NEWS

Kunjungan Industri SMK Tamtama Kebumen

Selasa, 03 September 2019, Kantor Educa Studio kedatangan tamu-tamu istimewa dari Kebumen lho. Pada hari itu Kantor kami berkesempatan menjadi kantor industri untuk Kunjungan Industri siswa dan siswi dari SMK Tamtama Kebumen. Sebanyak 52 anak dan 2 orang guru dari SMK Tamtama Kebumen datang jauh-jauh dan berangkat jam 2 pagi dari Kebumen untuk pelaksanaan kunjungan industri di kantor kami lho. Hal itu tersebut tentu membuat kami senang, karena antusiasme teman-teman dari SMK Tamtama Kebumen ini. Tepat pukul 14.00 WIB acara Kunjungan Industri untuk sesi pertama dimulai, meksipun nampak kelelahan mereka masih tetap antusias dengan acara kunjungan industri ini.

Foto : Peserta Kunjungan Industri SMK Tamtama Kebumen

Kunjungan Industri di kantor kami memiliki 3 sesi acara yang berbeda. Sesi yang pertama adalah sesi Pembukaan dan Perkenalan yang dibawakan oleh Pak Saputro. Kemudian Sesi kedua merupakan sesi Seminar yang dibawakan oleh Pak Andi Taru, selaku Direktur dari Educa Studio. Sesi terakhir atau sesi ketiga Melihat proses pembuatan Game dan Animasi yang dipandu oleh Mbak Febri.

Foto : Sesi Pembukaan dan Perkenalan

Dimulai dari sesi pertama yaitu sesi Pembukaan dan Perkenalan yang dibawakan oleh Pak Saputro berisi tentang perkenalan dari kantor Educa Studio kemudian sejarah berdirinya Educa Studio hingga menjadi sebuah perusahaan game besar seperti sekarang ini. Berbicara tentang sejarah Educa Studio ternyata banyak yang tidak mengetahui bahwa Educa Studio sudah berdiri sejak lama lho, tepatnya sejak tahun 2012 secara resminya.

Foto : Seminar tentang Industri 4.0 dan Peluang Bisnis

Setelah sesi pertama selesai, sesi kedua adalah sesi seminar yang dibawakan oleh Pak Andi Taru. Dalam seminarnya, Pak Andi Taru membocorkan potensi bisnis apa saja yang bisa dilakukan teman-teman SMK di era industri 4.0 ini lho. Sebelum mengetahui potensi bisnis apa yang bisa dilakukan, terlebih dahulu Pak Andi Taru menjelaskan tentang sejarah perkembangan Industri dari Industri 1.0 hingga industri 4.0 yang sekarang ini sedang kita hadapi. Era industri 4.0 ditandai dengan ada penggunaan IoT atau Internet of Thing. Dari hal itulah dapat ditarik kesimpulan potensi bisnis yang berpeluang besar untuk dikembangkan terutama untuk teman-teman dari SMK.

Foto : Teman-teman SMK Tamtama Kebumen saat mengikuti seminar

Dengan memberi bocoran, potensi bisnis yang bisa teman-teman SMK kembangkan dan sesuai dengan kebutuhan pasar saat ini. Hal tersebut diharapkan agar teman-teman dari SMK bisa lebih melihat celah untuk dimanfaatkan sebagai ide untuk dijadikan sebuah produk yang bisa berguna bagi banyak orang dan sesuai dengan perkembangan teknologi saat ini. Seminar tersebut berlangsung kurang lebih selama 1 jam, siswa dengan antusias dan terkadang malu-malu untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh Pak Andi Taru.

Foto : Saat tanya-jawab sesi seminar

Setelah sesi kedua usai, langsung dilanjutkan dengan sesi ketiga yaitu melihat proses pembuatan game dan animasi. Dari keseluruhan siswa yang ada kemudian dibagi menjadi 3 kloter untuk melihat langsung proses pembuatan game dan animasi yang ada di kantor atas Educa Studio. Setiap kloter kemudian akan dijelaskan mengenai proses produksi game dan animasi video yang berada di kantor atas, hingga memperlihatkan contoh produk yang dibuat, seperti game Marbel dan video animasi Riri. Setelah selesai melihat proses produksi game dan video animasi di kantor lantai bawah, kemudian setiap kloter akan diajak untuk melihat proses produksi flashcard yang ada di kantor bawah.

Foto : Melihat proses pembuatan Animasi

Foto : Melihat proses pembuatan Game

Setelah semua siswa selesai melihat proses pembuatan game dan animasi di kantor atas, acara dilanjutkan dengan penutupan yang kemudian dilanjutkan untuk acara pemberian kenang-kenangan oleh SMK Tamtama Kebumen. Tidak lupa kami abadikan momen bersama dengan berfoto di depan kantor Educa Studio, hehehe..

Foto : Dokumentasi kloter pertama

Foto : Dokumentasi kloter kedua

Foto : Dokumentasi kloter ketiga

Foto : Dokumentasi di depan kantor Educa Studio

Besar harapan kami pada calon penerus bangsa, terutama teman-teman dari SMK. Kami selaku industri kreatif berharap semoga ilmu yang kami berikan pada kunjungan industri ini bisa bermanfaat untuk teman-teman dari SMK Tamtama Kebumen dan bisa diterapkan suatu saat nanti.