Top

Koleksi Dongeng RIRI: 1M Subscribers dalam Setahun pada 2022. Kok Bisa?

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Jan 2023

  |  

Edukasi

Awal merilis beberapa video dongeng, kanal Youtube dongeng “Riri, Cerita Anak Interaktif” belum mengalami perkembangan yang cukup signifikan bila dilihat dari jumlah views-nya. Namun, di tahun 2022, kanal YouTube ini secara mengejutkan telah mencapai satu juta lebih subscribers. Apa rahasianya? Yuk, kita simak bersama!

1. Animasi yang Makin Cantik dan Menarik

Educa Studio, yang dipimpin oleh Bapak Andi Taru, adalah perusahaan gim yang sudah banyak merilis ratusan gim edukasi. Setelah sukses merilis ratusan gim edukasi, tim Educa Studio mencoba mengembangkan sayap dengan merilis kanal YouTube Riri, Cerita Anak Interaktif.

Bukanlah hal yang sulit bagi tim Educa Studio untuk membuat animasi yang menarik dan disukai oleh anak-anak. Gambar yang catchy dengan balutan warna yang cantik membuat video dongeng di dalam kanal YouTube ini banyak ditonton oleh jutaan anak Indonesia.

Baca juga:

Tak Terduga, Ternyata Fabel Punya Banyak Manfaat Bagi Anak

Tips Melatih Ketrampilan Bercerita pada Anak Usia Dini

Riri Cerita Anak Interaktif Kini Hadir Dalam Bentuk Podcast

2. Tata Musik dan Suara yang Keren dan Nyaman Didengar Anak

Musik latar dan efek suara yang keren di dalam setiap video dongeng membuat cerita menjadi semakin hidup. Anak-anak akan dibawa di dalam dunia imajinasi yang tanpa batas saat menonton video dongeng dalam kanal YouTube ini.

Setiap tokoh dongeng memiliki pengisi suara yang khas, bagus, dan unik. Hal ini membuat anak-anak tidak merasa bosan saat mendengar percakapan antar tokoh di dalam setiap dongeng.

Saking kerennya tata suara dan musik di dalam tiap video dongeng, koleksi dongeng Riri kini juga hadir dalam bentuk podcast atau versi audio saja (tanpa gambar video). Ayah dan Bunda bisa mendengarkan versi podcast-nya di dalam platform noice.id.

Tim Educa Studio juga berpengalaman dalam mengaransemen lagu anak, di bawah ini adalah contohnya!

3. Alur Cerita Sederhana

Alur cerita yang sederhana adalah salah satu ciri dongeng yang disukai oleh anak-anak. Kanal YouTube Riri memuat video dongeng yang memiliki alur cerita sederhana dan singkat, sehingga mudah dipahami oleh anak-anak. Anak-anak juga tidak akan merasa bosan, karena durasi setiap videonya sebagian besar hanyalah sekitar 8 sampai 12 menit. Anak jadi cepat paham isi ceritanya tanpa harus menunggu lama.

Aneka dongeng dengan alur cerita yang sederhana kini juga hadir dalam bentuk e-book. Dapatkan dengan harga yang sangat-sangat terjangkau, dengan klik gambar di bawah ini!

4. Memuat Pesan Moral yang Praktis 

Dongeng-dongeng di dalam kanal YouTube Riri memuat pesan moral yang penting untuk dikembangkan dalam pribadi anak usia dini, sehingga kerap digunakan oleh guru-guru sebagai media untuk mengajarkan pendidikan karakter. Pesan moral yang terdapat di dalam setiap video dongeng juga sudah disaring, tentu saja yang praktis dan sesuai dengan pribadi anak-anak Indonesia.

5. Dongeng yang Variatif

Fabel, cerita rakyat, cerita anak yang diadopsi dari cerita anak mancanegara, dan bahkan kisah misteri untuk anak terdapat di dalam koleksi dongeng Riri. Variasi jenis dongeng anak ini membuat si kecil tidak akan mudah jenuh, karena di dalam setiap dongeng memiliki tokoh-tokoh yang unik dan latar belakang cerita yang berbeda-beda. Dengan latar belakang yang bervariasi si kecil akan banyak belajar tentang sejarah, nama tempat, kosakata baru, pengetahuan baru di dalam setiap ceritanya.

6. Hadir di Berbagai Platform dan Media Terkenal

Saking digemari oleh jutaan anak-anak Indonesia, koleksi dongeng di dalam kanal YouTube ini hadir di berbagai platform online yang sudah banyak dikenal di masyarakat, yaitu:

  1. Youtube
  2. Noice.id
  3. Spotify
  4. Google Play Store
  5. Anchor.fm
  6. E-Book Play Store

Koleksi dongeng Riri juga hadir dalam bentuk buku cetak dan bergambar. Ayah dan bunda bisa mendapatkan beberapa dongeng pilihan yang sudah diterbitkan dalam bentuk buku di toko buku Gramedia.

Kerja keras dan semangat berkreasi tim Educa Studio memang tidak ada habisnya. Ide-ide baru selalu muncul demi perkembangan pendidikan anak di Indonesia. Bahkan saat ini tim Educa Studio juga membuka kesempatan kepada anak-anak Indonesia untuk belajar membuat game dan animasi sederhana.

Dengan didampingi oleh tutor-tutor hebat dan berpengalaman dalam membuat aplikasi gim yang sudah diunduh jutaan anak Indonesia, tim Educa Studio membuka kelas kreator untuk anak di platform Gamelab.id. Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil untuk bergabung di dalam kelas ini, agar pengetahuan si kecil dalam penggunaan teknologi sebagai media produksi dan edukasi semakin berkembang. 

Berminat bergabung di kelas kreator Gamelab.id, silakan klik gambar di bawah ini!


Siapa yang mau ANGPAO? Ada kabar baik nih buat Sobat Marbel dan Bunda semua, terutama para pengguna aplikasi "Marbel Pelajaran TK dan PAUD". Educa Studio sedang tebar ANGPAO, yang bikin hati senANG dan PAOsti suka! Bagaimana cara dapetinnya? Silakan klik gambar di bawah ini ya!

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.