NEWS

Kunjungan Industri : Mengintip Dapur Kreatif Educa Studio

Kunjungan industri menjadi hal yang dianggap penting bagi siswa-siswi di SMK. Karena dengan adanya Kunjungan Industri dapat memberikan gambaran secara langsung kepada siswa dengan lingkungan perusahaan. Dalam kegiatan ini siswa-siswi SMK akan diberikan gambaran tentang bagaimana bekerja di perusahaan tersebut.

Foto : Seminar untuk peserta kunjungan industri

Seperti yang dilakukan siswa-siswi kelas XI dari SMK NU 01 Kendal Jurusan RPL ini. Para siswa yang terdiri dari 37 siswa tersebut melakukan kunjungan industri untuk melihat langsung dapur kerja di Educa Studio yang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif digital. Dari kunjungan industri tersebut siswa diajak untuk melihat langsung dapur kerja para kreatif di balik suksesnya game-game edukasi anak, Marbel.

Foto : Para peserta industri sedang mendengarkan seminar

Sebelum diajak untuk berkeliling melihat langsung proses produksi, para siswa diberi seminar terlebih dahulu. Hal ini untuk memberikan wawasan dan pengertian kepada para siswa agar para siswa lebih terbuka terhadap kompetensi yang mereka geluti. Seperti halnya para siswa ini, yang merupakan siswa jurusan RPL, yang merupakan salah satu jurusan yang saat ini sangat banyak dibutuhkan di dunia kerja. Tentunya mereka haruslah lebih mendalami apa yang mereka pelajari dan lebih tanggap dengan isu-isu kemajuan teknologi saat ini.

Foto : Peserta kunjungan industri sedang melihat proses pembuatan aset

Hal inilah yang coba kami sampaikan pada seminar kali ini. Agar para siswa lebih banyak membaca dan memperhatikan kemajuan teknologi saat ini. Terutama pada era industri 4.0 yang semuanya sudah ter-otomatisasi dengan penyimpanan awan dan AI. Hal tersebut dapat menjadi salah satu keuntungan bagi siswa-siswi terutama untuk jurusan RPL yang bersentuhan langsung dengan hal tersebut.

Foto : Peserta kunjungan industri melihat proses programming game

 

 

Setelah memberikan seminar, siswa diajak untuk melihat dapur kerja di Educa Studio. Mulai dari proses desain, pembuatan aset gambar, animasi, video editing, musih audio hingga pemrograman. Para siswa juga di ajak untuk mencoba pengalaman menggunakan augmented reality buatan Educa Studio. Setelah itu mereka diajak untuk melihat proses QC untuk produk cetak Marbel Flashcard yang berada di kantor bawah Educa Studio.

Foto : Serah terima kenang-kenangan

Dengan adanya kunjungan industri ini, kami harapkan siswa-siswi dari SMK NU 01 Kendal dapat memiliki pengalaman secara langsung mengenal industri kreatif digital dan mau meningkatkan keinginan untuk memasuki dunia kreatif digital ataupun menjadi salah satu pendiri dari industri kreatif digital.

Foto : Foto bersama di ruang kreatif Educa Studio