Top

Perhatikan Hal ini, Sebelum Mengajak Anak Pergi Ke Mall

08 Januari 2022

Meski pandemi belum berlalu, beberapa kota sudah memberikan kelonggaran aturan kunjungan ke mall. Anak berusia di bawah 12 tahun sudah diizinkan memasuki mall di berbagai wilayah. Walau beberapa anak di bawah usia 12 tahun sudah menerima vaksin, namun tidak berarti bisa sebebas seperti sebelum masa pandemi. Berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan, khususnya bagi orang tua, agar buah hatinya tetap sehat dan aman saat mengunjungi mall.

1. Pendampingan Orang Tua atau Orang Dewasa

Namanya juga anak-anak, pasti masih suka berjalan kian kemari, sentuh itu dan ini. Arti jaga jarak, kadang juga belum dipahami. Masker yang seharusnya menutup mulut dan hidung, bisa turun atau lepas tanpa disadari. Inilah peran orang tua atau orang dewasa yang bertugas mendampingi, harus selalu mengingatkan dan menasihati.

2. Vaksinasi bagi Pendamping Anak

Agar anak-anak lebih aman, akan lebih baik jika pendamping anak sudah mengikuti vaksinasi. Jangan sampai abai, jangan sampai justru pendamping anak malah menjadi orang yang terinfeksi.
Beberapa mall juga sudah menggunakan aplikasi PeduliLindungi, yang bisa mendeteksi seseorang apakah ia sudah ikut vaksinasi.

3. Taat Protokol Kesehatan

Sebelum berangkat ke mall, akan lebih baik bila mengingatkan anak tentang protokol kesehatan. Karena kalau sudah di mall, biasanya anak lebih susah mendengarkan. Ingatkan pentingnya patuh 5M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Menjauhi Kerumunan, Menjaga Jarak, dan Mengurangi Mobilitas atau Gerakan).

4. Masker Ganda

Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mengenakan masker ganda, sangat menjadi rekomendasi. Selain agar lebih virus masuk ke tubuh sang buah hati, masker ganda juga mencegah masker yang melorot tanpa disadari.

5. Efisiensi Waktu saat di Mall

Sebelum pergi ke mall, akan lebih baik bila sudah membuat perencanaan tentang tempat yang akan dikunjungi dan apa saja yang akan dibeli nantinya. Penggunaan masker ganda yang terlalu lama juga tidak baik untuk anak-anak, karena bisa berpotensi meimbulkan sesak napas atau sakit kepala. Lama waktu kunjungan anak ke mall kurang lebih adalah 1 jam saja.

6. Sepulang dari Mall, Harus Melakukan Apa?

Sepulang dari Mall mintalah anak untuk mandi, keramas, dan gosok gigi. Hindari kontak fisik dengan anggota keluarga di rumah, sebelum membersihkan diri. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi serta minuman bernutrisi sangat disarankan, agar tubuh bugar, sehat, dan memiliki daya tahan yang mumpuni.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis