NEWS

Educa Studio : Menilik Budaya Kerja di Startup Kreatif

Beberapa waktu yang lalu, saya diskusi bersama dengan rekan-rekan sesama pemilik perusahaan dari berbagai bidang. Katakanlah ada yang dari bidang Cyber Security, ada yang dari software development dan ada juga yang perusahaannya fokus pada pengembangan produk sendiri seperti Educa Studio. Diskusi di sore hari cukup menarik, saya diminta untuk “mengungkap” berbagai macam hal yang kami lakukan di Educa Studio, menjadi narasumber dan host di diskusi tersebut. Bagaimanapun, budaya di dalam perusahaan menjadi titik penting karena berpengaruh dengan produktivitas, cara bekerja, cara berpikir setiap anggota di dalamnya. Maka, melalui artikel ini saya ingin membagikan budaya kerja di Educa Studio yang mungkin bisa diadopsi oleh perusahaan lain.

EDUCA STUDIO – A Simple Fun Educational Tool

Logo Educa Studio – dan Tagline kami : A Simple Fun Educational Tool

Educa Studio secara resmi berdiri tahun 2012, namun sebenarnya sudah mulai dirintis sejak 2008 waktu saya di bangku kuliah. Waktu awal berdiri, karena awalnya sendirian dan hanya untuk sekaligus belajar bisnis dan membuat produk. Sejak 2008, produk bernama MARBEL ini sudah muncul di platform PC. Dari awal berdiri, Educa Studio memang fokus pada pengembangan produk-produk untuk pendidikan, khususnya anak TK dan PAUD. Tagline : A Simple Fun Educational Tool diambil karena kami ingin mengembangan sebuah media yang simple (mudah digunakan) namun dapat mencapai sasaran (pendidikan). Media yang sering kami gunakan adalah game dan board game, namun kalau kita menilik hari ini produk Educa Studio sudah sangat bervariasi meliputi buku cerita, video animasi, lagu anak, flashcard, buku cetak, komik dan masih banyak lagi jenis lainnya yang kami kembangkan.

Educa Studio memiliki beberapa IP yang sudah cukup terkenal, seperti Marbel untuk Educational Games for Kids, Riri untuk Interactive Story Books, Kabi untuk Moslem Kids, Kolak untuk Interactive Kids Song, Keong Games untuk Casual Games, dan masih banyak lagi. Sudah banyak pencapaian yang diraih oleh Educa Studio sejak perusahaan ini didirikan. Salah satunya yang paling baru adalah pencapaian untuk karakter Emak-Emak Matic. Emak sendiri merupakan karakter original buatan tim Educa Studio yang terinspirasi dari karakter emak-emak di Indonesia. Karakter Emak terpilih untuk menjadi TOP 5 IP program KATAPEL dan berhasil berangkat ke Hong Kong untuk mengikuti Hongkong Licensing Show 2019. Dan tahun ini pun Educa Studio akan banyak mengikuti event besar lainnya, salah satunya yang paling dekat adalah London Book Fair 2019. Semua pencapaian tersebut tentunya tidak bisa lepas dari peran seluruh keluarga besar Educa Studio. Jumlah anggota tim Educa Studio memang tidak terlalu banyak namun pencapaian yang kami tidaklah sedikit. Pencapaian luar biasa perusahaan dibutuhkan kerjasama dan dukungan dari seluruh anggota Educa Studio serta budaya yang kami bentuk selama ini untuk membangun perusahaan ini menjadi lebih baik lagi.

Tim Educa Studio – Ulang Tahun Educa Studio 2018

A Lot of Fun Every Day

Sebuah perusahaan tidak akan bertahan lama jika tidak bisa berkompetisi dan memiliki produk yang sustainable. Keharmonisan dan kerukunan semua anggota juga sangat mempengaruhi kualitas produk yang dihasilkan pada perusahaan kami. Sehingga kenyamanan dan kedekatan seluruh tim menjadi poin utama untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Educa Studio selalu ingin memberikan produk berkualitas pada para fans kami, Educa Studio juga memberikan yang terbaik bagi anggota timnya. Hal tersebut menyebabkan munculnya sebuah budaya untuk mengakrabkan anggota tim yang setiap hari dilakukan di Kantor Educa Studio yang terletak di Kota Salatiga. Mulai dari hal kecil bisa dijadikan budaya dan kebiasaan yang bisa mengakrabkan anggota tim, seperti :

  • Ibadah Bersama
    Ibadah mungkin menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing umat beragama, namun sebagai sesama umat beragama kita juga sebaiknya saling mengingatkan untuk beribadah. Sebagai sebuah perusahaan adakalanya memiliki target yang harus dicapai untuk menyelesaikan pekerjaan yang sedang anggota tim kerjakan, sehingga tidak jarang sebagian anggota tim akan lupa waktu. Hal tersebut sebenarnya tidak baik, meskipun hal tersebut merupakan hal pribadi dan menjadi tanggung jawab pribadi masing-masing. Namun di Kantor Educa Studio tidak menginginkan hal tesebut, selain menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan target yang ditentukan pihak perusahaan juga menginginkan anggota timnya selalu ingat akan Tuhan dan memberikan waktu untuk melakukan ibadah sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Untuk itu setiap hari di Kantor Educa Studio dilakukan ibadah sholat berjamaah, baik sholat Dzuhur, Ashar dan Maghrib. Sekaligus kami berdoa kepada Tuhan untuk selalu diberikan kelancaran dan kemudahan.

    Foto : Ibadah Bersama Shalat Dzuhur di Educa Studio

  • Makan siang bersama
    Makan siang merupakan sebuah hal yang biasa dilakukan di setiap perusahaan manapun, namun budaya kecil tersebut bisa menjadi besar dengan mengubah kebiasaan tersebut. Makan siang bersama, itulah yang setiap hari kami lakukan bersama. Kami biasa makan siang bersama di taman belakang kantor Educa Studio, namun jika saat makan siang hujan turun kami akan berpindah ke area bermain di kantor atas. Sebenarnya tidak peduli dimanapun kami makan siang bersama yang terpenting adalah kebersamaan kami saat itu. Saat makan siang itu pula kami manfaatkan untuk menambah keakraban diantara kami dengan mengobrol hal-hal ringan, hingga hal berat seperti politik (walau sebenarnya ini dilarang keras di kantor), bahkan tak jarang saling melemparkan candaan-candaan jayus. Pada saat makan siang tersebut kami manfaatkan juga untuk lebih mengenal satu sama lainnya agar kerjasama dan kekompakan kami bisa tetap terjaga. Budaya makan siang bersama tersebut sudah lama sekali kami lakukan sehingga akan terasa kurang jika kami tidak makan bersama. Oh iya, makan siang kami bekerja sama dengan Rumah Makan Cikal Gading, jadi terjamin rasa dan kualitasnya 😀

    Foto : Makan siang bersama di Educa Studio

  • Free Snack and Game Everyday
    Bergerak pada bidang kreatif dan teknologi, terutama pengembangan game tentunya membuat kami tidak bisa lepas dari yang namanya bermain game dan juga camilaaan. Hal ini juga kami jadikan sebuah kebiasaan setiap harinya, selain untuk menghilangkan kepenatan saat bekerja bermain game juga kami jadikan sebuah riset untuk membuat game yang lebih berkualitas. Untuk itu kebutuhan bermain game seperti sudah menjadi makanan sehari-hari. Berbagai macam permainan ada di kantor kami, mulai dari PlayStation, Table Soccer, lebih dari 100 board game, bola basket dan masih banyak lagi. Biasanya kami bermain game-game tersebut bersama-sama, secara bergantian atau sesuai kesepakatan. Kombinasi game dan camilan merupakan kombinasi yang luar biasa yang bisa kami dapatkan setiap harinya.
    Selain bermain game tersebut ada juga yang menghabiskan waktu istirahat siang dengan bersantai di taman belakang atau melihat kucing-kucing kami. Oiya kami memiliki ruangan khusus untuk kucing-kucing di belakang kantor kami, sebagian besar kucing tersebut adalah kucing liar terlantar yang anggota tim kami temukan dan bawa, jumlah kucing tersebut sudah lebih dari 20 ekor saat ini.

    Foto : Bermain game saat istirahat siang, boleh pilih PS, Board Game atau Table Soccer.

  • Time for Playday
    Setiap bulan, kami mengadakan acara rutin yaitu Playday. Di Educa Studio sudah memiliki beberapa koleksi board game yang cukup banyak lho, jadi kalian tidak perlu khawatir jika bosan dengan board game yang satu bisa pilih board game yang lainnya (ada sekitar 130 board game saat artikel ini ditulis). Acara tersebut merupakan acara terbuka, jadi siapapun yang tertarik untuk bermain board game dapat ikut bermain di kantor kami dengan cara registrasi di website PlayDay Indonesia. Playday ini kami lakukan setelah istirahat makan siang pukul 13.00 WIB  hingga jam 17.00 WIB, namun kadang bisa melebihi jam tersebut karena asyik bermain. Biasanya kami akan membagi anggota tim dan peserta dari luar menjadi beberapa kelompok dengan cara mengambil undian. Setiap kelompok akan diberikan kebebasan untuk bermain board game apa saja yang mereka inginkan. Adapun board game favorit yang sering dimainkan saat PlayDay adalah Speicherstadt, Carcassonne, Splendor, Camel Cup, Chinatown, Ticket to Ride, dan masih banyak board game lainnya.

    Foto : PlayDay bersama dengan komunitas game di Salatiga

  • Fun Day
    Pencapaian kami dalam sebulan biasanya akan kami rayakan dengan melakukan Fun Day. Fun Day biasanya dilakukan di akhir bulan saat semua pekerjaan sudah selesai dan target tim tercapai. Kegiatan yang menjadi rutinitas setiap bulan ini merupakan kegiatan bebas dan tidak boleh dilakukan didalam kantor, harus dilakukan diluar kantor. Berbagai macam kegiatan seperti outbound, wisata bersama, makan bersama diluar, atau semua kegiatan positif yang dapat menambah kebersamaan anggota tim. Kegiatan ini biasanya tidak diikuti oleh anggota tim saja, namun keluarga dari anggota tim, seperti anak dan istri biasanya juga diajak untuk berkumpul bersama, tujuannya memang untuk menambah kedekatan, keakraban dan untuk lebih mengenal satu sama lainnya.

    Foto : Fun Day bersama dengan keluarga

  • Family Day
    Kegiatan yang lebih besar lagi dan diadakan setiap setahun sekali adalah Family Day. Seperti namanya Family Day, kegiatan ini merupakan kegiatan yang lebih intim untuk anggota tim dan keluarga. Intim disini maksudnya adalah keakraban yang lebih, jika kegiatan Fun Day hanya sebatas mengenal saja, dikegiatan Fun Day ini seluruh anggota tim dan keluarga akan menghabiskan beberapa hari bersama untuk berlibur. Ya, berlibur bersama, biasanya dilakukan setahun sekali, tujuan kegiatan ini selain untuk refreshing yaitu untuk mendekatkan anggota satu sama lainnya dan diharapkan anggota tim dapat lebih mengenal anggota satu sama lainnya. Kegiatan tahunan ini sudah berjalan kurang lebih 5 tahun sejak perusahaan ini berdiri. Family Day yang terbaru adalah Fun Day #5 Goes to Lombok – Bali, bisa lihat di link ini. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan selama beberapa hari tergantung dengan tujuan wisata. Selain ke Lombok-Bali, Family Day sebelumnya kami pergi ke Bandung, Bali, Malang, dan Jepara. Nah itu kegiatan tahunan kami, penasaran dengan Family Day kami tahun ini ikuti terus kami di sosial media kami dan update di website www.educastudio.com.

    Foto : Fun Family #5 Goes To Lombok-Bali

  • Body building
    Kegiatan ini sebenarnya adalah kegiatan yang sudah lama menjadi topik pembicaraan kami dan mungkin akan menjadi sebuah budaya baru di kantor kami. Bisa disebut body building ya, karena memang tujuannya seperti itu, atau paling tidak agar tubuh tetap sehat. Kegiatan baru ini disebabkan karena kesadaran anggota tim untuk selalu menjaga kesehatan badan, karena sebagian besar pekerjaan kami lalukan dengan duduk dan ngemil, sehingga berat badan jadi tidak terkontrol. Untuk itu perlu adanya kegiatan olahraga seperti berenang, fitness, maupun senam agar tubuh kita tetap sehat. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru bagi perusahaan kami dan semoga kedepan bisa terus berjalan.

BAGAIMANA TIM KAMI BEKERJA?

  • Standing Meeting 5 Menit
    Meeting menjadi salah satu hal wajib dalam sebuah perusahaan. Di dalam perusahaan kami meeting menjadi sebuah jembatan yang menghubungkan para anggota tim dengan manajemen perusahaan. Biasanya kami melakukan standing meeting selama 5 menit. Seperti namanya, meeting tersebut kami lakukan dengan berdiri dan dalam waktu yang singkat, untuk efisiensi waktu. Biasanya kami menyempatkan waktu 5 menit sebelum memulai pekerjaan kami setiap pagi dan 5 menit sebelum selesai bekerja di sore hari. Tujuan dari meeting pada pagi hari adalah untuk briefing pekerjaan selama sehari dari masing-masing anggota tim dan meeting sore hari untuk memberi laporan progress pekerjaan dari masing-masing tim. Hal tersebut akan mengurangi dampak dari miskomunikasi diantara anggota tim, karena terkadang ada saja anggota tim yang lupa dengan list pekerjaannya.
  • Penerapan OKRs
    Apa itu OKRs? Bagi kalian yang belum mengetahui tentang OKRs  sebuah metode yang memungkinkan penggunaannya dalam hal ini anggota tim agar mereka lebih fokus pada hal-hal yang memiliki impact paling besar, dalam sebuah perusahaan ini merupakan penentuan prioritas kerja. Hal tersebut akan membantu anggota tim untuk lebih fokus terhadap pekerjaannya yang memiliki prioritas yang paling besar. Dengan penerapan OKRs selain dapat membantu anggota tim untuk memprioritaskan pekerjaan juga dapat digunakan sebagai pembelajaran dari keberhasilan dan kegagalan dalam pekerjaannya.
    Mengapa OKRs perlu diterapkan dalam sebuah perusahaan? Hal tersebut dikarenakan sebagian anggota tim yang bekerja biasanya tidak fokus dengan pekerjaannya terutama bagi mereka yang baru saja bergabung dengan perusahaan tersebut. Tidak fokus disini maksudnya jika ia mendapatkan lebih dari satu pekerjaan dalam sehari biasanya akan ada kesulitan untuk menentukan pekerjaan mana yang menjadi prioritasnya pada hari itu. Hal tersebut dapat membuat produktivitas perusahaan menurun sehingga goal perusahaan tidak tercapai. Untuk itu perlu adanya OKRs ini untuk membantu anggota tim untuk menentukan prioritas pekerjaannya sehingga mereka bisa fokus dalam mengerjakan pekerjaannya.

    Foto : Briefing Bulanan di kantor Educa Studio

  • Growth Culture
    Semua hal tersebut tidak bisa lepas dari peranan pemimpin perusahaan untuk terus membangun budaya di perusahaan yang berorientasi pada growth culture. Membangun budaya yang berorientasi pada growth culture tidak lah mudah. Tidak hanya pada aspek struktural dan mental dari seluruh anggota tim dalam perusahaan harus di perhatikan, namun mental dari pimpinan perusahaan yang menginginkan perusahaan tersebut untuk berkembang juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan. Selain dari pemimpin perusahaan, untuk membangun growth culture ini juga diperlukan kerjasama seluruh anggota tim untuk membangun perusahaan menjadi lebih baik.
    Anggota tim harus secara sadar untuk menciptakan ide-ide dan taktik-taktik baru untuk untuk terus membangun perusahaan menuju kearah yang lebih baik. Seluruh anggota tim dan pemimpin perusahaan harus bekerja sama membuat eksperimen baru terhadap produk yang dihasilkan, mencari cara untuk membuat produk yang lebih bagus, karena ada banyak sekali kemungkinan optimasi yang bisa dilakukan untuk sebuah produk.

    Foto : Kebersamaan Anggota Tim Educa Studio

Nah itu tadi beberapa keseruan dan kebudayaan yang kami ciptakan untuk membangun perusahaan kami agar menjadi lebih baik lagi. Anggota tim kami memang tidak besar namun dibalik itu semua kami adalah keluarga besar Educa Studio yang akan membangun perusahaan ini untuk menjadi lebih besar lagi. Bagi kalian yang tertarik untuk bergabung menjadi salah satu anggota tim Educa Studio kalian bisa bergabung bersama kami untuk membuat game yang berkualitas. Kalian bisa cek dan sesuaikan dengan keahlian kalian masing-masing, cek posisi yang tepat untuk kalian di www.educastudio.com/careers.

Best Regards,

Andi Taru – CEO Educa Studio


Lowongan Pekerjaan : Programmer (Fresh Graduate boleh)

Kami saat ini sedang membuka lowongan untuk PROGRAMMER, untuk kalian yang jago bahasa pemrograman, mengerti mekanisme game (tidak wajib, tetapi diutamakan), punya pengalaman OPP dan design pattern, berusia maksimal 27 tahun, bisa bekerja bersama tim dan bisa bekerja dengan jadwal yang padat. Bagi kalian yang punya semua kriteria tersebut bisa langsung apply Portofolio dan CV kalian ke support@educastudio.com dengan subject [PROGRAMMER]. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat pada gambar.