Top

Kiat Menjadi Guru yang "Positif" di Segala Situasi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Jan 2022

  |  

Edukasi

Pandemi memberikan pengaruh negatif bagi segala sektor kehidupan. Tak hanya kesehatan, namun juga sektor ekonomi, sosial, pendidikan, dan kebudayaan.

Tugas seorang guru tidak hanya mencerdaskan, namun juga memberikan motivasi, inspirasi, dan energi positif kepada siswa. Sehingga anak didik tetap tumbuh maksimal, meski pandemi masih ada di sekitar kita.

1. Saat Membuka Pelajaran

Saat membuka pelajaran berikanlah senyuman terbaik kepada anak-anak didik, terutama saat salam diucapkan. Sapalah setiap nama anak-anak didik, tanpa ada yang dilupakan. Menyebut setiap nama-nama siswa dengan hati semangat suka cita, membuat anak-anak lebih semangat dari awal pelajaran.

2. Aktivitas Menarik di Awal Pelajaran

Aktivitas ini bisa berupa peragaan gerak lagu, bercerita, menonton film, tebak-tebakan, dan hal-hal menarik lainnya, yang bisa memacu semangat dan konsentrasi. Aktivitas-aktivitas ini diusahakan adalah aktivitas yang berhubungan dengan materi.

3. Jaga Stamina

Luangkan waktu berolahraga untuk menjaga kesegaran badan, meski hanya jalan-jalan di sekitar kampung atau perumahan. Jangan tidur terlalu larut malam, hal ini akan mempengaruhi kesehatan dan kebugaran saat pembelajaran.

4. Bijak dalam Mengelola Persoalan

Setiap manusia pasti memiliki persoalan. Entah persoalan berat atau pun ringan. Tampilkan wajah semangat dan ceria saat bertemu anak didik di pembelajaran. Saat pembelajaran ekspresi wajah tak boleh terlihat ada beban.  Bila memang ada persoalan, lebih baik segera diselesaikan.

5. Sejatinya Tugas Utama Guru adalah Belajar

Seorang guru tak boleh berpuas diri dengan ilmu yang dimiliki. Karena ilmu pengetahuan terus berkembang, seiring dengan perkembangan teknologi. Teruslah belajar agar semakin kreatif, memiliki wawasan yang kian luas, meski pendidikan sudah tinggi.

Semangat dan harapan memiliki energi tersendiri, yang bisa dibagikan kepada siswa dan siswi. Seperti seseorang yang selalu memiliki cita-cita, pasti akan selalu memiliki semangat untuk mencapai. Guru yang gemar belajar, bergerak, dan berenergi, bisa memberikan dampak yang memotivasi dan menginspirasi.

Apakah Anda seorang guru? Bagaimana menurut Anda agar tetap mampu menjadi pribadi yang positif di segala kondisi dan setiap waktu? Silakan bagikan pengalaman Anda di kolom komentar, siapa tau banyak guru yang akan terbantu.

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.