Top

6 Tips Jitu Bangun Energi Positif Sejak Pagi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

12 Jan 2023

  |  

Edukasi

Membangun energi positif di pagi hari adalah hal yang sangat penting. Bila kita bisa memompa energi positif dengan optimal, maka segala aktivitas dalam sehari pasti bisa dijalani dengan lebih ringan.

Bagaimana dengan si kecil? Tentu saja ia juga perlu membangun energi positif di pagi hari. Peran Ayah dan Bunda adalah hal yang penting, agar ia semakin bersemangat dalam beraktivitas, terutama saat ia menjalani hari di sekolah. Dilansir dari Indiaparenting.com, seorang pakar parenting mengatakan:

“Energi positif membantu anak-anak tumbuh menjadi individu yang sehat, bahagia, dan memiliki emosi yang stabil.”

Tips di bawah ini akan membantu Ayah dan Bunda dalam membimbing si kecil, agar ia bisa menjalani harinya dengan suka hati karena energi positif yang sudah dibangun sejak pagi. Mari kita simak bersama!

1. Mendiskusikan Aktivitas Pagi Hari Bersama si Kecil

Anak-anak usia dini biasanya akan cepat merasa bosan dengan aktivitas yang bersifat monoton. Apalagi bila aktivitas tersebut bukan berasal dari minat mereka.

Ajaklah si kecil untuk berdiskusi atau libatkanlah ia dalam membuat jadwal aktivitas atau rutinitas di pagi hari. Ayah dan Bunda dipersilakan untuk memberikan ide saat berdiskusi bersama si kecil, misalnya dengan mengajak anak bermain, mendengarkan dongeng podcast, atau melihat film cerita yang menarik.

Biarkan si kecil memilih aktivitas apa yang ia gemari. Agar tidak lupa, Ayah Bunda bisa mencatatnya atau membantu menyusun jadwal agar bisa ditampilkan atau ditempel pada dinding kamar tidur si kecil.

Aktivitas mewarnai gambar juga bisa menjadi pilihan aktivitas buat si kecil. Ayah dan Bunda bisa mengunduh lembar media mewarnai gambar di twinkl.id. Ada lembar media mewarnai gambar yang baru saja diposting, yaitu yang bergambar tokoh-tokoh Marbel. Di bawah ini adalah contoh-contoh gambarnya!

 

2. Menu Makan Pagi Kegemaran dan Menyehatkan

Ayah dan Bunda bisa memberikan menu sarapan yang menyehatkan untuk si kecil. Beberapa contoh menu makan pagi yang menyehatkan adalah sandwich, oatmeal, egg muffin, sup jagung, salad buah, nasi goreng sayuran, oatmeal buah, dan lainnya.

Ayah dan Bunda bisa berdiskusi bersama si kecil untuk menjadwalkan menu sarapan baginya. Pastikan bahwa setiap hari si kecil makan menu makan pagi yang berbeda. Atau paling tidak, Ayah dan Bunda perlu mengusahakan, bila hari ini ia makan roti sandwich, besoknya ia tidak makan roti sandwich lagi.

Sayur dan buah adalah jenis makanan yang menyehatkan juga. Bila si kecil mengalami persoalan dalam mengonsumsi sayur dan buah, Ayah dan Bunda bisa membaca artikel ini untuk mendapatkan solusinya.

3. Atur Jadwal Istirahat

Lama waktu istirahat terbaik untuk usia anak-anak adalah 9 jam per hari. Istirahat atau tidur yang cukup bisa membuat badan si kecil menjadi lebih bugar dan sehat. Agar si kecil bisa mengatur waktu istirahatnya dengan baik, Ayah dan Bunda bisa meminta anak untuk tidak bermain perangkat komunikasi sebelum tidur.

Pastikan bahwa saat 1 jam sebelum tidur, ia sudah melakukan aktivitas 'no screen time' bersama Ayah dan Bunda. Beberapa contoh aktivitas 'no screen time' yang baik adalah membacakan buku untuk anak, mewarnai gambar, menggambar, mengajak anak bermain flashcard edukatif, dan aktivitas yang santai serta menenangkan lainnya.

Di saat santai sebelum tidur malam, Ayah dan Bunda bisa mengajak anak bermain flash card. Permainan yang santai dan menyenangkan bisa membuat si kecil lebih mudah terlelap. Dapatkan flash card yang menarik, edukatif, dan ramah anak di Toko Marbel Junior.

4. Merapikan Tempat Tidur dan Berdoa

Merapikan tempat tidur bisa meningkatkan rasa bangga anak pada dirinya sendiri. Mengapa? Karena saat ia merapikan tempat tidur, si kecil akan mendapatkan pengalaman dalam membuat suatu perubahan. Perubahan dari sesuatu yang kurang baik menjadi lebih baik, yaitu pada saat ia mampu mengubah ruangan yang kurang rapi menjadi lebih rapi.

Setelah merapikan tempat tidur biasanya anak akan lebih fokus dalam melakukan aktivitas yang lain, misalnya berdoa, mandi, dan melakukan aktivitas lainnya. Bila si kecil belum terbiasa, Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil untuk melakukan aktivitas pagi secara bersama-sama..

Ayah dan Bunda, masih ada banyak lagi kebiasaan-kebiasaan baik yang bisa diajarkan kepada si kecil yang bermanfaat untuk membangun semangat serta energi positifnya. Karena dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik, si kecil pasti akan tumbuh menjadi pribadi yang mulia dan bisa selalu memberikan pengaruh yang positif. Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil mengenal aneka kebiasaan baik lainnya dengan memainkan gim di bawah ini!

5. Persiapkan Perlengkapan Sekolah di Malam Hari

Bila si kecil sudah mempersiapkan segala perlengkapan sekolah di malam hari dengan baik, ia pasti juga akan lebih tenang serta lebih siap untuk berangkat sekolah. Ia tidak perlu merasa tergesa-gesa dan yang pasti akan mengurangi rasa cemas, karena segalanya sudah dipersiapkan dengan baik. Ia tidak perlu khawatir bila ada perlengkapan sekolah yang tertinggal.

6. Ciptakan Suasana Rumah yang Gembira

Kegembiraan sejati berasal dari hati. Bila Anda ingin agar si kecil bersemangat dan memiliki energi positif di pagi hari, Ayah dan Bunda harus menciptakan suasana yang gembira di dalam hati Anda sendiri.

Bangunlah kegembiraan suasana hati Ayah dan Bunda dengan melakukan aktivitas-aktivitas yang menggembirakan, menyehatkan, dan positif. Ayah dan Bunda bisa berolahraga, melakukan hobi, dan lainnya.

Bila ada suatu persoalan, pastikan Ayah dan Bunda sudah menyelesaikannya di malam hari, bukan di pagi hari. Karena saat pagi hari adalah waktu dimana setiap anggota keluarga menyambut hari yang baru dan beraktivitas dengan semangat yang baru.

Mengapa? Supaya ayah dan bunda bisa memberikan senyuman terbaik dan sapaan yang memotivasi serta penuh semangat kalau bertemu si kecil di pagi hari. Energi positif dari Ayah dan Bunda pasti akan tersalurkan ke dalam hati si kecil.

Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil bernyanyi dan tersenyum bersama dengan menyanyikan lagu berjudul "Senyuman Sedekah Sederhana" di bawah ini. Lagu ini akan membantu si kecil untuk bisa selalu tersenyum mulai dari pagi hari.

Energi positif perlu dijaga dengan banyak melakukan perbuatan yang baik dan menghindari perilaku yang tidak baik. Yuk, dukung si kecil agar semakin mampu melakukan perbuatan baik dengan tekun membangun karakternya setiap hari. Tetap semangat membimbing sang buah hati agar bisa memancarkan energi positif di mana saja dan kapan saja!

Bangun karakter anak dengan media dongeng. Kini, Educa Studio telah merilis koleksi dongeng dalam bentuk podcast yang bisa didengarkan di Noice.id.


Sumber Referensi:

1. Indiaparenting.com. (2022). how-to-attract-positive-energy-around-children [1]

2. Freepik.com. (2022). Asian teenager s portrait isolated blue space beautiful female [2]

3. Freepik.com. (2022). Young mother little boy blanket with happiness [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.