Top

Karya Inovasi Penunjang Profesi Guru Masa Kini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

24 Apr 2022

  |  

Edukasi

Karya inovasi adalah hasil atau produk yang dihasilkan oleh seorang guru dan merupakan hasil pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, mau pun seni yang memiliki manfaat nilai guna. Manfaat atau nilai guna ini tidak hanya untuk kepentingan edukasi, namun juga mengandung manfaat bagi kepentingan masyarakat secara luas di masa kini. Selain sebagai bentuk aktualisasi diri atau sarana berekspresi, karya ini juga berguna sebagai media mengajar dan mampu men-transformasi anak-anak didiknya. Dengan memanfaatkan aneka platform, media sosial, aplikasi, dan media teknologi masa kini, karya tersebut diharapkan juga mampu menginspirasi dan men-transformasi masyarakat.

Karya-karya inovasi ini biasanya sangat berhubungan erat dengan talenta dan kompetensi yang unik, serta dimiliki oleh setiap guru. Bila setiap guru bisa memanfaatkan teknologi secara optimal, maka talenta dan kompetensi ini pun akan semakin mampu menunjang profesionalitas-nya.

Karya-karya inovasi apa sajakah yang sedang nge-trend saat ini?

1. Seni Rupa

Di zaman dahulu, banyak orang harus mengikuti les melukis dan menggambar agar bisa menggambar aneka bentuk gambar dan lukisan yang bagus, indah, serta berkualitas. Namun di zaman sekarang, orang bisa belajar secara otodidak, hanya dengan menonton tehnik menggambar yang banyak diposting oleh seniman, guru seni, dan praktisi di bidang seni. Bila Anda merasa piawai dalam menggambar, Anda bisa memanfaatkan talenta tersebut untuk mengajar aneka mata pelajaran lainnya. Misalnya membuat cerita bergambar atau menggambar bagian-bagian tubuh hewan.

2. Seni Musik

Musik adalah cabang seni yang paling luas cakupannya. Karena ada ratusan alat musik yang bisa menjadi pilihan. Beberapa karya inovasi guru dalam bidang musik yang bisa Anda temukan di aneka platform antara lain tehnik vokal, tehnik bermain suatu alat musik, pemanfaatan lagu dalam pembelajaran, karya cipta video klip, dan lainnya.

3. Alat Peraga

Saking seringnya membuat media pembelajaran bagi anak-anak didiknya, seorang guru bisa berkembang menjadi seorang pembuat alat peraga profesional. Pemanfaatan teknologi juga sangat membantu saat pembuatan desain, menemukan model, dan mengedit gambar, yang nantinya dibuat menjadi suatu produk berupa perangkat keras dengan bahan kertas, kayu, bahan bekas, bahan alam, dan lainnya. Karya inovasi yang bisa banyak ditemukan dan bahkan banyak dipasarkan antara lain kartu edukasi, alat peraga kayu, poster, alat peraga bahan kertas, alat peraga bahan plastik, dan karya inovasi lainnya.

4. Permainan dan Animasi Edukasi

Kolaburasi antara teknologi dan pendidikan bisa menciptakan suatu karya yang unik, menarik, kekinian, dan punya muatan edukasi. Karya inovasi ini bisa berupa permainan dan animasi edukasi. Seorang guru atau orang yang memiliki jiwa pengajar, bisa mengajarkan karakter, ilmu pengetahuan, dan aneka ketrampilan dengan cara membuat permainan dan animasi edukasi. Educa Studio adalah salah satunya. Educa Studio telah banyak menciptakan puluhan, bahkan ratusan game dan animasi edukasi yang banyak dimanfaatkan oleh ratusan sekolah di Indonesia. Guru-guru dan mahasiswa yang rindu untuk belajar pemanfaatan teknologi sebagai media edukasi, bisa bergabung bersama Gamelab.id. Bahkan Gamlab.id menyediakan kelas gratis bagi Anda yang ingin mencoba.

5. Menari dan Gerak Lagu

Aplikasi T*k Tok dipercaya telah meningkatkan motivasi anak untuk melakukan gerak dan lagu serta aktivitas menari. Daripada siswa melakukan gerakan tarian yang cenderung kurang pantas, akan lebih baik bila guru membuat karya sendiri yang terjamin nilai edukasinya, dan bisa bermanfaat dalam kegiatan pembelajaran. Ada banyak lagu pilihan yang bisa dipilih di Youtube. Guru yang ahli dalam bidang seni gerak bisa membuat video klip dengan gerakan yang dikarang sendiri.

Dengan banyaknya karya inovasi yang diciptakan oleh guru di Indonesia, profesi guru bisa menjadi suatu profesi yang menarik. Karena selain ada kesempatan melakukan "public speaking", guru bisa belajar aneka ragam ilmu baru. Selain itu, guru bisa mengembangkan bakatnya dengan membuat karya inovasi yang bisa langsung diaplikasikan kepada anak-anak didiknya. Siapa tau dari bakat dan karyanya, guru bisa membuka peluang untuk mendapatkan sumber pendapatan yang baru?

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.