Top

9 Aktivitas untuk Belajar Mengenal Hewan Bersama Keluarga

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

30 Okt 2022

  |  

Parenting

Materi pembelajaran tentang hewan adalah materi yang paling disukai anak-anak usia dini. Selain dipelajari di satuan PAUD, akan lebih baik pula bila materi ini juga diajarkan di rumah dalam aktivitas bersama keluarga. Dilansir dari Parenta:

“Dengan motivasi yang tepat, pembelajaran tentang hewan juga dapat menumbuhkan minat anak pada alam dan kemampuan untuk menghargai semua bentuk kehidupan di bumi.”

Mengingat akan pentingnya pembelajaran tema hewan ini, maka telah kami susun aneka aktivitas untuk mengajarkan materi tentang pengenalan hewan kepada si kecil bersama Ayah dan Bunda:

1. Menonton Film dengan Tokoh Hewan

Orang tua bisa mendampingi anak saat menonton film ini. Agar anak lebih tertantang dan termotivasi untuk belajar, orang tua bisa memberikan beberapa pertanyaan kepada si kecil, antara lain:

  • Apa nama hewan itu?
  • Berapa jumlah kaki yang dimilki ayam?
  • Di mana ikan hidup?

Agar kecerdasan bahasa anak juga berkembang dengan baik, orang tua perlu memberikan pertanyaan dengan tata bahasa yang baik. Namun, biarkan anak menjawab dengan jawaban singkat saja (dengan 1 sampai 2 kata, atau dalam 1 kalimat pendek).

2. Bernyanyi Lagu tentang Hewan

Ada satu lagu yang cocok untuk diajarkan kepada anak. Lagu ini berjudul “Suara Hewan”. Syair lagunya sebagai berikut:

Suara Kucing, miaw miaw miaw miaw miaw
Suara kucing, miaw miaw miaw miaw miaw
Suara kucing, miaw miaw miaw miaw miaw
Suara kucing, miaaaaawwww

Suara Anjing, guk guk guk guk guk
Suara Anjing, guk guk guk guk guk
Suara Anjing, guk guk guk guk guk
Suara Anjing, guk.. guk..

Lagu di atas bisa didengarkan dan ditonton dengan klik "Lagu Suara Hewan". Bernyanyi sambil belajar mengenal hewan adalah cara menyenangkan yang bisa menambah pengetahuan anak serta bisa meningkatkan kecerdasan musikal anak.

3. Menceritakan Dongeng Fabel

Di era digital seperti sekarang, anak-anak bisa belajar dengan aneka media. Misalnya, dengan media buku, aplikasi, video, dan lainnya. Orang tua bisa memilih aneka dongeng hewan yang ramah anak, menarik, full music, dan dalam bentuk animasi, agar anak-anak lebih tertarik dan bersemangat belajar.

Salah satu platform dongeng yang paling terkenal saat ini adalah “Riri, Cerita Anak Interaktif”. Platform ini tersedia di YouTube sehingga bisa diakses kapan saja. Ada ratusan dongeng hewan yang tersedia di dalam platform ini. Anda bisa mengaksesnya dengan meng-klik “Riri, Cerita Anak Interaktif - Fabel”.

4. Bermain Mainan Bertema Hewan

Saat memainkan mainan ini, orang tua bisa mendampingi anak. Agar pengetahuan anak kian bertambah, orang tua bisa memberikan aneka informasi yang berkaitan dengan mainan ini. Untuk menambah rasa penasaran anak, orang tua bisa mengucapkan kalimat secara lisan, dan meminta anak meneruskannya. Contohnya adalah sebagai berikut:

  • “Gajah memiliki kaki besar berjumlah ….” (“Berapa buah hayooo….”)
  • “Lihat, ini seekor kelinci. Kelinci bergerak dengan cara…. (“Melompat atau berenang ya?”)

5. Media Flashcard

Media flashcard adalah sarana pembelajaran yang cukup efektif. Dengan media flashcard anak juga bisa bisa belajar membaca. Agar anak lebih bersemangat dan gembira saat belajar dengan media flashcard, Ayah dan Bunda bisa mencoba variasi aktivitas dengan media flashcard di postingan berjudul “7 Variasi Permainan Edukatif dengan Media Flashcard”.

Ayah dan Bunda juga bisa mendapatkan flashcard tema hewan yang catchy dan ramah anak dengan mengklik “Produk Flashcard Tema Hewan.”

6. Belajar dengan Lembar Belajar di Canva

Aplikasi Canva menyediakan aneka lembar kerja anak tentang pengenalan hewan yang bisa diunduh secara gratis. Anda bisa mengunduhnya dengan klik “Lembar Kerja Tema Hewan Versi Canva”. Beberapa keuntungan dari lembar kerja pada aplikasi Canva adalah:

  • Tulisan dan gambarnya bisa diedit.
  • Ukuran kertas bisa disesuaikan.
  • Bisa diunduh dalam bentuk PDF, JPG, dan format lainnya.

7. Mewarnai Gambar Hewan

Aktivitas mewarnai adalah salah satu aktivitas paling sederhana tetapi sangat digemari anak-anak. Dengan aktivitas ini anak-anak juga akan semakin terampil dalam memegang pensil sebagai tahap awal sebelum anak piawai dalam menulis. Orang tua bisa mengunduh aneka gambar sketsa hewan di aplikasi Canva, dengan meng-klik “Media Mewarnai Tema Hewan Versi Canva”.

8. Mengunjungi Kebun Binatang

Manfaatkan waktu berlibur dengan mengunjungi kebun binatang sebagai sarana belajar untuk sang buah hati. Sejak berangkat ke kebun binatang, orang tua bisa mengajak anak bernyanyi lagu-lagu tentang hewan. Bila mengendarai mobil, orang tua bisa memutarkan lagu-lagu bertema hewan. Orang tua bisa menyiapkan aneka lembar kerja dan lembar (media) mewarnai tema hewan, sehingga di kebun binatang, si kecil tidak hanya menyaksikan aneka hewan, tetapi juga diajak untuk mengerjakan lembar belajar edukatif. Aktivitas ini akan sangat membantu anak dalam mengenal aneka hewan.

9. Berkunjung ke Wisata Edukasi

Wisata edukasi biasanya mengambil tempat di suatu desa. Di sana anak-anak akan diajak untuk mengenal aneka hewan ternak. Anak bisa belajar cara merawat hewan, misalnya cara memandikan, memberi makan, menjaga kesehatan hewan, membersihkan kandang hewan, dan lainnya. Anak bisa melakukan kegiatan praktik memberi makan hewan dan aktivitas lain yang memungkinkan untuk dilakukan anak-anak.


Sumber Referensi:

1. Nido.edu.au. (2021). The importance of animals as a part of the learning environment [1]

2. Parenta.com. (2020). The benefits of animals for children’s development [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.