Top

Introducing Educa Studio!

Oleh N. R. Heditya

  |  

04 Jan 2022

  |  

Company

PT. Educa Sisfomedia Indonesia atau yang lebih akrab disebut Educa Studio merupakan perusahaan Start-Up yang memiliki spesialisasi pada pengembangan Software dan Game Edukasi.

Educa Studio berfokus pada pengembangan konten dan teknologi pendidikan, yang produk-produknya bisa diakses oleh semua kalangan di seluruh penjuru Nusantara. Produk dari Educa Studio antara lain Game Edukasi, Buku Digital, Lagu Anak Digital, hingga Platform Pendidikan 'Gamelab.Id'.

Educa Studio memiliki visi yaitu "memaksimalkan teknologi untuk menciptakan proses belajar yang lebih mudah, lebih murah, dan lebih menyenagkan. Dimana perusahaan harus tetap tumbuh dengan cepat sehingga memberikan dampak yang signifikan bagi dunia pendidikan."

Misi dari Educa Studio sendiri adalah "Seluruh anggota tim Educa Studio memiliki pandangan yang sama, bahwa dunia pendidikan adalah bagian krusial dalam peningkatan kemajuan dan kualitas bangsa. Maka setiap anggota memiliki peran dan kontribusi yang penting untuk mewujudkan visi perusahaan."

Pada bulan November 2021, Educa Studio mengenalkan tagline baru perusahaan dengan singkatan LPG, yaitu:

Lean, Productive, and Growth Together

Pengenalan tagline ini bertujuan untuk mendukung dan mewujudkan Visi Misi perusahaan. Educa Studio berharap dengan adanya tagline tersebut, masyarakat akan lebih mengenal bagaimana Strong Culture  di Educa Studio dan komitmen Educa Studio untuk terus memberikan kontribusi di bidang pendidikan. Klik di sini untuk lebih mengenal LPG.

Educa's History

Berawal dari dua produk PC Games yaitu Marbel dan Shoot Empire yang merupakan Juara Pertama pada Game Competition 2008, kemudian Andi Taru selaku Founder dari Educa Studio memutuskan untuk membawanya ke ranah yang lebih professional dengan mendirikan Educa Studio pada tanggal 1 April 2012. Saat itu Educa Studio hanya fokus pada Game Edukasi di PC, kemudian pada tahun yang sama mulai menjamah Aplikasi dan Game Mobile.

Pada tahun 2013, Educa Studio melebarkan sayapnya ke platform mobile lebih luas lagi seperti Windows Phone dan Apple Store (iOS). Pada tahun ini, Educa Studio merilis banyak produk digital antara lain Marbel (game edukasi anak), RIRI (buku cerita interaktif), KABI (ditujukan untuk moslem kids), dan KOLAK (lagu anak interaktif).

Pada tahun 2014 Educa Studio telah merilis total 95 aplikasi brand Marbel, 20 aplikasi brand RIRI, dan 5 aplikasi brand KABI. Total download pada saat itu mencapai lebih dari 15 juta download.

Tahun 2017 merupakan tahun yang sangat luar biasa bagi Educa Studio, karena telah memiliki semakin banyak platform untuk membangun kualitas konten dan memperluas perusahaan pada bidang Merchandising, Board Games, Animasi Interaktif, dan Platform Guru.

Pada tahun 2017 dan 2018, Educa Studio mulai merambah pasar Internasional dengan berhasil tampil dan bahkan mendapat penghargaan di ajang internasional.

 

Educa's Awards

Berlokasi di Kota Salatiga yang notabene adalah kota kecil, tidak lantas membuat Educa Studio tertinggal dan miskin prestasi. Educa Studio berhasil memperoleh beberapa pencapaian dan penghargaan, diantaranya:

2012

  • Mabel (2nd Winner Industry Creative Festival Kemenperin - Bandung)
  • Dandelion The Game (Finalist Indonesia Gameshow - Jakarta)
  • Dandelion The Game (3rd Winner Android Game Competition - Bandung)

2013

  • Educa Studio by Andi Taru (2nd Winner Youth Start Up Icon - Solo)
  • Marbel Belajar Membaca (1st Winner Rock Star Pro Developer - Jakarta)

2014

  • Educa Studio (The Most Developer Award Nampol - Jakarta)

2016

  • Educa Studio (Anugrah Telkomsel HIDUP SEKALI UNTUK BERARTI - Jakarta)
  • Educa Studio (TOP Developer Award by DICODING - Jakarta)

2017

  • Zeen Generasi Muda Berencana (Winner - Sayembara Cipta Games)
  • Emak Matic (Top 5 IP - KATAPEL)
  • RIRI Cerita Anak Interaktif (Bronze Award - ICT ASEAN Awards)

2018

  • Emak Matic (Participant Asian Licensing Conference)

2019

  • Nomination at London Book Fair Internationl Excellence Awards

2020

  • RIRI Story Book (PEMENANG UTAMA KRENOVA - Pemprov Jateng)

2021

  • Educa Studio (Finalis Terbaik Apresiasi Kreasi Indonesia by Kemenparekraf - Jakarta)
  • Educa Studio (Booth Terfavorit Apresiasi Kreasi Indonesia by Kemenparekraf - Jakarta)

Nah.. setelah mengenal Educa Studio beserta sejarah dan berbagai prestasinya, yakin tidak tertarik untuk menjadi bagian dari Educa Team?

Generasi Indonesia Kreatif, AYO merapat!! Mari kita bersama bangun produk dan layanan pendidikan yang CEMUMU (Cepat, Mudah, dan Muenyenangkan) untuk anak-anak, tidak hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia!

Gabung Educa Studio, SEKARANG! klik di sini untuk berbagai posisi yang cocok buat kamu!

Bagikan artikel ini

Author :

N. R. Heditya

HRD Educa Studio