Top

Variasi dan Kolaborasi Pembelajaran PAUD Berbasis Kesenian

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

19 Mei 2022

  |  

Edukasi

Kurikulum Merdeka Belajar memberi ruang bagi guru untuk bisa mengajarkan aneka ketrampilan dan pengetahuan baru dengan aneka kegiatan kesenian. Ada beberapa cabang kesenian yang kita yaitu, seni sastra, seni tari, seni musik, dan seni rupa. Kegiatan seni sangat disukai oleh anak-anak. Apalagi jika dalam proses pembelajaran anak didik mendapatkan kesempatan untuk mengikuti pembelajaran dengan sistem kolaburasi cabang seni. Cabang seni apa saja yang bisa dikolaburasikan dan menjadi kegiatan yang unik dan menyenangkan.

1. Musik dan Tarian

Salah satu kegiatan seni yang merupakan hasil kolaburasi antara cabang seni musik dan tarian adalah gerak dan lagu. Gerak lagu sudah menjadi suatu kegiatan pembelajaran yang banyak disukai anak-anak. Salah satu alasannya adalah karena anak bisa bernyanyi serta bermain musik, sambil bergerak. Gerak lagu dipercaya bisa membuat anak semakin cepat dalam memahami pelajaran, dan semakin baik dalam mengingat suatu materi pelajaran, misalnya saat anak meniru gerakan hewan, dan lainnya.

2. Seni Sastra dan Musik

Contoh kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan meminta anak untuk mendengarkan suatu lagu. Setelah itu, mintalah anak untuk menulis sebuah cerita sesuai dengan lagu yang baru saja diceritakan.

3. Seni Rupa dan Bercerita

Menceritakan gambar adalah salah satu kegiatan yang sangat sederhana dan menyenangkan. Gambar yang digunakan anak sebagai peraga bisa digambar sendiri oleh anak. Anak akan lebih bersemangat saat menceritakan karya mereka sendiri.

4. Seni Bercerita dan Bernyanyi

Gambaran dalam aktivitas ini adalah serupa dengan opera. Di dalam opera, seorang pemeran kadang bercerita namun kadang bernyanyi. Salah satu contoh kegiatannya adalah memberikan kesempatan kepada anak untuk bercerita tentang keindahan pelangi, proses terjadinya pelangi, dan lainnya, setelah itu anak menyanyikan lagu tentang pelangi.

5. Seni Berpuisi dan Bernyanyi

Secara umum, aktivitas ini hampir sama dengan aktivitas seni bercerita dan bernyanyi. Hanya saja, kegiatan bercerita diubah menjadi kegiatan berpuisi. Setelah anak selesai memperagakan atau membaca puisi, anak diperkenankan bernyanyi lagu dengan tema yang sesuai dengan puisi yang dibacakan. Pasti akan menjadi seni pertunjukan yang semakin menarik bila dipentaskan.

Di era teknologi yang berkembang sangat pesat ini, tentu saja masih banyak cabang seni yang bisa dikolaburasikan dengan cabang seni lainnya. Bila Anda ingin bergabung dengan kelas teknologi dan seni lainnya, bisa mencoba mengikuti kelas di gamelab.id. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar dan mengembangkan diri dengan memanfaatkan teknologi komunikasi. Siapa tau dengan bakat seni Anda, Anda bisa membuat suatu produk atau konten menarik yang bisa bermanfaat bagi banyak orang dan layak jual.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.