NEWS

Kunjungan Industri: Tanggungjawab dan Tugas Seorang Programmer

Mengawali tahun 2020, Educa Studio bekerjasama dengan Game Lab Indonesia terus mengembangkan visi dan misinya untuk dunia pendidikan di Indonesia, salah satunya adalah dengan membagi pengetahuan tentang dunia industri game dan proses pembuatan game kepada siswa-siswi SMK melalui kegiatan Kunjungan Industri.

Kunjungan Industri SMK merupakan salah satu hal yang penting untuk bekal siswa. Dalam kunjungan industri siswa akan diberikan informasi dan wawasan seputar dunia kerja yang akan dia masuki. Melalui kunjungan industri juga siswa akan lebih mendalami dan mengetahui gambaran seputar dunia kerja yang cocok dengan kompetensinya.

Gambar: Seminar industri 4.0

Seperti halnya siswa-siswi dari SMK NU 05 Kaliwungu Selatan, yang baru saja melakukan kunjungan industri di kantor Educa Studio. Siswa-siswi. Seperti biasanya, sebelum melihat proses produksi pembuatan game, siswa-siswi jurusan RPL atau Rekayasa Perangkat Lunak tersebut diberikan seminar terlebih dahulu untuk membuka pemahaman mereka terhadap dunia industri terlebih lagi dunia industri kreatif yang saat ini sudah menggunakan teknologi 4.0. Hal tersebut juga bertujuan untuk mengajak siswa-siswi di SMK untuk memajukan perindustrian di Indonesia khususnya untuk dunia industri kreatif yang saat ini masih sangat minim di Indonesia.

Gambar: Seminar industri 4.0

Setelah mendapatkan seminar kemudian siswa-siswi akan di ajak untuk berkeliling ke kantor Educa Studio. Bagian paling menarik adalah saat melihat proses pembuatan animasi maupun game yang akan didemokan oleh para karyawan di Educa Studio. Mulai dari proses desain game, pembuatan aset gambar, animasi, pembuatan audio efek dan musik, hingga masuk ketahap pemrograman.

Gambar: Proses pembuatan aset gambar untuk game

Pada tahap pemrograman pun dijelaskan, sebagai seorang programmer tidak hanya bertanggung jawab terhadap development game, namun juga bertanggung jawab untuk melakukan self testing pada game yang akan dirilis, memastikan semua game sudah siap untuk di rilis. Setelah game dirilis pun, programmer juga masih bertanggung jawab terhadap maintenance game yang dibuatnya, misalnya apakah terdapat error atau bug  setelah game tersebut dirilis.

Gambar: Peserta kegiatan kunjungan industri SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Pada kegiatan kunjungan industri ini, selain memperlihatkan produk digital juga memperlihatkan produk-produk fisik buatan Educa Studio lainnya. Selain animasi dan game, para siswa juga didemokan penggunaan AR yang dapat dimanfaatkan untuk background foto. Tentunya semua hal yang kami paparkan kepada siswa dengan tujuan siswa dapat lebih termotivasi untuk menghasilkan produk-produk kreatif lainnya yang dapat bermanfaat bagi target audience.

Gambar: Peserta kegiatan kunjungan industri SMK NU 05 Kaliwungu Selatan

Pada akhir kegiatan kunjungan industri di tutup oleh perwakilan Guru dari SMK NU 05 Kaliwungu Selatan dan tak lupa mengambil foto bersama di depan kantor Educa Studio sebagai kenang-kenangan. Dari kegiatan kunjungan industri tersebut kami harapkan siswa-siswi tersebut mendapatkan banyak manfaat dari apa yang telah kami bagikan kepada mereka dan dapat menambah motivasi mereka untuk terus berusaha berkarya dan ikut berkontribusi bagi bangsa.

Gambar: Penyerahan kenang-kenangan dari SMK NU 05 Kaliwungu Selatan