Top

KEGIATAN Harian ASYIK agar Anak TERAMPIL BERBICARA: untuk Kesiapan Masuk PAUD di Usia 1-2 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Apr 2024

  |  

Parenting

Anak-anak PAUD berusia 1-2 tahun tahun perlu mengembangkan keterampilan berbicara dan kosakatanya. Ayah Bunda yang memiliki buah hati berusia 1 tahun perlu memperhatikan hal ini, karena keterampilan berbicara merupakan dasar dari perkembangan bahasa dan keterampilan anak dalam berkomunikasi.

Baca juga:

Didik Anak Jadi Kaya Kosakata dan Terampil Bicara dengan 16 Kegiatan Ini | Untuk Usia 0-1 Tahun
7 Tips MUDAH agar Anak TERAMPIL BERBICARA dengan TATA BAHASA yang BAIK

Bila Si Kecil memiliki keterampilan berbicara yang baik, maka ia akan lebih mudah diterima teman sebaya / lingkungannya, lebih mampu mengungkapkan emosi, dan semakin mampu menyampaikan apa yang ia inginkan. Selain itu, Si Kecil juga akan semakin mampu berkembang dengan lebih pesat dalam hal keterampilan koginitifnya.

Inilah 21 Ide games atau permainan untuk mengembangkan keterampilan berbicara dan kosakata Si Kecil.

1. Menyanyikan Lagu Sebelum Tidur

Ajak Si Kecil bernyanyi lagu lulabi, misalnya Nina Bobo, Hush A Little Baby, Berdoalah Sebelum Tidur, dan lainnya. Saat Ayah Bunda menyanyikan lagu tersebut secara berulang-ulang, Si Kecil akan merekam aneka kosakata dan tata bahasa di dalam syair lagu.

2. Berbicara ketika Mandi

Saat memandikan Si Kecil, Ayah Bunda bisa mengajaknya berbicara. Sediakan mainan di dalam ember tempat Si Kecil mandi, agar Ayah Bunda memiliki bahan pembicaraan.

3. Mendongeng Singkat

Ajak Si Kecil mendongeng dengan kata-kata yang sederhana dan sesuai pemahaman Si Kecil. Hindari kosakata yang terlalu sulit atau kalimat yang terlalu panjang serta kompleks.

Kembangkan Keterampilan Berbicara Anak dengan Dongeng

4. Menirukan Suara Hewan

Ajarkan aneka suara hewan kepada Si Kecil. Sebutkan nama hewan yang baru saja ditirukan suaranya, agar Si Kecil semakin memahami aneka ragam hewan dengan mengenal suaranya.

5. Bermain Bersama

Ajak Si Kecil bermain bersama. Ajak Si Kecil melakukan percakapan saat bermain bersama.

6. Gunakan Gerakan dan Ekspresi

Saat berbicara kepada Si Kecil dalam kesehariannya, Ayah Bunda perlu menggunakan gerakan dan ekspresi agar ia belajar memahami suatu kalimat tidak hanya melalui kata-kata, tapi juga melalui bahasa tubuh.

Agar Makin Terampil, Ajak Si Kecil Mengerjakan Lembar Kerja Anak PAUD di Bawah ini:
- LKA Belajar Menulis
- LKA Belajar Mewarnai

7. Bernyanyi, Bergerak, dan Berekspresi

Ajak Si Kecil bernyanyi bersama. Gunakan gerakan dan ekspresi wajah untuk menyampaikan pesan yang terdapat di dalam syair lagu.

8. Membaca Buku Bersama

Pilih buku-buku sesuai usia anak. Buku bacaan anak usia 1 tahun, biasanya memiliki gambar dan tulisan yang besar. Kalimat yang digunakan dalam buku juga mudah dipahami.

Ajak Si Kecil membaca bersama dengan suara lantang dan jelas.

9. Berbicara dengan Kecepatan yang Sesuai

Gunakan kecepatan yang sesuai saat mengajak Si Kecil berbicara, maupun saat menceritakan sesuatu.

10. Pengulangan Kata-Kata

Ayah Bunda bisa mengulang kata-kata yang disampaikan kepada Si Kecil saat berbicara, terutama saat menyampaikan kata-kata yang baru atau sulit.

11. Bermain Gim Interaktif

Ajak Si Kecil bermain gim interaktif, misalnya tentang pengenalan hewan, warna, dan lainnya.

12. Mengucapkan Kata dengan Nada

Ajak Si Kecil mengucapkan suatu kata, terutama kata yang baru dengan nada. Ayah Bunda bisa menunjukkan bentuk atau ilustrasi yang mewakili kata tersebut.

13. Menanyakan Warna dan Bentuk

Saat mengajak Si Kecil bermain bersama, Ayah Bunda bisa memberikan pertanyaan kepada Si Kecil tentang warna atau bentuk dari mainan yang dimainkan olehnya.

14. Mengajarkan Kosakata dengan Metode Pengembangan

Ayah Bunda bisa mengajarkan suatu kata, lalu dikembangkan dengan mengajarkan kata-kata lainnya yang masih berhubungan. Misalnya, mengajarkan kata “Mama”, “Papa”, “Kakak”, dan lainnya.

15. Bermain Menunjuk dan Menyebutkan Nama Benda

Tunjuklah suatu benda, lalu mintalah Si Kecil menyebutkan nama benda tersebut. Bila ia merasa kesulitan, Ayah Bunda bisa membantunya dengan menyebutkan bunyi awalnya, atau “clue” lainnya, misalnya huruf awalnya.

16. Berkomunikasi saat Makan

Ajak Si Kecil untuk aktif berkomunikasi saat ia makan. Ayah Bunda bisa meminta Si Kecil menyebutkan perlengkapan makan atau nama-nama makanan.

17. Bercerita Dongeng Sederhana

Ceritakan sebuah dongeng sederhana kepada Si Kecil. Ajak pula Si Kecil berdiskusi atau bermain tebak-tebakan berhubungan dongeng yang baru saja ia dengar.

18. Menyebutkan Tubuh

Bagian tubuh adalah kosakata yang sangat dekat dengan Si Kecil. Ajarkan hal ini dengan menunjuk bagian tubuh Si Kecil, lalu meminta Si Kecil menyebutkan nama bagian tubuh tersebut.

19. Mengajarkan Kata Sifat

Gunakan benda nyata agar Si Kecil bisa memahami kata sifat, misalnya menyediakan dua bola yang berbeda warna dan ukuran. Mintalah Si Kecil menyebutkan kata “besar”, “kecil”, “merah”, “hijau” dan kata sifat lainnya sambil menunjukkan bola-bola tersebut.

20. Mengajarkan Nama Buah

Saat Ayah Bunda menyuapi Si Kecil buah-buahan. Ajak ia untuk menebak nama-nama buah yang ia makan. Ayah Bunda juga bisa menanyakan warna, bentuk, ukuran, dan kosakata lainnya yang berhubungan dengan buah.

21. Mengajarkan Kata Kerja

Ajarkan aneka kata kerja kepada Si Kecil sambil mempraktikkan gerakan-gerakan dalam kata kerja tersebut, misalnya bernyanyi, berlari, berjalan, dan lainnya.

Perlu Ayah Bunda pahami pula, bahwa kemampuan berbicara merupakan faktor penting agar Si Kecil semakin mampu berpikir kritis dan mengungkapkan jati dirinya kepada lebih banyak orang. Semoga Si Kecil semakin berkembang pesat, dan mampu membagikan ragam ilmu kepada orang seluruh dunia.


Sumber Referensi:

1. Raisingchildren.net.au. (2022). Ptalking play toddlers [1]

2. Weetalkers.com. (2022). 10 Communication games for toddlers [2]

3.Freepik.com. (2022). Asian mother daughter spending time together home [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.