Top

Orang Tua Wajib Tahu! 11 Buku yang Bisa Bikin Anak Makin Cinta Baca

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

26 Jan 2023

  |  

Edukasi

Anak-anak usia dini sangat menyukai aktivitas membaca buku. Dilansir dari Archwaycommunities.org, seorang pakar anak mengatakan:

“Membiasakan anak Anda pada aktivitas membaca dapat membantunya dalam mengembangkan keterampilan literasi dan menciptakan kecintaan anak dalam belajar.”

Anak-anak sangat membutuhkan aktivitas yang menyenangkan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk mereka. Membaca buku adalah salah satu aktivitas yang bisa menjadi pilihan bagi anak-anak usia dini. Inilah beberapa jenis buku yang banyak disuka oleh anak-anak usia dini. Semoga bisa menjadi pengetahuan bagi Ayah dan Bunda dalam memilihkan atau membelikan buku bagi sang buah hati.

1. Buku Legenda

Di dalam bahasa Indonesia buku jenis ini juga dikenal sebagai buku cerita rakyat. Buku ini menceritakan kejadian di masa lalu dan sudah diceritakan oleh nenek moyang kepada keturunan-keturunannya secara turun temurun. Beberapa kejadian di dalam cerita rakyat merupakan kisah yang nyata, tapi beberapa diantaranya hanyalah fiktif.

Kisah legenda tidak hanya bisa dinikmati dalam bentuk buku. Namun, di era digital ini cerita legenda hadir juga dalam bentuk video. Video di bawah ini adalah contohnya! Video ini diproduksi oleh Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio yang sudah pakarnya dalam hal pembuatan konten edukasi yang ramah anak.

2. Buku Partisipasi

Anak-anak usia dini sangat menyukai jenis buku ini. Ayah dan Bunda bisa mengajak anak untuk aktif berinteraksi saat membacakan buku ini. Selain karena gambarnya yang sangat menarik buku ini juga berisi perintah-perintah dari orang tua kepada anaknya. Buku partisipasi dengan tema pengenalan anggota tubuh bisa memuat aneka pertanyaan tentang bagian-bagian tubuh. Diantaranya adalah meminta anak untuk menyentuh bagian tubuh atau melakukan gerakan dengan anggota tubuh tertentu.

Ajak anak belajar dengan media gim interaktif juga yuk! Gim edukasi di bawah ini bagus banget. Ayah dan Bunda bisa unduh di sini!

3. Buku Cerita Tanpa Kata

Buku ini merupakan salah satu jenis cerita bergambar. Namun, di dalam buku ini tidak tertulis satu buah kalimat pun. Anak-anak akan belajar untuk mengungkapkan pendapatnya mengenai isi cerita, sesuai dengan gambar yang ia lihat. Buku cerita jenis ini sangat bermanfaat untuk mengembangkan bakat anak dalam bidang penulisan dan story telling.

Buku cerita tanpa kata memang sangat baik untuk mengembangkan keterampilan berbahasa anak. Ayah dan Bunda, ada juga loh, cerita tanpa gambar atau videonya. Anak-anak akan diajak mengikuti jalan cerita dalam bentuk audio atau versi podcast. Media dongeng dalam bentuk podcast ini sangat bermanfaat dalam mengembangkan daya imajinasi dan kecerdasan anak. Ajak si kecil menikmatinya dengan klik dongeng RIRI versi podcast Noice.id.

4. Syair dan Puisi Anak

Buku ini memuat syair dan puisi yang sederhana dan mudah dipahami anak. Kata-kata yang digunakan pun adalah kata-kata yang kerap digunakan atau diucapkan oleh anak-anak. Salah satu contoh puisi anak adalah puisi yang menceritakan tentang seekor semut. Dengan bantuan media gambar yang menarik dan kata-kata yang sederhana, anak-anak bisa berimajinasi sambil memperluas ilmu pengetahuannya saat membaca buku ini.

5. Buku Sains Anak

Buku ini memuat materi ilmu pengetahuan yang sering dijumpai oleh anak-anak dalam kehidupan sehari-hari. Namun, tidak jarang materi ilmu pengetahuan yang dimuat adalah tentang hal-hal yang benar-benar digemari anak-anak misalnya tentang antariksa, zaman purbakala, dan lainnya.

6. Fabel

Fabel adalah cerita anak yang mengisahkan tentang tokoh hewan yang bisa melakukan aktivitas layaknya manusia dan memiliki karakter-karakter yang unik seperti manusia. Fabel biasanya memuat pesan moral yang bermanfaat untuk membangun karakter anak-anak. Cerita di bawah ini adalah salah satu contoh dari fabel yang bisa dinikmati dalam bentuk video.

Ayah dan Bunda bisa mengajak si kecil membaca fabel yang hadir dalam bentuk buku elektronik. Dapatkan dengan harga terjangkau di platform ini.

7. Convertible Book (Buku yang Bisa Berubah Bentuknya)

Buku cerita bergambar ini tidak hanya bisa dibaca. Namun, buku ini juga bisa dimainkan. Halaman dari buku ini sangat tebal dan bisa dirangkai membentuk suatu benda tertentu, misalnya menjadi sebuah mobil, kapal, dan lainnya.

8. Busy Book

Anak-anak bisa melakukan aneka aktivitas dengan buku ini. Buku ini dilengkapi dengan media yang bisa dimainkan, contohnya adalah kain perekat. Dengan kain perekat anak bisa memasangkan satu gambar dengan gambar yang lain. Media lain yang digunakan dalam busy book adalah tali, magnet, kancing baju, penjepit kertas, dan lainnya.

9.Noisy Book

Tidak hanya melalui media gambar, stimulasi kecerdasan anak juga perlu melalui media suara. Noisy book adalah buku yang menampilkan gambar menarik, plus menampilkan menu tombol yang bisa ditekan sehingga bisa mengeluarkan suara. 

9. Buku Piano

Buku ini menampilkan gambar piano dan nada-nada lagu yang sederhana. Anak-anak bisa bernyanyi dengan membaca syair lagunya sambil memainkan piano.

10. Buku Pop Up

Buku cergam ini menampilkan gambar ilustrasi yang bisa timbul (pop up) saat anak membuka tiap halaman di dalam buku. Hal lain yang menarik dalam buku ini adalah anak-anak akan diajak untuk bermain tebak-tebakan, berhitung, dan aneka aktivitas menyenangkan lainnya.

11. Buku Keterampilan

Buku ini memuat aneka keterampilan yang digemari oleh anak-anak, misalnya origami, menggambar, kerajinan tangan, kreasi dari bahan bekas, kreasi dari kertas asturo, dan lainnya. Di dalam buku ini biasanya terdapat materi tentang alat dan bahan, tutorial, dan gambar-gambar yang berhubungan dengan keterampilan yang dibuat. 

Ayah dan Bunda bisa menemukan aneka kreasi keterampilan anak di platform Duniabelajaranak.id. Ada aneka ragam kreasi yang bisa diajarkan kepada si kecil dan disajikan secara tematik.

Semakin banyak jenis buku yang dikenal si kecil, tentu ia akan semakin bersemangat dalam membaca buku, serta bisa meningkatkan kecintaannya pada aktivitas membaca buku. Biarkan si kecil melakukan aktivitas ini dengan riang gembira dan tanpa paksaan ya, Ayah dan Bunda. Bila si kecil masih suka melihat-lihat gambarnya saja saat membaca buku, It's OK! Pendampingan dari Ayah dan Bunda adalah yang utama, agar bisa menjadi partner diskusi dan menjawab pertanyaan si kecil saat ia bertanya sesuatu tentang isi buku yang dibaca. Semoga si kecil tumbuh jadi anak yang gemar membaca buku! 

      Baca juga:

 


Sumber Referensi:

1. Archwaycommunities.org. (2021). 5 benefits of reading to children [1]

2. Simoneskids.org. (2022). The importance of reading to children [2]

3. Hookedtobooks.com. (2019). Types books you should read your young children [3]

4. Freepik.com. (2022). Portrait student child girl studying library [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.