Top

RPP PAUD Tema Bangsaku, Subtema Permainan Tradisional

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

24 Apr 2022

  |  

Edukasi

RPP Tema Bangsaku
Subtema Permainan Tradisional
Versi: Marbel, Blended Learning
untuk PAUD usia 4-5 dan 5-6 tahun (TK-A dan TK-B)

A. Tujuan Pembelajaran

1. Kognitif

a. Siswa mengenal aneka pulau di Indonesia
b. Siswa mampu menyebutkan nama-nama permainan daerah di Indonesia.
c. Siswa mampu menjelaskan manfaat melakukan permainan tradisional.

2. Ketrampilan dan karakter

a. Siswa dapat melakukan permainan tradisional sesuai aturan permainan.
b. Siswa dapat mempraktikkan kerja sama dalam kelompok.
c. Siswa semakin memahami makna yang terkandung dalam sila Pancasila, sila ke tiga.

B. Media Kegiatan

1. Craft

a. Kerajinan tangan "Peta Indonesia".
Kata Kunci di Google Search: Dunia Belajar Anak id Peta Indonesia
Sumber:
https://www.duniabelajaranak.id/aktivitas-paud-di-hari-kemerdekaan-dan-hari-maritim-ri/

b. Alat peraga "Permainan Dakon"
Kata Kunci di Google Search: Dunia Belajar Anak Kreasi Dakon
Sumber:
https://www.duniabelajaranak.id/craft/kak-zepe-membiat-dakon-dari-limbah-barang-bekas971/


2. Lagu

a. Lagu berjudul "Berkibarlah Benderaku"
Kata Kunci di Youtube Search: Educa Studio Berkibarlah Benderaku
Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=XUN1NwAZXzI&list=PLd3tTF7IpC6puAjXs2m_IwSM5gOqFH21j&index=4

b. Lagu berjudul "Pak Pilot Bawa Aku Terbang"
Kata Kunci di Youtube Search: Educa Studio Pak Pilot
Sumber:
https://www.youtube.com/watch?v=fB9Cjyavq-Y&list=PLd3tTF7IpC6puAjXs2m_IwSM5gOqFH21j&index=37


3. Game

a. Marbel Belajar Budaya Nusantara
Kata Kunci di Google Playstrore Search: Marbel Budaya Nusantara
Sumber:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.marbelbudayanusantara

 

4. Dongeng

a. Cerita anak berjudul "Layang-Layang Kreatifku"
Kata Kunci di Google Playstore Search: Dongeng Riri Layang-Layang
Sumber:
https://play.google.com/store/apps/details?id=com.educastudio.ririkreatif2

 

C. Urutan Kegiatan (Kegiatan Pembuka, Inti, dan Penutup)

a. Kegiatan Pembuka

a. Siswa dan guru saling menyapa
b. Siswa dan guru berdoa bersama
c. Siswa dan guru bernyanyi lagu pembuka : "Pak Pilot Bawa Aku Terbang"
d. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang lagu tersebut.
e. Siswa menjelaskan apa yang di lihat saat menaiki pesawat terbang.
f. Siswa memahami bahwa salah satu yang dilihat adalah aneka pulau di Indonesia.

b. Kegiatan Inti

a. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang nama-nama pulau di Indonesia.
b. Siswa menyebutkan nama-nama pulau tempat mereka berasal dan mereka tinggali sekarang.
c. Siswa melakukan persiapan membuat kreasi "Peta Indonesia".
Link: https://www.duniabelajaranak.id/aktivitas-paud-di-hari-kemerdekaan-dan-hari-maritim-ri/

d. Siswa mengumpulkan kreasi "Peta Indonesia" yang telah selesai dikerjakan.
e. Siswa menyebutkan aneka permainan tradisional di Indonesia.
f. Siswa menonton dongeng berjudul "Layang-Layang Kreatifku".
g. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang dongeng tersebut.
h. Siswa bermain salah satu permainan tradisional.
i. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang cara membuat alat peraga "permainan dakon".
Link: https://www.duniabelajaranak.id/craft/kak-zepe-membiat-dakon-dari-limbah-barang-bekas971/

j. Siswa memperagakan permainan dakon.
k. Siswa menjelaskan manfaat permainan dakon.


c. Kegiatan Penutup

a. Siswa menjawab pertanyaan guru tentang apa saja yang telah dipelajari di subtema "Permainan Tradisional".
b. Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang pentingnya makna kerja sama dan persatuan di Indonesia.

c Siswa menerima penugasan dari guru, yaitu:
a). Belajar di rumah dengan bermain dengan aplikasi game "Marbel Budaya Nusantara"
     Manfaat: Agar siswa memahami aneka budaya di Indonesia lainnya (tarian, makanan, dan senjata tradisional)
b). Membuat video penampilan siswa melakukan permainan tradisional.

 

Catatan:

1. Kegiatan membuat kreasi craft bisa dikerjakan di rumah
2. Presentasi dilakukan setelah siswa menyelesaikan tugasnya.
2. Penugasan dengan media aplikasi game "Marbel Budaya Nusantara"
bisa dilakukan di rumah dengan bimbingan orang tua.
Kedua aplikasi di atas bisa di-download secara gratis di "Google Playstore"
3. RPP ini bisa digunakan untuk usia 4-5 dan 5-6
4. Penyesuaian kegiatan sesuai usia bisa dilakukan saat mengajak siswa
membuat kreasi kerajinan tangan Usia TK A membuat kreasi lebih mudah,
sedangkan usia TK-B membuat kreasi yang lebih menantang

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.