NEWS

Mangkuk Salad #2 – Peluang Bisnis dan Cara Mengembangkan Game Online 3D

Pembicara: Wandah Wibawanto (Froyogames)
Lokasi: Educa Studio, Salatiga

Tanggal 15 Maret 2017, Mangkuk Salad kembali diadakan oleh Educa Studio di Salatiga. Kali ini mengusung tema game online 3D yang dibawakan oleh Mas Wandah Wibawanto dari Froyogames.

Berikut review dari berlangsungnya acara

Pertama-tama, Mas Wandah bercerita tentang sejarah Flash Games dari tahun 2006 – 2013. Di mana market Flash Games mulai menurun tahun 2009 disebabkan karena jumlah developer yang melebihi batas (crowded market). Dan antara 2014 – 2016 muncul 4 golongan game developer yaitu Browser Standard, Top Browser, Social Media dan Mobile Games.

Bagian selanjutnya, pembicara melakukan sharing mengenai harga-harga games yang didapatkan ketika dulu membuat Flash Games. Sampai sejauh ini penghasilan dari games-games tersebut terutama flash games masih cukup bagus.

Selanjutnya, pembicara sharing mengenal tools-tools yang dipakai dalam mendevelop games. Kemudian menceritakan pentingnya logic dalam games dan sedikit code program contoh penerapannya. Flexibility menjadi topik selanjutnya yang dibahas cukup mendalam.

Terakhir, pembicara menampilkan materi mengenai income dari pembuatan games online 3D dan ternyata penghasilannya masih terus berjalan bahkan semakin bagus. Di kesimpulan menurut pembicara “Game Online masih memiliki pasar yang bagus”. Nah teman-teman,,, menarik bukan peluang industri games online 3D. Ada yang tertarik untuk terjun dan fokus di market ini?

Informasi

Mangkuk adalah singkatan dari “Mari Ngobrol Kumpul Komunitas”, merupakan wadah dari komunitas-komunitas kreatif yang ada di Salatiga.

Salad adalah singkatan dari “Salatiga GameDev”, merupakan komunitas pengembang dan pegiat industri games di kota Salatiga.

Baik Mangkuk maupun Salad digagas oleh Educa Studio. Biasanya, even-event yang diadakan 2 komunitas tersebut dilaksanakan di Kantor Educa Studio di Gendongan, Tingkir Kota Salatiga.

Mari teman-teman, bergabung di event-event Mangkuk Salad berikutnya. Pasti kamu akan mendapatkan banyak ilmu dan manfaat dengan mengikuti event-event tersebut.