NEWS

Educa Salatiga Global Game Jam 2017

Latar Belakang

Untuk pertama kalinya kota Salatiga masuk sebagai jam site dalam ajang Global Game Jam. Global Game Jam 2017 kali ini di kota Salatiga diselenggarakan oleh Educa Studio, perusahaan pengembang game edukasi dengan nama event “Educa Salatiga Global Game Jam 2017”. Acara berlangsung pada tanggal 20-22 Januari 2017 yang diikuti total 13 peserta.

Adapun Global Game Jam sendiri adalah sebuah event kolaborasi, inovasi dan eksperimen yang dilakukan secara spontan di lokasi acara (jamsite) selama 48 jam. Semua orang boleh bergabung di dalam event ini. Bahkan bagi para pemula, bisa belajar dari sini untuk bersama-sama mengetahui asyiknya membuat games. Global Game Jam sendiri bukanlah sebuah kompetisi.

Jalannya Acara

Acara dimulai pada pukul 5 sore hari jumat 20 Januari 2017:

  1. Pertama dilakukan pembukaan dan perkenalan
  2. Pemutaran Video Keynote dari Panitia GGJ Pusat
  3. Pemutaran Video Tema Game tahun 2017
  4. Pembentukan Tim
  5. Pencarian ide
  6. JAMMING SESSION
  7. Hari Kedua, jam 3 sore dilakukan presentasi Progress
  8. Hari Ketiga, jam 3 sore pengiriman hasil game ke site globalgamejam.org
  9. Penutupan

Tim yang Terbentuk

Dalam event Educa Salatiga GGJ 2017 terbentuk 4 tim:

  1. Tim Digital Games 1 (Andi Taru, Teguh Prabowo, Yovita, Ricky, dan Haryo)
  2. Tim Digital Games 2 (Tomy, Wawan, Indira, Febrian Prayoga, dan Andi Saputro)
  3. Tim Board Games (Arie Setiawan, Allez, dan Aaron)
  4. Tim Digital Games 3 (Andi Taru, Andi Saputro, Febrian Prayoga, dan Haryo)

Hasil Games

Gift From Nyi adalah sebuah board games hasil karya tim board games (Arie Setiawan, Allez, dan Aaron). HOO’AKS adalah sebuah game simulasi gelombang informasi karya Tim Digital Games 1 (Andi Taru, Teguh Prabowo, Yovita, Ricky, dan Haryo). Poking Bird adalah game action, di mana seorang petani menjaga sawahnya dari gelombang burung yang ingin mencuri padi, game ini adalah karya Tim Digital Games 3 (Andi Taru, Andi Saputro, Haryo, dan Febrian Prayoga). Terakhir, Space Lander adalah game action yang bercerita tentang petualangan menghindari badai dan gelombang magnet. Game ini adalah karya (Andi Saputro, Febrian Prayoga, Tomy, Wawan, dan Indira).

Link download gamesnya di sini:

http://globalgamejam.org/2017/jam-sites/educa-salatiga-global-game-jam-2017/games

Harapan Ke Depan

Semoga acara ini bisa menjadi trigger agar lebih banyak lagi diadakan event-event serupa di Salatiga ke depannya. Terima kasih untuk semua pihak yang mendukung acara ini: Educa Studio, RM. Cikal Gading, Komunias SALAD (Salatiga Game Dev) dan AGI (Asosiasi Game Indonesia). Semoga tahun depan acara GGJ diikuti lebih banyak lagi peserta dan dihasilkan dari event tersebut. Sampai jumpa di acara-acara selanjutnya!