Top

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno ke Kantor Educa Studio dan Gamelab Indonesia

17 Mei 2022

 

Sandiaga Uno selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) berkunjung ke kantor Educa Studio dan Gamelab Indonesia pada Senin (16/5/2022).

Berdiri sejak tahun 2011 hingga sekarang, Educa Studio telah secara konsisten mengembangkan berbagai macam mobile games dengan total unduhan lebih dari 35 juta download. Educa memproduksi video game sebanyak 300 seri dan 200 animasi yang disukai oleh banyak orang.

Brand produk dari Educa Studio adalah Marbel (aplikasi dan game edukasi), Riri (komik dan animasi), dan Gamelab Indonesia (pelatihan dan pendidikan). Tidak hanya itu, produk dari Educa Studio dibuat dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Jadi, mudah untuk diakses dari mana saja.

Disambut Secara Antusias

Kunjungan Menparekraf Sandiaga Uno disambut oleh antusiasme yang semarak dari warga dan karyawan Educa Studio. Disertai dengan jajaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Walikota Salatiga Yuliyanto, SE, MM., Ketua DPRD Kota Salatiga, Dance Ishak Palit, M.Si., dan Valentino T Hariwibowo selaku Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Salatiga.

Puluhan warga turut menyambut kedatangan  Menparekraf Sandiaga Uno dan memenuhi halaman kantor Educa Studio. Mereka turut bersemangat dengan kehadiran Menparekraf beserta jajarannya.

Dukungan untuk Educa Studio

Sandiaga Uno menyatakan bahwa beliau selaku Menparekraf siap memberikan dukungan kepada para pencipta game untuk berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau juga menawarkan dukungan kepada Educa Studio untuk kolaborasi ke depan.

Dengan menghadirkan aplikasi atau game edukasi, terdapat metode Gamifikasi yang sangat membantu proses pembelajaran. Gamifikasi adalah metode pembelajaran yang mengimplementasikan dinamika dan mekanika permainan untuk meningkatkan kualitas output pembelajaran.

Sandiaga Uno mengatakan bahwa beliau sudah mendiskusikan mengenai metode gamifikasi ini dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dengan metode pembelajaran yang melibatkan game ini dapat membuat sebuah pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Sambil bermain, terdapat nilai-nilai tersendiri yang dipelajari tanpa terasa.

Hal ini senada dengan prinsip Educa Studio dalam mengembangkan teknologi dan media belajar yang CEMUMU (Cepat, Mudah, dan Muenyenangkan). Dengan kata lain, Educa Studio membuat pembelajaran menjadi lebih menyenangkan dengan beragam game edukasi yang dapat diunduh di playstore.

Apresiasi dan Dukungan dari Sandiaga Uno

Menparekraf Sandiaga Uno juga mengapresiasi sejumlah prestasi yang sudah berhasil diraih oleh Educa Studio. Salah satunya adalah menjadi Finalis Terbaik dan Booth Pameran Terfavorit #1 di acara Apresiasi Kreasi Indonesia 2021. Beliau juga memberikan dukungan spesial pada Educa Studio dan mengajaknya untuk berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

 

 

 

 

Author :Ayu Larasati