and laughter can boost immune system in cold and flu season [1]
  • Klinikpintar.id. (2020). Jenis vaksin anak [2]
  • Cdc.gov. (2022). Accine decision [3]
  • Canadian.cz. (2016). What you do not know about a childs immune system and its disorders [4]
  • Freepik. (2022). Free photo children playing in the park [5]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.