Top

5 Ide Aktivitas PAUD Terbaru 2023 untuk Meriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-78

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

31 Mei 2023

  |  

Edukasi

Banyak guru PAUD sudah mencari-cari ide aktivitas terbaru dan seru untuk diajarkan kepada para siswa untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang ke-78. Aktivitas seru dan bervariasi akan membuat siswa semakin bersemangat dalam merayakan hari raya tingkat nasional ini. Selain sebagai sarana edukasi, aneka aktivitas ini tentu saja bermanfaat untuk mengembangkan rasa cinta tanah air dan semangat nasionalisme anak Indonesia.

Inilah beberapa aktivitas menarik yang bisa menjadi pilihan untuk diajarkan dan diperagakan saat pembelajaran atau acara perayaan HUT Kemerdekaan RI di sekolah. Yuk, kita simak bersama!

1. Kerajinan Tangan Bernuansa Bendera Indonesia

Aktivitas ini bermanfaat untuk mengembangkan kreativitas dan daya imajinasi anak. Di momen spesial, yaitu peringatan kemerdekaan RI, aktivitas kerajinan tangan dengan bahan-bahan bernuansa dan berwarna merah putih sangat baik untuk diajarkan kepada siswa. Hasil karya kerajinan tangan bisa memupuk rasa cinta tanah air siswa, selain itu bisa juga dimanfaatkan sebagai dekorasi kelas.

Beberapa contoh kreasi yang bernuansa merah putih antara lain:

Lembar Kerja Anak (LKA) Gratis: Dapatkan dengan Klik di SINI.

 

2. Bermain Puzzle Bernuansa Kebangsaan

Sediakan alat peraga atau mainan puzzle bernuansa kebangsaan, misalnya puzzle bergambar:

Tutorial pembuatan puzzle bisa dibaca di platform Duniabelajaranak.id

 

 

Bermain “Marbel Puzzle Shape”: Media Belajar Interaktif yang Bisa Diunduh Gratis. Agar Anak Makin Mengenal Aneka Bentuk dan Geometri.

3. Mewarnai Gambar

Aktivitas ini sangat disukai siswa PAUD. Bukan hanya karena praktis dan mudah disediakan secara mandiri atau tidak perlu membeli (bisa dicetak sendiri), aktivitas ini juga bermanfaat untuk mengembangkan daya kreativitas. Siswa juga akan belajar mengekspresikan ide-idenya saat memilih warna yang mereka suka.

Beberapa tema menarik media mewarna yang bisa ditemukan di platform Google Image antara lain:

Buku Berjudul "Aku Pintar Mewarnai": Bisa didapatkan di Grasindo

 

4. Melakukan Upacara Bendera

Di sekolah ada banyak siswa yang berasal dari aneka ragam budaya dan suku. Upacara bendera adalah salah satu aktivitas yang memperkuat persatuan bangsa Indonesia di lingkungan sekolah. Selain itu, aktivitas ini juga mengembangkan sikap disiplin, tertib, serta jiwa kepemimpinan; dan memperkuat semangat kerja sama.

Dongeng RIRI berjudul “Legenda Si Pitung”: Dongeng legendaris yang Bisa Menumbuhkan Semangat Nasionalisme Anak Indonesia.

5. Melakukan Tepuk Bertema Bangsa Indonesia

Aktivitas bertepuk tangan bermanfaat melancarkan sirkulasi darah ke otak. Itulah mengapa, siswa usia PAUD dan TK perlu melakukan aktivitas ini agar memiliki daya ingat yang tajam.

Inilah salah satu contoh aktivitas bertepuk tangan yang cocok diperagakan bersama siswa saat peringatan kemerdekaan Indonesia:

  • Indonesia (prok prok prok)
    Negaranya (prok prok prok)
    Merah putih (prok prok prok)
    Benderanya (prok prok prok)
    Pancasila (prok prok prok)
    Dasar negara (prok prok prok)
    Pak Jokowi (prok prok prok)
    Presidennya (prok prok prok)
    Aku cinta (prok prok prok)
    Indonesia YES YES YES

Baca juga:
1. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Pahlawan Kemerdekaan RI
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik: Perlombaan di Hari Kemerdekaan RI

6. Menyanyikan Lagu Bertema Cinta Tanah Air

Guru PAUD perlu mengajarkan lagu-lagu bertema cinta tanah air pada siswa PAUD. Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan siswa, yaitu mengembangkan kecerdasan kognitif, mengasah kecerdasan musikal, dan memupuk rasa cinta pada tanah airnya. Beberapa judul lagu ini bisa menjadi referensi:

Anda juga Bisa Memilih Lagu Edukasi Tema Bangsaku di aplikasi Koleksi Lagu Anak Tematik TK dan PAUD

 

Pengenalan kepada aneka budaya bangsa adalah salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta tanah air anak. Marbel Budaya Nusantara adalah salah satu gim dan media belajar yang edukatif dan ramah anak yang bisa dimainkan bersama siswa PAUD di Indonesia. Silakan diunduh dengan klik gambar di bawah ini! Semoga bermanfaat.


Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitas Si Kecil Sejak Dini bersama Kelas Kreatif Gamelab.id

 

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.