NEWS

Happy Birthday Educa Studio!

Waktu berjalan dengan cepat, tidak terkecuali perkembangan teknologi. Pada tanggal 1 April, kami selalu mengingat apa yang terjadi di tahun 2012 di mana terjadi perubahan yang cukup signifikan dengan hadirnya smartphone Android di Indonesia. Perubahan gaya hidup, munculnya banyak inovasi baru, dan menandai pula lahirnya produk kami di platform tersebut.

Pertama-tama, saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Orang Tua dan Guru di dunia khususnya di Indonesia yang telah memberikan kepercayaan dan apresiasi yang tinggi kepada produk-produk kami. Puluhan juta download dan rating yang bagus adalah gambaran produk kami terus memberikan manfaat. Hal ini membuat kami ingin terus berinovasi.

Tahun 2017 menjadi tahun yang tidak mudah bagi Educa Studio karena banyak tantangan yang harus dihadapi. Tapi, kami di Educa Studio ingin terus berkontribusi positif melalui teknologi dan inovasi. Maka berikutnya, saya ucapkan banyak terima kasih kepada seluruh Tim Educa Studio dan partner yang telah mendukung dan terwujudnya inovasi-inovasi tersebut. Tentu banyak hal yang terjadi dari 1 April 2017 – 1 April 2018, saya sebagai CEO ingin merangkum banyak hal tersebut yang semoga ini bisa menjadi catatan perjalanan Educa Studio:

KOMUNITAS SALAD (SALATIGA GAMEDEV)

Mengawali 2017, juga menandai aktifnya kembali komunitas SALAD (Salatiga GameDev) yang sempat vakum beberapa tahun. Event pertama dari komunitas ini adalah Educa Salatiga Global Game Jam 2017 yang sukses dan dilanjutkan pada kegiatan Educa Salatiga Global Game Jam 2018. Setiap bulan, kami berkumpul untuk sharing mengenai industri games. Kami ingin melahirkan banyak lagi pemuda-pemudi yang kreatif untuk berinovasi dan berkontribusi bagi pendidikan Indonesia.


https://www.educastudio.com/news/serunya-educa-salatiga-global-game-jam-2018-ggj-jilid-2-di-salatiga/

MARBEL 3D GAMES

Tanggal 31 Maret 2017, kami meluncurkan game 3D pertama kami berjudul Marbel Runner. Dunia 3D menjadi dunia unik yang tidak bisa didapatkan di dunia 2D, maka kami bertekad untuk belajar kembali serta melakukan riset untuk menghadirkan game 3D pertama kami.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelsubwayrunner

EDUCA GURU

Tanggal 10 Juli 2017, lahir divisi baru kami yaitu Educa Guru. Melalui platform EducaGuru.ID kami ingin memberikan kontribusi terhadap komunitas guru sehingga mereka lebih mudah untuk bersinergi, berbagai dan berprestasi.
https://www.educaguru.id

BUKU CERITA DAN BELAJAR ANAK

Tanggal 20 Juli 2017, kami merilis 19 buku cerita dan belajar anak di bawah brand MARBEL, RIRI dan KABI bekerja sama dengan GRASINDO kemudian didistribusikan di seluruh gerai GRAMEDIA. Produk turunan ini menjadi awal perjalanan kami untuk berinovasi hadir di berbagai channel. Buku-buku kami menjadi best seller dan mendapatkan rak khusus di beberapa gerai di kota-kota besar Indonesia.
https://www.educastudio.com/news/kabar-gembira-kini-marbel-hadir-dalam-bentuk-buku-di-seluruh-gerai-gramedia/

NOMINASI ICON GAME OF THE YEAR – GAME PRIME AWARD

Tanggal 2 Agustus 2017, CEO kami bapak Andi Taru masuk dalam nominasi Icon Game of The Year melalui Game Prime Award 2017 yang diselenggarakan oleh Bekraf, Game Prime dan AGI.
https://www.educastudio.com/news/andi-taru-ceo-educastudio-masuk-nominasi-game-industry-icon-of-the-year-game-prime-award/

HARI GAME INDONESIA BERSAMA ANAK-ANAK TK/PAUD

Hari Game Indonesia yang jatuh di tanggal 8 Agustus 2017 kami maksimalkan untuk berkunjung dan bermain bersama-sama anak-anak TK-PAUD Kartini. Sembari kami mengenalkan pengaruh positif dari game dan lini produk turunan baru kami yaitu Marbel Flashcard.
https://www.educastudio.com/news/peringati-hari-game-indonesia-educa-studio-dan-tk-kartini-sukoharjo-mengadakan-event-bermain-bersama-marbel/

MENJADI JUARA TIZEN INCENTIVE PROGRAM

Tanggal 12 September 2017, kami memenangkan tizen incentive program dari Samsung karena salah satu game kami Ludo Deluxe menjadi ranking top 100 dunia di dalam tizen store. Setelah berusaha berbulan-bulan Ludo Deluxe yang masuk dalam kategori Board Game Digital keluar sebagai salah satu pemenang dan menjadi satu-satunya game dari Indonesia yang memenangkan kompetisi ini.
https://www.educastudio.com/news/educa-studio-memenangkan-global-tizen-incentive-challenge-bulan-agustus-2017/

THE HERITAGE OF BATIK – BOARD GAME

Tanggal 2 Oktober 2017, kami memperkenalkan Board Game pertama kami yaitu The Heritage of Batik. Mengangkat kearifan lokal yang sudah diakui UNESCO sekaligus memperingati Hari Batik Nasional. Board Game ini akan terus kami kembangkan sampai pada titik kualitas yang maksimal tanpa menghilangkan sifat fun yang dihadirkan oleh game tersebut.
https://www.educastudio.com/news/memperingati-hari-batik-educa-studio-meluncurkan-board-game-terbarunya-berjudul-the-heritage-of-batik/

TIMUN MAS AND GREEN GIANTS – BOARD GAME

Tanggal 19 Oktober 2017, kami memperkenalkan Board Game kedua kami yaitu Timun Mas dan Buto Ijo. Melengkapi digital game yang sudah rilis di tahun 2013, kemudian buku cerita anak yang rilis di awal tahun 2017. Board Game ini sekaligus menegaskan ciri khas Educa Studio dan Keong Games dalam membangun game-game yang interaktif dan memiliki sentuhan kearifan lokal Indonesia.

GAMELAB INDONESIA

Tanggal 20 November 2017, lahir divisi baru kami yaitu GameLab Indonesia. Melalui platform GameLab.ID mahasiswa dan mahasiswi serta adik-adik SMK bisa magang secara online di Educa Studio. Platform ini juga memberikan kemudahan untuk teman-teman belajar pembuatan game baik dari bidang ilmu pemrograman, artwork, musik maupun game design.
https://www.educastudio.com/news/gamelab-id-milestone-baru-educa-studio/

KAOS ANAK MARBEL

Tanggal 24 November 2017, Educa Studio meluncurkan produk turunan baru yaitu Kaos Anak Marbel. Sebagai pelengkap buku dan flashcard yang rilis di awal tahun. Kaos Anak Marbel bisa didapatkan di berbagai marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan Lazada. Juga bisa didapatkan di toko online kami di marbeljunior.com.
https://www.educastudio.com/news/kabar-gembira-kaos-anak-marbel-sekarang-sudah-hadir-untuk-buah-hati-ayah-dan-bunda/

EMAK-EMAK MATIC

Tanggal 1 Desember 2017, kami meluncurkan game Racing dengan judul Emak-Emak Matic melalui Keong Games Publishing. Game ini merupakan konten lokal yang kami angkat dengan grafis 3D dan banyak humor di dalamnya.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keonggames.emakmatic

IKON DIGITAL 2017
Tanggal 21 Desember 2017, CEO kami bapak Andi Taru terpilih sebagai salah satu Ikon Inovasi Digital Jaman Millenial di tahun 2017 oleh majalah GATRA.
https://www.educastudio.com/news/ceo-educa-studio-terpilih-menjadi-ikon-2017-oleh-majalah-gatra/

PLAYDAY INDONESIA

Tanggal 9 Januari 2018, lahir divisi baru kami yaitu Playday Indonesia. Melalui platform PLAYDAY.id kami ingin memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan Industri Board Games di Indonesia.
https://www.educastudio.com/news/educa-studio-melahirkan-playday-id-untuk-board-game-indonesia/

JURAGAN KOS

Tanggal 22 Februari 2018, kami merilis serial Emak-emak yaitu Juragan Kos. Masih menggunakan karakter yang sama di game Emak-emak Matic, kami membungkusnya dengan warna baru berupa game simulasi. Lahir melalui Keong Games Publishing dan sudah diunduh lebih dari 50 ribu pengguna di Google Play Store.
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.keonggames.juragankos

MARBEL FASHION SHOW

Tanggal 28 Maret 2018, melanjutkan berkarya untuk pendidikan anak-anak Indonesia kami merilis Marbel Pertunjukan Busana yang bisa didownload Google Play Store
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelfashiondressup

LOGO BARU EDUCA STUDIO

Logo baru ini menandai perjalanan baru Educa Studio di tahun ke-7. Melalui perjalanan yang cukup panjang di tahun 2017, Educa Studio saat ini bukan hanya sebagai perusahaan pengembang games pendidikan. Kami saat ini adalah perusahaan pengembang teknologi dan solusi pendidikan. Kami telah membuktikan bahwa games membawa banyak kontribusi positif terutama untuk pendidikan. Kami akan melanjutkan visi tersebut, dengan inovasi dan mengikuti perkembangan zaman sehingga inovasi dan solusi yang kami hadirkan akan terus memberikan manfaat. Selamat Ulang Tahun EDUCA STUDIO!