Top

Permainan Anak Usia PAUD 2023 yang Asyik: Hanya Pakai Gelas Plastik

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Mei 2023

  |  

Edukasi

Media permainan adalah sarana belajar bagi anak usia PAUD yang Asyik. Bahan dasar yang digunakan dalam permainannya pun tidak terlalu susah ditemukan, yaitu dengan memanfaatkan bahan gelas plastik.

Dilansir dari Unep.org, dijelaskan bahwa polusi plastik dapat mengubah habitat dan proses alam, mengurangi kemampuan ekosistem untuk beradaptasi dengan perubahan iklim. Secara langsung, hal ini juga mempengaruhi mata pencaharian jutaan orang, kemampuan produksi pangan, dan kesejahteraan sosial.

Untuk Mengembangkan Kecerdasan dan Karakter Siswa, Anda bisa Mengajak Siswa Membaca Buku Cetak (Dongeng, Kisah Nabi, dan Aktivitas Anak) dari Educa Studio. Silakan klik DI SINI.

 

Pemanfaatan bahan limbah sebagai media untuk bermain bagi anak-anak usia PAUD adalah salah satu hal sederhana untuk mencegah dampak negatif dari penumpukan sampah plastik di lautan, yang dikenal dengan global warming.

Inilah beberapa permainan yang bisa dilakukan dalam keluarga, yaitu antara Ayah dan Bunda bersama Si Kecil. Permainan-permainan ini sangat sederhana, mudah disiapkan, dan praktis untuk diperagakan.

1. Menarik Cepat Kertas Origami

  • Alat dan Bahan

Siapkan 2 buah gelas plastik dan sebuah kertas origami yang agak tebal. Susunlah 2 gelas plastik di atas meja, dengan cara meletakkan sebuah kertas origami di antara susunan dua gelas plastik tersebut.

Baca juga: Family Game 2023 Cocok Untuk Anak Usia Playgroup. Game Nomor 3 Paling Seru!

  • Cara Bermain

Si Kecil harus bisa menarik cepat kertas origami tersebut tanpa ada keraguan. Bila Si Kecil bisa menariknya dengan cepat, biasanya gelas yang atas akan masuk ke dalam (bagian belakang) gelas di bawahnya.

  • Variasi Permainan

Menambah Jumlah Menara Gelas Plastik: Ayah dan Bunda bisa membantu SI Kecil menyiapkan 3 hingga 10 menara gelas plastik, lalu meminta Si Kecil untuk menarik setiap kertas origami pada setiap menara gelas. Kira-kira, berapa jumlah gelas plastik yang tidak terjatuh dan bisa tersusun rapi setelah menarik kertas origaminya?

Dongeng Riri: "Gadis Penjual Korek Api", Dongeng Keluarga Terbaik Sepanjang Masa

 

2. Memindahkan Gelas Plastik dengan Karet Gelang

  • Alat dan Bahan

- Siapkan 3 buah gelas plastik dan susunlah gelas plastik tersebut di atas sebuah meja. Ayah dan Bunda juga perlu menyiapkan 1 buah meja lagi sebagai tempat untuk meletakkan gelas plastik yang nantinya akan dipindahkan.

- Alat kedua yang tidak kalah penting adalah sebuah karet gelang yang dikaitkan dengan 4 buah tali (lihat gambar di bawah ini).

  • Cara Bermain

- Tugas Si Kecil adalah memindahkan gelas plastik dari meja 1 (berwarna biru) ke meja 2 (berwarna merah) dengan menggunakan sebuah karet gelang yang dikaitkan dengan tali.

Unduh Marbel "Pelajaran TK dan PAUD" dengan klik DI SINI

- Ayah atau Bunda bisa berpasangan dengan Si Kecil untuk memainkan aktivitas ini. Karena setiap pemain harus menahan 2 buah tali yang terikat pada karet gelang.

Marbel Permainan Angka: Tingkatkan Keterampilan Anak dalam Berhitung dan Mengenal Angka dengan Bermain Gim.

 

  • Variasi Permainan

- Menambah Jumlah Gelas Plastik: Untuk meningkatkan tantangan bagi Si Kecil, Ayah dan Bunda bisa menambah jumlah susunan gelas plastik.

- Mengatur Jarak Antar Meja: Ayah dan Bunda juga bisa mengatur jarak antar meja. Semakin jauh jarak antara meja 1 dan meja 2, maka permainan ini akan semakin menantang.

3. Meniup Gelas Plastik

  • Alat dan Bahan

Siapkan 5 buah gelas plastik dan susunlah gelas plastik tersebut di atas sebuah meja yang agak panjang.

  • Cara Bermain

Tugas Si Kecil adalah meniup gelas plastik tersebut agar terjatuh. Ayah dan Bunda bisa mengukur kecepatan Si Kecil dalam menjatuhkan setiap gelas plastik dengan cara meniupnya.

Marbel Olahraga: Aplikasi Gim Terbaik untuk Mengenalkan Aneka Olahraga pada Anak. Anak akan Makin Cinta Olahraga.

  • Variasi Permainan

- Kompetisi Meniup Gelas Plastik: Ayah dan Bunda bisa berkompetisi meniup gelas plastik. Siap cepat, dialah pemenangnya.

- Menambah Jumlah Gelas Plastik: Untuk meningkatkan tantangan bagi Si Kecil, Ayah dan Bunda bisa menambah jumlah susunan gelas plastik.

Hai Guru PAUD Indonesia… . Anda bisa mengajak siswa bernyanyi aneka lagu edukasi sesuai tema di aplikasi Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD

 

4. Menyusun Gelas Plastik

  • Alat dan Bahan

Ayah dan Bunda perlu menyiapkan 5 buah gelas plastik. Letakkan gelas plastik tersebut dengan posisi sejajar di atas meja (tidak ditumpuk/disusun).

Koleksi Lembar Kerja Anak Gratis - Unduh Gratis dengan Klik Gambar di Bawah Ini

 

  • Cara Bermain

Tugas Si Kecil adalah menyusun gelas plastik tersebut, sehingga membentuk sebuah menara. Untuk melatih kemampuan Si Kecil agar dapat mengerjakan tugas dengan cepat, Ayah dan Bunda bisa menggunakan timer. Berikan kesempatan kepada Si Kecil untuk mencobanya dan catat waktu yang tercepat.

Contoh bentuk menara yang bisa disusun oleh Si Kecil adalah seperti gambar di bawah ini.

  • Variasi Permainan

- Menambah Jumlah Gelas Plastik:  Tambahlah jumlah gelas plastik dengan jumlah yang lebih banyak. Kelipatan jumlah gelas plastik yang memungkinkan adalah 6, 10, dan 15. Semakin banyak jumlah gelas plastik yang digunakan, maka menara yang dibuat olehnya akan semakin tinggi.

- Kompetisi Menyusun Gelas Plastik: Ayah dan Bunda bisa mengajak SI Kecil untuk berkompetisi menyusun gelas plastik. Siapa cepat, ia akan menjadi pemenang.

Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Berlibur ke Puncak Pegunungan - Tema : Tamasya Itu Menyenangkan - Kurikulum Merdeka Belajar
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - Topik Alat Komunikasi, Media Cetak - Kurikulum Merdeka Belajar


 

Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id

 


Sumber Referensi:

1. Unep.org. (2022). Plastic Polution [1]

2. Freepik.com. (2022). Toddler learning math. [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.