Top

Kembangkan Nilai Agama dan Moral ke Siswa dengan Sederhana dan Asyik, Ini Caranya!

19 November 2022

Di era digital, informasi menyebar dengan cepat dan bebas. Ada banyak berita yang seharusnya perlu disaring, tapi bisa begitu cepat dikonsumsi oleh para generasi bangsa. Guru, sebagai pendidik dan panutan siswa di sekolah, perlu menanamkan nilai-nilai moral dan agama pada setiap siswa secara intens dan berkelanjutan. Dr. Wayne Hough, MBChB, MMed, FC, berpendapat:

“Berbagi pengalaman yang berisi pesan kebaikan, menjalin komunikasi yang baik, dan memperkenalkan perilaku yang terpuji dapat membantu menanamkan nilai-nilai moral pada anak-anak.”

Agar karakter siswa bisa tumbuh optimal, penanaman nilai-nilai moral dan agama perlu dilakukan sejak dini, sehingga siswa lebih mampu menghindari pengaruh-pengaruh yang tidak baik dari informasi yang bersifat menyesatkan dan pengaruh negatif lainnya."

Berikut ini adalah hal-hal sederhana yang bisa diajarkan kepada siswa agar karakternya semakin berkembang dengan lebih optimal.

1. Pembiasaan untuk Mengucapkan Salam

Siswa yang pasif atau pemalu biasanya cenderung lebih sulit untuk menyapa terlebih dahulu. Sebagai guru, Anda juga tidak perlu merasa ragu untuk menyapa atau memberi salam kepada siswa saat berjumpa dengan mereka. Bagaimanapun, guru juga berperan sebagai panutan. Namun, tentu saja saat mengajar di kelas, guru juga perlu mengingatkan kepada siswa bahwa sebagai siswa, akan lebih baik dan sopan bila orang yang lebih mudalah yang seharusnya menyapa terlebih dahulu saat berpapasan dengan orang yang lebih tua.

Ingatkan pula kepada siswa, “Saat kita saling menyapa dengan hati suka cita, senyum yang tulus, dan wajah ceria, sebenarnya kita telah saling memberikan semangat dan berbagi kebahagiaan serta kebaikan kepada orang yang kita sapa.”

Agar siswa bisa selalu ingat pentingnya mengucapkan salam, guru bisa mengajarkan lagu di bawah ini!

2. Ingatkan Siswa untuk Rajin Berdoa

Kebiasaan berdoa di sekolah biasanya hanya dilakukan sebelum dan sesudah pelajaran atau sebelum dan sesudah makan. Sebagai guru, Anda juga perlu mengingatkan bahwa berdoa perlu dilakukan setiap sebelum dan sesudah melakukan kegiatan apa saja. Misalnya, sebelum dan sesudah bermain, sebelum dan sesudah mengerjakan suatu aktivitas, sebelum dan sesudah berjalan ke suatu tempat, dan kesempatan lainnya, walaupun hanya dengan mengucapkan doa-doa pendek atau singkat.

Untuk mempermudah, kita bisa gunakan aplikasi sebagai media belajar berdoa secara Islami untuk anak-anak.
Silakan diunduh dengan klik "Marbel Doa Anak Muslim"

3. Ajarkan Siswa untuk Mengasihi Semua Ciptaan Tuhan

Ajarkan kepada siswa untuk mengasihi semua ciptaan Tuhan, tidak hanya sesama manusia, tetapi juga semua makhluk ciptaan Tuhan serta alam semesta. Guru bisa mengajak siswa melakukan kegiatan gotong royong membersihkan taman untuk mengajarkan cara mengasihi dan merawat tanaman. Guru juga bisa mengajak siswa melakukan kegiatan field-trip ke kebun binatang, agar siswa bisa belajar cara merawat aneka macam hewan, sehingga tumbuh rasa empati dalam diri siswa untuk lebih mengasihi dan ikut melestarikan aneka hewan ciptaan Tuhan.

Salah satu media menarik dan bisa diajarkan kepada siswa agar semakin mengasihi semua ciptaan Tuhan adalah sebuah lagu yang berjudul, "Ciptaan Tuhan".

4. Tumbuhkan Karakter Siswa dengan Media Menarik dan Fun

Di era digital, ada banyak media menarik yang bisa digunakan sebagai media untuk mengajarkan nilai moral dan agama kepada siswa, beberapa contoh diantaranya:

  • Video atau Film Dongeng yang Membangun Karakter
    Media ini adalah media paling menarik, karena bisa menampilkan gambar, suara, dan musik yang mendorong siswa untuk semakin bersemangat belajar tentang nilai modal dan agama. Misalnya, aplikasi dongeng "Kabi, Kisah Nabi (Islami) dan  “Riri, Cerita Anak Interaktif” 

  • Media Belajar Kebiasaan-Kebiasaan Baik
    Media belajar ini secara khusus mengajarkan siswa untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan sederhana yang baik di rumah sendiri, di rumah teman, dan di lingkungan sekitar. Ada lho, sebuah aplikasi yang secara khusus mengajarkan hal ini. Ada permainan menarik juga di dalam aplikasi ini. Judul aplikasi ini adalah “Marbel Kebiasaan Baik”.

  • Media Lagu Edukasi Pembangun Karakter
    Lagu edukasi adalah salah satu media yang cukup efektif untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan kepada siswa. Salah satu lagu yang asyik dan edukatif berjudul, “Senyuman, Sedekah Sederhana.”

5. Ajak Siswa Beribadah Sesuai Agama Masing-Masing

Sekolah yang menerapkan hal ini telah mengembangkan sikap toleransi kepada siswa. Agar sikap toleransi ini kian tumbuh di sekolah, pihak sekolah perlu menyediakan tempat-tempat khusus bagi setiap siswa agar bisa beribadah sesuai dengan agamanya dan memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk beribadah sesuai agamanya.

Bila sikap toleransi sudah ditumbuhkan di sekolah, pasti sekolah akan menjadi semakin rukun dan bisa memberikan rasa damai bagi setiap warga sekolah. Siswa yang mendapatkan kesempatan untuk beribadah, juga telah mendapatkan kesempatan untuk semakin dekat dengan Tuhan dan mendapatkan siraman rohani yang bisa membangun karakter siswa yang berhati mulia.


Sumber Referensi:

1. Hough, Wayne. (2022). 15 Moral Values For Students To Help Build A Good Character [1]

2. Freepik. (2022). Group children lying reading grass field [2]

3. Freepik. (2022). Group of children lying reading on grass field [3]

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis