Top

20 Ide Belajar Bentuk & Warna Anak PAUD Usia 1-2 Tahun: Metode yang Kreatif, Menyenangkan dan Variatif

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

06 Apr 2024

  |  

Edukasi

Mengajarkan bentuk dan warna kepada anak usia 1-2 tahun membutuhkan pendekatan yang kreatif, menyenangkan, dan variatif. Pembelajaran yang kreatif akan mampu membuat anak didik semakin optimal dalam mengembangkan daya imajinasi dan kecerdasannya. Pembelajaran yang menyenangkan akan membuat anak didik tidak cepat merasa bosan. Pembelajaran yang variatif akan membuat anak didik merasa tidak terbebani dengan aktivitas yang diikuti.

Inilah beberapa mengajarkan bentuk dan warna untuk anak PAUD berusia 1-2 tahun tersebut:

1. Media Lagu Edukatif

Lagu-lagu tempo dulu yang bisa digunakan sebagai media mengajarkan bentuk dan warna adalah “Balonku Ada Lima”. Anak bisa belajar tentang balon yang berbentuk bulat dan warna-warni.

2. Mainan Edukasi

Mainan yang memiliki aneka bentuk dan warna yang variatif sangat direkomendasikan; beberapa contoh mainannya antara lain: mainan balok, puzzle (terutama bertema geometri), dan lainnya.

3. Melukis

Bantu anak didik menggambar aneka bentuk geometri. Lalu, mintalah ia mewarnainya dengan warna yang beragam.

4. Bermain Pasir

Siapkan cetakan dengan aneka bentuk dan warna. Mintalah anak didik untuk mengisinya dengan pasir. Pastikan setiap anak didik mendapatkan cetakan yang berbeda bentuk dan warna.

5. Bermain dengan Benda di Sekitar

Tunjuk atau sentuh sebuah benda yang memiliki bentuk geometri yang jelas, misalnya ubin berbentuk persegi. Lalu, mintalah anak didik menyebutkan bentuk dan warnanya.

6. Bermain Flashcard

Siapkan flashcard yang memiliki gambar berwarna dan memiliki gambar bentuk geometri yang jelas. Disarankan pula, kartu yang dimainkan berukuran besar, misalnya kartu berukuran 210 mm x 297 mm.

7. Jalan-jalan Sambil Belajar

Ajak anak-anak didik jalan-jalan di luar ruangan atau di luar sekolah. Tunjuk sebuah benda, misalnya balon, dan mintalah anak-anak didik menyebutkan warnanya.

8. Menceritakan Dongeng

Salah satu contoh judul dongeng yang bagus untuk belajar bentuk dan warna adalah “Si Kecil Penyihir dan Bola Ajaib”. Berikut ini contoh penggalan ceritanya:

“Di sebuah hutan yang penuh dengan warna-warni, hiduplah si kecil penyihir yang sangat suka belajar. Suatu hari, dia menemukan sebuah bola ajaib yang bisa berubah warna dan bentuk.”

“Setiap kali dia menyentuh bola itu, warna dan bentuknya berubah. Si kecil penyihir belajar mengenal bentuk dan warna dengan bermain bersama bola ajaib itu.”

Aneka Koleksi Dongeng Anak Masa Kini, RIRI, Cerita Anak Interaktif): Unduh Aplikasinya Sekarang

 

9. Buku Bergambar

Salah satu contoh buku bergambar yang terkenal di luar negeri berjudul "Brown Bear, Brown Bear, What Do You See?" yang ditulis oleh Bill Martin Jr. dan Eric Carle

Buku ini menggambarkan berbagai hewan dengan warna-warna cerah yang menarik perhatian anak. Setiap hewan memiliki warna dan bentuk yang berbeda, sehingga cocok untuk membantu anak mengenal warna dan bentuk sederhana.

10. Menyelesaikan Misi

Berikan sebuah misa kepada anak didik, misalnya menemukan jam yang berbentuk persegi dan berwarna merah (pastikan benda tersebut sudah disiapkan di lingkungan sekolah). Ajak anak didik jalan-jalan di lingkungan sekolah, sampai mereka dapat menemukannya.

11. Menyelesaikan Lembar Kerja Anak

Ajak anak didik menyelesaikan lembar kerja anak atau LKA tentang bentuk dan warna dengan aneka tugas yang menarik dan bervariasi.

Dapatkan GRATIS Lembar Kerja Anak tentang Mewarnai Aneka Benda dan Obyek Lainnya, Misalnya:

- Detektif Benda Alat Tranportasi

- Detektif Benda Cari Pakaian

- Warna-warni Bendera Dunia Huruf N

- Profesi dan Peralatan Kerjanya

Baca juga:

20 Ide Bermain tentang Bentuk dan Warna Anak PAUD Usia 2-3 Tahun

12. Memasangkan Warna

Ajak anak didik memasangkan aneka mainan yang memiliki bentuk dan warna yang sama.

13. Bermain dengan Kertas Berwarna

Gambarlah aneka bentuk geometri di atas kertas berwarna (misalnya kertas asturo). Lalu, ajak anak didik untuk memotongnya, sehingga menghasilkan potongan-potongan bentuk geometri dengan warna yang berbeda.

Anda juga bisa meminta anak didik untuk menempelkan potongan bentuk tersebut di atas kertas HVS, bisa dikelompokkan berdasarkan persamaan bentuk atau warnanya.

14. Menyortir Benda

Beberapa benda yang bisa disortir berdasarkan bentuk atau warnanya antara lain, kancing baju, spidol, karet gelang, penghapus warna-warni, dan lainnya.

15. Menggambar

Mintalah anak didik menggambar aneka bentuk menggunakan crayon dengan warna yang bervariasi.

16. Bermain dengan Pasir Kinetik atau Playdough

Ajak anak-anak didik bermain menggunakan pasir kinetik atau playdough dengan warna bervariasi. Lalu, mintalah mereka membuat aneka bentuk dengan media bermain tersebut.

17. Bermain dengan Karet Gelang

Karet gelang terbuat dari bahan yang elastis. Bisa dibuat bentuk persegi, lingkaran, segitiga, dan lainnya. Gunakan karet gelang untuk bermain tebak-tebakan bentuk dan warna.

18. Bermain dengan Bola Warna-warni

Mintalah anak didik memasukkan bola berwarna merah ke dalam kotak yang ditempeli gambar persegi berwarna merah.

19. Bermain dengan Kain Flanel

Ajak anak didik menggunting kain flanel yang bergambar aneka bentuk geometri.

20. Bermain Stiker

Gunakan stiker berwarna-warni. Mintalah anak didik menempelkan stiker berwarna merah pada benda berwarna merah yang ada di kelas.

Anak-anak memiliki cara belajar yang bervariasi, ada visual, kinestetik, dan auditori. Variasi metode belajar di atas pasti akan sangat berguna untuk membuat setiap siswa belajar dengan hati gembira dan wajah berseri.


Sumber Referensi:

1. Bbelc.do.nz. (2022). Todller colours and shapes [1]

2. Youthlandacademy.com. (2022). Teach toddler colors shapes [2]

3. Adam-mila.com. (2022). Sorting matching shapes colors [3]

4. Freepik.com. (2022). Portrait kid cute asian girl [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.