NEWS

Sekarang Pengenalan Gender Kepada Anak Bisa Lewat Aplikasi

Pernahkah kita sebagai orang tua terkejut ketika putra-putri kita bertanya kenapa aku berbeda dari teman yang itu? (Maksudnya dia perempuan berbeda dengan laki-laki?). Terkadang kita jadi bingung menjawabnya. Karena memang pada masa pertumbuhan anak-anak akan selalu banyak pertanyaan dan kita sebagai orang tua wajib memberikan arahan yang baik.

Cara yang bisa kita lakukan adalah memberikan gambaran perbedaan Gender antara laki-laki dan perempuan. Hal-hal yang berkaitan dengan Gender cukup banyak namun paling tidak ada 3 hal yang bisa kita sampaikan perbedaannya kepada anak-anak yaitu:

1. Cara Berpakaian
Kita bisa memberikan gambaran melalui cara berpakaian. Antara laki-laki dan perempuan tentu cara berpakaiannya berbeda bukan? Begitu juga dengan aksesoris yang dipakai antara laki-laki dan perempuan pasti berbeda. Nah, kita bisa menggunakan gambar-gambar atau menunjuk contoh langsung yang ada di lingkungan.

2. Hobi
Berikutnya adalah hobi. Kita bisa memberikan pemahaman perbedaan hobi antara laki-laki dan perempuan. Misalnya laki-laki lebih pantas bermain mobil-mobilan, sedangkan perempuan lebih pantas bermain boneka. Kita juga bisa memberikan contoh melalui lingkungan sekitar.

3. Simbol-simbol
Pengenalan simbol-simbol pembeda antara laki-laki dan perempuan juga bisa digunakan untuk memberikan pembelajaran secara langsung. Misalnya saja simbol toilet laki-laki dan perempuan, bisa kita pakai untuk menunjukkan perbedaan.

PENGENALAN GENDER MELALUI APLIKASI DAN GAME
Beberapa waktu yang lalu,  Educa Studio merilis aplikasi baru bernama Marbel Gender. Aplikasi tersebut sudah kami coba kepada anak-anak dan ternyata asyik dan anak-anak suka memainkannya. Di dalamnya sudah terdapat edukasi tentang berbagai hal untuk memberikan pemahaman yang lebih halus mengenai perbedaan laki-laki dan perempuan.

Beberapa fitur yang ada di dalamnya adalah:
– Pengenalan simbol toilet laki-laki dan perempuan
– Pengenalan cara berpakaian dan aksesoris
– Pengenalan hobi antara laki-laki dan perempuan
– Permainan interaktif agar anak bosan

Aplikasi tersebut sekarang sudah diunduh lebih dari 10 ribu pengguna di google play store. Bagi Ayah dan Bunda yang tertarik juga untuk mendownloadnya bisa melakukan klik pada gambar di bawah ini: