Top

Semangat Belajarmu Menurun? Ini Solusinya!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

23 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel tentu gemar melakukan aktivitas belajar. Tidak hanya untuk menambah pengetahuan, aktivitas belajar juga bisa meningkatkan semangat hidup dan kebahagiaan. Bahkan, Jim Rohn, seorang pakar pendidikan mengatakan: “Jika Anda ingin menambah penghasilan, tingkatkan kosakata Anda."

Saat kamu belajar, kosakata dan ilmu pengetahuanmu pasti akan bertambah. Namun, karena status kamu saat ini masih seorang pelajar, tentu penghasilan belumlah menjadi motivasi utamamu dalam mempelajari sesuatu. Yang penting, kamu tidak boleh kehilangan semangat dalam belajar. Walaupun kadang mungkin kamu merasa malas atau bosan, kamu harus bisa melawannya dengan berbagai cara.

Inilah beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam hidup sehari-hari agar kamu semakin memiliki semangat belajar yang tinggi.

1. Membuat Jadwal Belajar

Tuliskan jadwal belajarmu secara manual, misalnya dengan cara menulis di atas kertas. Dengan menulis secara manual kamu akan lebih cepat dan efektif dalam mengingatnya. Tentukanlah hari, mata pelajaran, jam belajar, dan durasinya (Misalnya Senin, Matematika, 18.30-20.00). Durasi belajar efektif untuk anak usia sekolah dasar adalah 1 sampai 2 jam.

Mau lebih semangat belajar mengenal tata surya? Yuk, belajar dengan media gim edukasi di bawah ini!

2. Menata Ruang dan Meja Belajar

Tatalah ruang belajarmu serapi mungkin. Hal ini akan membuatmu merasa nyaman dan bersemangat saat berada di ruang atau kamar tempat kamu belajar. Setelah kamu selesai belajar jangan lupa untuk menata meja belajar dengan rapi. Hal ini akan membantumu saat mencari alat tulis atau buku-buku yang kamu butuhkan. Jangan sampai waktumu terbuang untuk mencari alat tulis atau buku karena lupa meletakkannya.

3. Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Menurut penelitian, durasi terbaik untuk melakukan tidur siang adalah 10 sampai 20 menit saja. Setelah itu kamu bisa merapikan kamar, jalan-jalan ke kebun, menyiram tanaman, nggak tahu melakukan hal santai lainnya. Hindari aktivitas screen time, karena hal ini justru akan membuatmu merasa lebih lelah. Sedangkan durasi terbaik untuk melakukan tidur malam adalah 8 sampai 9 jam.

Aktivitas no screen time kamu akan menjadi lebih menyenangkan dengan bermain aneka produk flash card dan poster edukasi di bawah ini! Silakan klik Toko Marbel Junior untuk menemukan produk-produk menarik lainnya!

4. Jangan Lupa Berbahagia

Dilansir dari Ardendentalcare.com, dikatakan bahwa, “Tersenyum bahkan jika Anda tidak ingin melakukannya akan membantu Anda mendapatkan suasana hati yang lebih baik.” Suasana hati yang baik akan membuat semangat belajarmu meningkat atau tetap stabil. Untuk membuat hati selalu bahagia kamu butuh berekreasi, melakukan hobi, dan melakukan hal-hal menyenangkan lainnya.

5. Kenali Gaya Belajarmu

Untuk semakin mengenal gaya belajarmu, Kamu bisa mencobanya secara mandiri. Apakah kamu merasa nyaman saat belajar dengan cara membaca buku dengan gambar yang menarik? Apakah kamu merasa nyaman saat belajar sambil mendengarkan musik? Atau, apakah kamu merasa nyaman saat belajar sambil mencoret-coret, misalnya dengan membuat mind map? Tentu kamu lebih mengenal gaya belajar yang terbaik menurut kamu.

Atau, cobalah belajar dengan aneka variasi gaya belajar. Hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kebosanan.


Baca juga:

1. 6 Cara Memotivasi Semangat Belajar Anak PAUD Masa Kini

2. Ayo, Bangun Kepercayaan Diri Siswa saat Pembelajaran


6. Rajin Berolahraga

Sesibuk-sibuknya kamu dalam melakukan kegiatan belajar, tetaplah meluangkan waktu untuk berolahraga. Hal ini sangat membantu menjaga kebugaran tubuhmu. Bila kamu tidak memiliki waktu berolahraga, setidaknya kamu perlu melakukan aktivitas fisik di dalam rumah. Misalnya membersihkan kamar, merapikan buku, mencuci piring, dan lainnya.

Yuk, mengenal aneka olah raga agar makin semangat melakukan variasi olah raga yang menyehatkan dengan gim edukasi ini!

7. Belajar bersama Teman

Kamu bisa mengajak sahabatmu untuk belajar bersama di rumahmu. Atau sesekali kamu juga bisa berkunjung ke rumah sahabatmu untuk belajar di sana. Teknologi juga akan memudahkan kamu untuk bisa melakukan kegiatan belajar bersama. Kamu bisa menggunakan aplikasi zoom atau Google meet.

Saat belajar bersama teman, kamu akan lebih mudah dalam memahami materi pelajaran dan tentu saja proses dalam memahami materi pelajaran akan lebih mudah. Kamu bisa berbagi ilmu dan mendiskusikan materi yang masih kamu rasa sulit untuk dipahami.

8. Belajar dengan Media Teknologi

Dengan teknologi masa kini, kamu bisa menjelajah aneka situs pendidikan yang dilengkapi dengan fitur latihan soal, video edukasi, dan konten menarik lainnya. Manfaatkan perangkat komunikasimu untuk hal-hal positif. Aneka aplikasi juga bisa menjadi sarana belajar dan membuat karya yang menarik dan kekinian. Yang penting, kamu harus bisa membagi waktumu untuk melakukan kegiatan no screen time dan aktivitas fisik yang bisa membantu menstabilkan kebugaran tubuhmu.

Tetap semangat belajar Sobat Marbel! Bagaimanapun, setiap perkembangan ilmu, pengetahuan, keterampilan yang ada dalam dirimu akan menentukan masa depanmu, terutama demi keberhasilanmu dalam meraih cita-cita.


Sumber Referensi:

1. Ardendentalcare.com. Why having a smile on your face is healthy for your spirit [1]

2. Gopal, S. (2018). Why learning makes you more happy healthy and wealthy [2]

3. Helathy.kompas.com (2021). Berapa lama waktu tidur siang yang baik [3]

4. Freepik.com. (2022). Close up mixed race girl reading book [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.