Top

7 Aktivitas Simpel PAUD untuk Belajar Profesi Pemadam Kebakaran

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Mar 2023

  |  

Edukasi

Siswa usia PAUD sangat menyukai cara belajar dengan aneka aktivitas yang bervariasi. Apalagi saat mereka belajar tentang sebuah profesi yang keren, yaitu pemadam kebakaran. Profesi pemadam kebakaran adalah profesi yang mulia. Siswa PAUD pasti bangga memiliki petugas pemadam kebakaran di Indonesia yang selalu siap membantu setiap terjadi bencana kebakaran.

Inilah beberapa aktivitas simpel (tidak ribet dalam menyiapkannya) yang praktis untuk dimanfaatkan atau dipraktikkan bersama siswa usia PAUD.

1. Berkunjung ke Kantor Pemadam Kebakaran

Saat mengunjungi kantor pemadam kebakaran siswa akan mendapatkan pengarahan dari salah satu petugas pemadam kebakaran. Siswa akan mendapatkan pembelajaran tentang alat-alat yang digunakan oleh pemadam kebakaran, cara memadamkan api yang aman serta tepat, bagian-bagian mobil damkar, cara mencegah terjadinya kebakaran dan lainnya.

Gim asyik untuk belajar profesi damkar. Yuk, diunduh dengan klik di sini!

2. Kerajinan Tangan Mobil Pemadam Kebakaran

Duniabelajaranak.id banyak menyediakan aneka kreativitas PAUD. Aneka aktivitas di dalam platform tersebut sudah disusun secara tematik sehingga Anda mudah dalam menemukan tema yang diinginkan.

Salah satunya adalah kerajinan tangan berbentuk mobil pemadam kebakaran. Tutorial pembuatannya bisa dibaca dengan mengklik tepat di sini.

Jika kamu ingin menemukan kerajinan tangan lainnya, silakan klik di sini.

3. Praktik Memadamkan Api

Alat dan bahan yang dibutuhkan untuk melakukan aktivitas ini hanyalah sebuah sapu tangan, sebuah lilin, dan sebuah korek api gas. Pertama-tama nyalakanlah lilin dengan korek api. Kemudian basahilah sapu tangan dengan air.

Tumbangkanlah sapu tangan yang telah basah tersebut di atas lilin yang menyala. Lilin pasti akan mati bila tertutup dengan kain yang basah.

Variasi dari aktivitas ini adalah cara memadamkan api dengan menuangkan air. Dalam aktivitas ini guru meminta siswa memadamkan api dengan cara menuangkan air dari botol pada sebuah lilin yang menyala. Nyala api pada lilin pasti akan segera mati.

Setelah itu guru bisa menjelaskan kepada siswa bahwa salah satu cara memadamkan api adalah dengan menumpangkan kain basah di atas api yang menyala. Dulu juga bisa menampilkan contoh video cara memadamkan api dengan menggunakan kain yang dibasahi atau menuangkan air pada api yang menyala.

4. Menonton Video Dongeng Edukasi Bertema Damkar

Dongeng ini menceritakan kisah Bebe, petugas damkar yang lucu, bersama rekan-rekan satu timnya dalam menjalankan tugasnya. Dengan menonton video dongeng ini, anak akan belajar tentang cara memadamkan api, cara preventif agar tidak terjadi kebakaran, dan edukasi tentang pemanfaatan api dengan aman.

5. Bermain Gim Marbel Pemadam Kebakaran

Marbel Pemadam Kebakaran adalah permainan simulasi petugas kebakaran untuk anak-anak. Game ini sangat aman dan didesain untuk meningkatkan kreativitas anak. Anak-anak akan mendapatkan pengalaman yang membanggakan menjadi seorang petugas pemadam kebakaran di dalam permainan simulasi.

Permainan pemadam kebakaran ini didesain khusus untuk anak-anak. Anak-anak akan belajar cara memadamkan api dan cara mencegah terjadinya bencana kebakaran dengan gim serta animasi lucu. Dengan karakter hewan yang cute sebagai petugas kebakaran, pastinya anak-anak akan menyukainya.

6. Membacakan Dongeng Berjudul “Pemadam Kebakaran”

Dengan media buku dongeng ini, siswa akan belajar tentang tugas para pahlawan pemadam kebakaran. Tugasnya tentulah sangat berat dan melelahkan. Namun, di balik itu semua, pasti ada kebanggaan tersendiri.

7. Bermain Peran

Dilansir dari Dreamersnursery.com, dikatakan bahwa anak-anak mendapatkan banyak manfaat dari permainan peran; bermain peran menumbuhkan sikap bangga pada diri sendiri, serta mengembangkan kreativitas, keterampilan komunikasi, fisik, dan kemampuan untuk memecahkan masalah.

Berikut ini adalah beberapa naskah drama singkat tentang cara menghadapi pemadam kebakaran yang berjudul “Menghubungi Petugas Damkar”.

Bu Tono dan Pak Tono sedang berada di rumah. Suatu hari Bu Tono mengetahui bahwa rumah Pak Sardi mengalami kebakaran.

Bu Tono: Pak, Rumah Pak Sardi terbakar. Apa yang bisa kita lakukan?
Pak Tono: Waduh… Segera hubungi petugas pemadam kebakaran.
Bu Tono: Oh ya, baik. Berapa nomor teleponnya?
Pak Tono: Nomor telepon pemadam kebakaran adalah 113.
Bu Tono: Baik Pak, saya telepon ya. (sambil memencet HP mainan) Nomornya 113.

Temukan aneka aktivitas bermain peran lainnya di Google Video.

Selain aktivitas-aktivitas di atas, Anda bisa mengajak siswa melakukan aktivitas bertema damkar lainnya, yaitu:

-  mewarnai gambar

- menggambar

- bernyanyi

- membuat kreasi origami 

Semoga aktivitas-aktivitas untuk anak usia PAUD di atas bermanfaat bagi siswa agar lebih mudah memahami profesi damkar. Selamat belajar dan mengajar!


Sumber Referensi:

1. Dreamersnursery.com. (2022). Benefits of role play in early childhood [1]


Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.