Top

Kiat Guru Masa Kini, Agar Optimal dalam Melatih dan Mengedukasi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Feb 2022

  |  

Edukasi

Pada zaman dahulu, teknologi belum berkembang seperti sekarang. Buku pelajaran menjadi sumber informasi dan pengetahuan paling penting, walau pun tidak setiap orang mampu membelinya. Namun, kini ada banyak sekali sumber informasi dan pengetahuan. Setiap siswa bisa dengan leluasa menjelajah dunia maya untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan yang mereka butuhkan. Gaya mengajar dan metode pembelajaran perlu menyesuaikan dengan perkembangan zaman, supaya bisa melatih dan mengedukasi siswa agar semakin hebat dalam menguasai pengetahuan, mengembangkan ketrampilan, dan memiliki kemampuan berkompetisi di masa depan.

Bagaimana kiat menjadi guru masa kini dalam melaih dan mengedukasi anak-anak didiknya?

1. Memberikan Ruang kepada Siswa Berekspresi dan Bereksplorasi

Di setiap mempersiapkan materi pelajaran, guru harus berorientasi pada cara membuat siswa lebih aktif, baik dalam mengungkapkan pendapatnya atau pun melakukan sesuatu yang bisa membuatnya lebih berkembang, baik dalam hal ketrampilan mau pun pengetahuan. Contoh aktivitas sederhana yang bisa dilakukan adalah bercerita, melakukan presentasi, membuat karya edukasi, dan lainnya.

2. Memberikan Kesempatan Siswa Menemukan Informasi secara Mandiri

Ada banyak sumber informasi yang bisa dijelajahi siswa, misalnya perpustakaan, buku pelajaran, lingkungan di sekitar sekolah, atau pun dunia maya. Misalnya, saat siswa belajar tentang hewan. Ajaklah siswa menemukan hewan yang mereka temui di sekitar sekolah.

3. Memberikan Tugas "Proyek Besar dan Bermanfaat"

Di era digital, banyak produk platform bermunculan. Salah satu kunci utama kesuksesan suatu platform atau aplikasi tertentu adalah apakah produk tersebut benar-benar bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat. Salah satu contoh aplikasi yang sukses mendapatkan cuan yang besar adalah aplikasi Marbel Membaca. Platform ini hadir saat guru-guru PAUD dan orang tua mengalami pro-kontra tentang aman tidaknya pembelajaran membaca bagi anak usia dini. Marbel Membaca hadir sebagai salah satu produk yang bisa memberikan solusi, yaitu dengan membuat aplikasi permainan membaca dengan cara menyenangkan.

Untuk membuat "Proyek Besar dan Bermanfaat" ini tentu membutuhkan kerja sama guru, orang tua, dan anak didik, karena proyek ini akan dihubungkan dengan aneka mata pelajaran, dan membutuhkan jangka waktu yang relatif lama, yaitu kira-kira 3-4 bulan (dalam 1 semester). Salah satu contoh produk yang paling sederhana adalah membuat akun instagram secara berkelompok dari siswa untuk siswa. Akun instagram ini dibuat siswa (dengan pendampingan guru dan orang tua), dan memuat aneka karya siswa dalam kelompok tersebut. Karya siswa bisa berupa koleksi foto atau koleksi video yang edukatif dan bermanfaat bagi masyarakat.

4. Melek Teknologi

Agar bisa membuat aktivitas dan tugas menarik bagi siswa di masa kini, tentu seorang guru harus melek teknologi. Hal ini sangat bermanfaat untuk memberikan variasi pembelajaran. Pada zaman dahulu, variasi pembelajaran hanyalah mencatat, mengerjakan soal latihan, dan memperhatikan guru saat "berceramah". Namun guru masa kini bisa memberikan pengetahuan kepada siswa bahwa:

a). kegiatan mencatat bisa dilakukan dengan aneka aplikasi atau software
b). mengerjakan soal latihan bisa dilakukan dengan permainan edukasi,
c). kegiatan mendengarkan guru saat berceramah bisa dilakukan dengan media presentasi atau video yang menarik.

5. Memiliki Visi yang Tepat dan Berorientasi pada Bakat Siswa

Visi guru masa kini tidak hanya bertujuan membuat siswanya menjadi anak pintar, namun juga bisa mengembangkan diri sesuai bakat dan ketrampilannya. Misalnya di suatu kelas ada banyak siswa yang memiliki suara yang merdu. Guru perlu mencari metode yang tepat, agar siswa yang memiliki suara merdu tersebut semakin percaya diri untuk memperdengarkan suaranya kepada khalayak. Sehingga dengan metode yang tepat dan berbasis teknologi, siswa-siswa tersebut memliki kesempatan atau ruang untuk berkembang sesuai bakatnya. Dibutuhkan kepekaan dari seorang guru, kolaburasi yang kompak antar guru dan fasilitas di sekolah yang mumpuni untuk bisa mensukseskan program ini.

Gamelab.id merupakan platform belajar dan mengajar yang menarik. Siswa, mahasiswa, dan guru bisa belajar aneka macam ketrampilan yang dibutuhkan dan digemari oleh generasi milenial. Para peserta mendapatkan kesempatan untuk belajar aneka ilmu dan ketrampilan dari tutor-tutor berpengalaman di bidangnya. Bahkan Anda bisa menjadi tenaga pengajar bila Anda menguasai suatu ketrampilan dan ilmu yang menarik untuk dibagikan kepada masyarakat. Silakan bergabung para tenaga pengajar era digital, semoga semakin berkembang menyesuaikan dengan kebutuhan generasi milenial. Yuk dikunjungi, siapa tau sedang mengadakan kelas GRATIS (free trial).

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.