Top

5 Permainan Icebreaking Untuk PAUD TERBARU 2023

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Mei 2023

  |  

Edukasi

Anak-anak usia PAUD sangat menyukai permainan icebreaking, terutama sebagai kegiatan pembuka kelas. Dilansir dari Teaching.cornell.edu, dijelaskan bahwa manfaat dari aktivitas ini adalah untuk membantu menciptakan lingkungan yang santai; agar siswa memungkinkan untuk berbagi ide dan berpartisipasi lebih penuh di kelas. Inilah beberapa contoh permainan icebreaking terbaru yang sering dipraktikkan oleh guru PAUD tahun 2023.

Koleksi Lembar Kerja Anak Gratis - Unduh Gratis dengan Klik Gambar di Bawah Ini

 

1. Dengar Perintah dan Lakukan

Dalam permainan ini Guru memberikan perintah kepada siswa dengan instruksi yang singkat. Tugas siswa adalah melakukan gerakan sesuai instruksi yang diberikan oleh Guru. Manfaat dari permainan icebreaking ini adalah melatih fokus anak, melatih gerak refleks, dan mengembangkan kemampuan kognitif (khususnya dalam memahami bagian-bagian tubuh). Beberapa contoh instruksi yang bisa diberikan oleh guru antara lain:

  • Sentuh telingamu!
  • Tunjuk rambutmu!
  • Goyangkan bahumu!

Variasi dari permainan ini adalah memberikan instruksi tentang pengenalan ekspresi wajah. Guru bisa memberikan aneka perintah misalnya menangis, tertawa, marah, cemberut, dan lainnya. Tugas siswa adalah membuat ekspresi wajah sesuai instruksi yang diberikan oleh guru.

Buku Edukasi Cetak karya Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio: Media Edukasi Anak agar Tidak Kecanduan Gadget. Manfaatkan Printed Books sebagai Aktivitas “No Screen Time”.

 

2. Tepuk Tangan dengan Jari

Permainan ini mengajak siswa untuk melakukan tepuk tangan dengan satu jari, dua jari dan seterusnya. Syair yang bisa diucapkan siswa bersama guru saat melakukan aktivitas ini adalah sebagai berikut:

  • Tepuk tangan dengan dua jari.
    Tepuk tangan dengan empat jari.
    Tepuk tangan dengan enam jari.
    Tepuk tangan dengan delapan jari.
    Tepuk tangan dengan sepuluh jari.

Manfaat dari permainan ini adalah mengembangkan kemampuan anak dalam mengenal angka, terutama angka genap. Selain itu, dengan melakukan aktivitas ini siswa akan menjadi lebih bersemangat dalam belajar. Mengapa? Dilansir dari CNN.com, dijelaskan bahwa tepukan dapat mempertajam otak dan meningkatkan kinerja akademis anak.

Anda juga Bisa Menggunakan Lagu Edukasi sebagai Aktivitas Icebreaking yang fun. Temukan di aplikasi Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD.

 

3. Tepuk Nama Buah dan Sayur

Tepuk ini bermanfaat untuk melatih konsentrasi siswa dan mengembangkan pengetahuan siswa dalam mengenal nama-nama sayur dan buah. Saat guru mengucapkan nama buah, siswa harus bertepuk sebanyak satu kali. Saat guru mengucapkan nama sayur, siswa harus bertepuk sebanyak dua kali. Berikut ini adalah urutan aktivitas saat melakukan permainan ini:

  • Guru: Pisang!
    Siswa: Prok (bertepuk sebanyak satu kali)
  • Guru: Bayam!
    Siswa: Prok prok! (bertepuk sebanyak dua kali)

Aktivitas permainan icebreakung ini bisa divariasi dengan mengubah materi atau temanya. Misalnya pengenalan nama hewan ternak dan hewan buas atau pengenalan nama hewan air dan hewan darat.

MACACI (Gemar Membaca Sedari Kecil): Educa Studio hadir memberikan HARGA SPESIAL hanya Mulai dari Rp 40Ribuan untuk berlangganan aplikasi tersayang Belajar TK PAUD bersama Marbel.

 

4. Kata Kerja dan Kata Benda

Permainan ini bermanfaat untuk meningkatkan fokus siswa saat awal pembelajaran. Manfaat lain dari permainan ini adalah melatih keterampilan bahasa dan memperkaya kosakata.

Dalam permainan ini, guru mengucapkan nama kata kerja dan tugas siswa adalah mengucapkan kata benda yang berhubungan dengan kata kerja tersebut. Berikut ini adalah contoh atau daftar kata kerja dan kata benda yang berhubungan dengan kata kerja tersebut.

  • berlari dan sepatu
  • menghitung dan kalkulator / sempoa
  • makan dan sendok / piring / garpu
  • memasak dan kompor / panci
  • mencukur dan gunting / pisau cukur

Koleksi Dongeng Riri (Cerita Anak Interaktif): Koleksi Dongeng Pembangun Karakter Positif Anak ini Kini Hadir dalam Bentuk Podcast di Platform Pogo FM dan Noice.id

 

5. Menebak Gerakan Nama Pekerjaan

Selain melatih konsentrasi, permainan icebreaking ini juga bermanfaat untuk untuk memperkaya kosakata siswa. Tugas siswa adalah menebak gerakan yang dilakukan oleh guru. Guru bisa menentukan tema-tema kata atau gerakan yang harus ditebak siswa. Beberapa daftar kata yang memungkinkan untuk ditebak oleh siswa dengan tema pekerjaan berusia PAUD antara lain:

  • Guru
  • Polisi
  • Pemadam kebakaran
  • Dokter

Guru juga bisa memberikan tebakan yang lebih menantang, yaitu menebak gerakan dengan jawaban yang terdiri atas dua kata. Beberapa kata atau daftar kata dengan tema hewan yang memungkinkan untuk ditebak siswa dengan usia PAUD antara lain:

  • harimau makan
  • kelinci melompat
  • telinga gajah
  • lalat terbang
  • kucing tidur

Aneka Materi yang Bermanfaat sebagai Persiapan Anak Masuk PAUD dan SD Ada di Aplikasi “Marbel Pelajaran TK dan PAUD”.

 

Semoga koleksi icebreaking pembuka kelas ini bermanfaat untuk menambah semangat siswa PAUD di seluruh Indonesia, terutama di tahun 2023 ini!

Yuk, Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id. 

 

Sumber Referensi:

1. Cnnindonesia.com. (2023). Tepuk tangan yuk banyak manfaatnya ternyata [1]

2.  Teaching.cornell.edu. (2022). Icebreakers [2]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.