Top

Mengantisipasi Dampak Negatif Pembelajaran Daring untuk Anak Usia Dini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

04 Jan 2022

  |  

Parenting

Pembelajaran daring masih berlaku di satuan PAUD, karena dianggap solusi terbaik metode pelajaran saat ini. Ada beberapa dampak negatif dari sistem pembelajaran ini, karena anak lebih sering berhadapan dengan layar monitor perangkat komunikasi, daripada berinteraksi secara langsung dengan guru dan teman lainnya. Namun tentu saja tentu saja dampak negatif tersebut bisa diantisipasi, bila orang tua cepat tanggap dan tau cara mengatasi.


Bagaimana orang tua menyikapi dampak negatif dari pembelajaran daring?

1. Pentingnya Aktivitas Fisik

Ajak anak untuk beraktivitas fisik, seperti bermain bola, jalan pagi, melakukan gerak lagu, dan aktivitas fisik lainnya. Aktivitas fisik, apalagi yang memungkinkan anak terkena sinar matahari sangat baik untuk menjaga kebugaran tubuh anak saat belajar.

2. Orang Tua yang Tidak Gaptek

Ada banyak aplikasi pendidikan, kanal Youtube edukatif, dan situs yang bisa menjadi sarana belajar bagi anak. Orang tua zaman sekarang perlu rajin-rajin mengakses internet dan bisa memilih media belajar online yang bisa direkomendasikan untuk buah hatinya, dan tentunya yang ramah anak.

3. Waktu Berkualitas ( No Hand-Phone Time )

Manfaatkan waktu berkualitas bersama keluarga untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan, misalnya berkebun bersama, nonton film bersama, dan lainnya. Manfaatkan pula waktu bersama untuk berbagi cerita, memotivasi, serta membantu anak mengatasi setiap persoalan yang ia hadapi.

4. Siapkan Makanan Ringan dan Minuman

Makanan ringan dan minuman favorit bisa memotivasi anak untuk makin semangat belajar. Jadi siapkanlah di ruangan belajar anak, agar bisa dinikmati saat break-time atau free-time. Hal ini bisa membantu anak menjadi semakin semangat belajar dan mengatasi kebosanan serta rasa kantuk.

5. Tempat Belajar yang Nyaman

Siapkan kursi dan meja belajar yang sesuai dengan ukuran tubuh anak, agar anak bisa duduk dan melakukan aktivitas dengan nyaman. Jauhkan pula anak dari benda-benda yang bisa menarik perhatian, agar anak bisa fokus memperhatikan dan melakukan tugas yang harus dikerjakan.

Peran orang tua selama masa pembelajaran daring sangat menentukan keberhasilan anak usia dini. Bila komunikasi orang tua dan guru berjalan dengan baik, pasti segala persoalan bisa diatasi, anak selalu semangat meraih prestasi, serta tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berbudi.

Semoga pandemi segera berlalu, agar anak-anak bisa kembali belajar dengan ceria bertemu dengan kawan dan guru.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.