Top

Webinar SOLASIDO 6: Aman Bermain dengan Gadget bagi Anak Usia Dini

Oleh Kriezelda

  |  

24 Mei 2023

  |  

Event

Pada 05 Mei 2023 lalu, Educa Studio menggelar SOLASIDO (Sharing Online Asyik Educa Studio) yang keenam yang bertema Aman Bermain dan Belajar dengan Gadget bagi Anak Usia Dini bersama Sofia Nurinawati, M.Psi, Psikolog yang merupakan seorang psikolog anak dan remaja.

Seperti apa keseruan SOLASIDO kali ini? Yuk, simak artikel berikut ini hingga habis!

1B19DAB0-2599-4E85-B64C-3B9511FCA5C2

Pentingnya Memahami Manfaat dan Risiko Gadget pada Anak Usia Dini

Dalam SOLASIDO#6 ini, Sofia Nurinawati membahas pentingnya memahami manfaat dan risiko penggunaan gadget bagi anak usia dini. Beliau menjelaskan bahwa teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Anak-anak usia dini pun tidak terkecuali. Mereka tumbuh di tengah kemajuan teknologi yang pesat, dan gadget menjadi salah satu sarana yang digunakan dalam proses belajar dan bermain. Namun peran orang tua sangat penting untuk memastikan penggunaan gadget yang sehat dan efektif bagi anak-anak.

Penggunaan gadget oleh anak usia dini juga memiliki resiko dan dampak negatif yang perlu diperhatikan. Terlalu banyak waktu yang dihabiskan di depan layar gadget dapat menyebabkan anak kehilangan interaksi sosial secara langsung dengan teman sebayanya. Anak juga dapat terpapar konten yang tidak pantas atau tidak sesuai dengan usia si kecil jika tidak ada pengawasan yang tepat. Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan dapat mempengaruhi kualitas tidur anak, yang pada gilirannya dapat berdampak negatif pada kesehatan dan perkembangan mereka.

Oleh karena itu, peran orang tua sangat penting dalam mengawasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Memilih aplikasi dan konten yang sesuai dengan perkembangan anak menjadi langkah awal yang penting. Pastikan aplikasi dan konten yang dipilih mengikuti standar pendidikan dan pengembangan anak. Selain itu, penting untuk mengatur waktu penggunaan gadget agar tidak berlebihan. Anak-anak usia dini masih membutuhkan waktu yang cukup untuk bermain di luar ruangan, berinteraksi dengan lingkungan sekitar, dan memiliki waktu tidur yang cukup untuk pemulihan dan pertumbuhan yang optimal.

Intip beragam alat peraga edukasi dari Educa Studio yang bisa menjadi alternatif menarik:

645133F6-6274-4F9A-A7AB-07EB658CE3E4

Pengawasan Aktif dan Komunikasi Terbuka

Pengawasan aktif juga menjadikan kunci dalam memastikan keamanan dan penggunaan gadget yang tepat. Bunda harus selalu mengawasi si kecil saat menggunakan gadget dan terlibat dalam interaksi mereka dengan teknologi. Selain itu, Sofia Nurinawati juga menyoroti pentingnya komunikasi terbuka dengan anak-anak tentang penggunaan gadget yang sehat dan bertanggung jawab. Diskusikan dengan si kecil tentang manfaat dan batasan penggunaan gadget, serta bagaimana membedakan konten yang bermanfaat dengan yang tidak pantas.

Dalam acara online yang berlangsung kurang lebih satu jam, Sofia sebagai Psikolog anak dan remaja juga membagikan pengetahuan bahwa pemahaman dan kesadaran orang tua dalam menghadapi risiko penggunaan gadget pada anak usia dini sangatlah penting. Dengan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat, dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menghadapi dunia digital dengan bijak. 

Manfaatkan promo berlangganan mulai dari Rp 40ribuan saja, dengan klik gambar di bawah ini

 

Baca juga:

Hal Penting saat Orang Tua Meminta Maaf Kepada si Kecil

Penutup

Lewat kerjasama ini, SOLASIDO sebagai tempat bertukar informasi seputar dunia anak-anak, keluarga, dan pendidikan bagi para orang tua dan Guru bersama Kelola Kisah dapat memberikan manfaat yang besar bagi para peserta, terutama bagi para orang tua yang ingin membimbing anak-anak mereka.

Bagi Bunda-Bunda yang ingin memanfaatkan penggunaan gadget pada anak-anak, yuk unduh aplikasi belajar TK & PAUD sekarang! Dengan menggunakan aplikasi belajar dari Marbel anak-anak dapat belajar dengan cara yang menyenangkan. Berbagai materi telah disusun secara khusus untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran anak usia dini. Bunda dapat mengawasi dan memantau perkembangan belajar anak secara real-time.

Selain itu, ikuti terus SOLASIDO untuk dapatkan tips parenting terbaik untuk buah hati dengan cek jadwalnya di sini.

Sampai berjumpa di SOLASIDO berikutnya!

Bagikan artikel ini

Author :

Kriezelda

Kriezelda adalah seorang siswa SMK yang penuh semangat dan memiliki kegemaran dalam menulis dan membaca.