Top

Protokol Kesehatan yang Sering Diabaikan Anak Sepulang Sekolah

09 Januari 2022

Saat anak berada di sekolah, guru akan selalu memperhatikan setiap anak didiknya, agar patuh pada protokol kesehatan. Namun sepulang sekolah, biasanya segala protokol kesehatan seakan-akan terlupakan. Ini dia kebiasan-kebiasaan yang perlu menjadi perhatian, serta tak boleh diabaikan.

1. Melakukan Kontak Fisik dengan Penjemput

Bersalaman, bergandengan, atau berpelukan adalah kebiasaan yang sering dilakukan, bila yang menjemput adalah orang tua. Menyentuh bagian wajah sebaiknya tidak dilakukan juga. Kontak fisik secara tidak langsung juga perlu dihindari, misalnya dengan membawakan tas anak dan benda lainnya. Bila memang harus membantu membawakan barang sang anak, jangan lupa menyemprot tangan dengan handsanitizer segera.

2. Mampir-mampir

Sebelum pandemi, biasanya banyak orang tua mengajak anak berbelanja, makan siang, atau pergi ke tempat lain yang diminati. Selama pandemi sebaiknya kebiasaan ini dihindari. Bila hendak pergi ke suatu tempat, sebaiknya pulang dulu dan selepas anak bersih-bersih diri.

3. Lupa Cuci Tangan, Cuci Kaki, dan Mandi

Saat perjalanan pulang dari sekolah menuju ke rumah, sebaiknya anak diingatkan untuk melakukan protokol kesehatan setelah sampai di rumah kediaman. Bila belum sempat mandi, cuci tangan dan kaki adalah hal yang tak boleh dilupakan. Hindari bersalaman atau berpelukan saat berpapasan dengan orang-orang kesayangan, sebelum anak membersihkan anggota badan.

4. Tidak Menggosok Gigi

Profesor Martin Addy, mengatakan pasta gigi mengandung zat yang hampir sama dengan hand sanitizer dan dapat bertidak sebagai "perisai" selama tiga jam setelah digunakan. Sebaiknya, sebelum berangkat ke sekolah atau pun sepulang sekolah, mintalah anak menggosok giginya. Hal ini penting, agar mulut dan droplet tidak menjadi sarana penyebaran virus yang berbahaya.

5. Lupa Waktu Istirahat

Kegiatan belajar mengajar di sekolah kadang cukup melelahkan. Sepulang sekolah, sebaiknya orang tua meminta anak untuk tidur untuk menjaga kebugaran dan kesehatan badan. Aneka virus mudah menyerang anak saat ia dalam kondisi kelelahan.

6. Abai dalam Melakukan Sterilisasi Barang Bawaan

Ada banyak barang yang dibawa anak saat pergi belajar di sekolah. Jangan lupa untuk melakukan sterilisasi barang bawaan anak. Semprotlah tas, alat tulis, botol minum dan benda lainnya dengan larutan disinfektan. Cucilah baju seragam dan masker kain setelah selesai dikenakan. Buanglah masker "sekali pakai" ke tempat sampah, jangan ditaruh sembarangan.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis