Top

Pentingnya Media Pembelajaran Bagi Anak-anak PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Juni 2022

  |  

Edukasi

Media pembelajaran adalah alat atau peraga yang biasa digunakan guru dalam proses belajar dan mengajar. Anak-anak usia dini, sebagai usia yang dianggap masih memiliki tingkat rasa penasaran yang tinggi sangat menikmati keberadaan media pembelajaran saat mereka belajar. Apalagi kalau media pembelajaran yang digunakan oleh gurunya tergolong unik dan menarik, pasti anak-anak menjadi lebih tertarik untuk memperhatikan. Mengapa keberadaan media pembelajaran sangat penting, terutama dalam proses pembelajaran anak-anak usia dini?

Yuk kita simak ulasan selengkapnya!

1. Penarik Perhatian di Awal Pembelajaran

Awal pembelajaran adalah momen penting bagi guru. Dalam momen ini, guru mendapatkan kesempatan untuk menarik perhatian anak-anak didiknya. Salah satu hal yang bisa menarik perhatian anak didik adalah keberadaan media pembelajaran. Anak-anak akan lebih mampu berkonsentrasi saat mereka melihat media pembelajaran yang ditunjukkan gurunya, sehingga mereka akan lebih mampu fokus di tahap pembelajaran selanjutnya.

2. Media Menyampaikan Materi

Salah satu contoh media pembelajaran adalah "flash card". Di dalam "flash card" biasanya memuat aneka materi pelajaran. Anak-anak yang membutuhkan stimulasi tidak hanya dari suara (saat guru berceramah), akan menjadi lebih bisa memahami pelajaran saat mereka mendapatkan stimulasi secara visual. Anak-anak akan menjadi lebih memahami dan mengingat pelajaran yang baru saja dipelajari.

3. Lebih Efektif dan Efisien

Bila guru menggunakan media "flash card" dalam pembelajaran, maka ia akan membutuhkan banyak kartu agar bisa mengajar dengan tema berbeda-beda. Namun, bila kita berbicara tentang media pembelajaran, tentu saja ada banyak, salah satunya adalah media pembelajaran dalam bentuk film. Ada banyak media film yang bisa kita temukan di platform penyedia video gratis. Kita tidak perlu membeli atau bahkan menggunakan "flash card" secara langsung agar anak bisa belajar dengan menggunakan media pembelajaran. Video-video di platform penyedia video bisa diakses secara langsung, bahkan bisa diunduh dan diputar ulang, agar bisa ditonton oleh anak-anak didik.

4. Pembelajaran yang Interaktif

Saat guru menggunakan suatu benda sebagai media pembelajaran, ia bisa bertanya jawab dengan anak-anak didiknya. Anak-anak pun biasanya akan sangat antusias menanggapi dengan bertanya atau memberikan pendapatnya. Pembelajaran yang interaktif akan lebih menyenangkan, karena anak-anak tidak hanya diam dan mendengarkan, tapi bisa ikut berpartisipasi dalam pembelajaran, bahkan bisa memberikan penjelasan kepada teman-temannya.

5. Mengatasi Kebosanan

Media pembelajaran bisa menjadi cara mengatasi kebosanan. Namun, bukan berarti penggunaan media pembelajaran perlu digunakan selama pembelajaran berlangsung. Gunakan media pembelajaran seefektif mungkin dan tidak dalam jangka waktu yang terlalu lama. Kita bisa memberikan variasi pembelajaran dengan berceramah, membuat karya, mengeksplorasi alam, dan lainnya.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.