Top

Menanamkan Budaya Gemar Membaca di Sekolah Masa Kini

16 Januari 2022

Anak gemar membaca lebih utama daripada anak suka baca. Suatu kegemaran harus dipupuk, buka sesuatu yang bersifat memaksa. Sekolah, sebagai tempat anak belajar bisa menjadi sarana. Guru juga berperan sebagai panutan serta perantara, agar budaya gemar membaca bisa tumbuh di sekolah dan menjadi kebiasaan dimana pun siswa berada. Di zaman siswa sangat akrab dengan laptop, smartphone, dan sejenisnya, inilah cara menumbuhkan budaya gemar baca di sekolah.

Bagaimana caranya?

1. Sediakan Ruang Baca

Ruang baca bisa mejadi suatu fasilitas sekolah yang edukatif dan istimewa. Apalagi bila di sana, siswa bisa membaca diiringi alunan musik yang mereka suka. Sediakan pula, perangkat yang mempermudah siswa mencari judul buku yang mereka suka. Media komputer atau laptop dengan software khusus bisa menjadi sarana.

2. Luangkan Waktu Membaca untuk Siswa

Sediakan waktu semacam "free time" bagi siswa untuk membaca buku yang mereka suka. Meski siswa belum bisa baca, biarkan ia membuka buku, meski hanya sekedar melihat-lihat gambarnya. 

3. Bercerita tentang Buku yang Paling Disuka

Meski siswa belum bisa membaca, biasanya mereka bisa memahami isi buku meski hanya dengan melihat gambarnya. Berikan kesempatan bagi tiap siswa saat pembelajaran untuk bercerita perihal buku yang pernah ia baca atau yang paling disuka. Jangan lupa mencermati buku-buku atau judul buku apa yang paling digemari siswa.

4. Buku Elektronik dan Aplikasi Dongeng Gratis

Sebagai guru masa kini Anda harus paham akan banyaknya buku bacaan di dunia maya, baik dalam bentuk e-book atau pun aplikasi, yang bisa diunduh secara cuma-cuma. Unduhlah beberapa buku, dan kirimkan kepada siswa. Atau berikan rekomendasi link video dongeng atau aplikasi dongeng kepada orang tua. Agar mereka bisa membaca sendiri atau dengan pendampingan orang tua, kapan saja dan di mana saja. Aplikasi dan kanal Youtube "Riri Cerita Anak Interaktif" adalah contohnya.

5. Ruang Baca dan Rak Buku yang Rapi dan Dekoratif

Keindahan ruang baca dan rak buku sangat mempengaruhi "mood" membaca siswa. Sediakan Ruang Baca dan rak buku yang menarik serta tampat duduk yang nyaman, supaya siswa merasa senang dan kerasan berada di sana.

6. Adakan Kompetisi

Agar siswa semakin terpacu untuk membaca buku, adakanlah kegiatan lomba bercerita. Kegiatan lomba ini bisa menggunakan buku sebagai media.

Bagaimana dengan sekolah Anda? Sudahkah membudayakan gemar membaca di sana? Yuk bagikan pengalaman Anda di kolom komentar yang tersedia!

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis