Top

8 Kegiatan Liburan Edukatif yang Bisa Dilakukan di Rumah. Apa Saja?

19 September 2022

Kegiatan liburan ke luar kota adalah hal seringkali ditunggu oleh anak-anak. Inilah saat di mana anak-anak bisa melakukan aktivitas yang mereka inginkan. Namun, persoalan finansial, keamanan, ataupun kesehatan bisa menjadi halangan bagi orang tua untuk melakukan kegiatan ini.

Keisha Fleming, seorang pakar parenting, mengatakan bahwa orang tua perlu sering menghabiskan banyak waktu dan melakukan banyak aktivitas menyenangkan yang dapat membuat pikiran dan tubuh anak tetap aktif. Di sisi lain, orang tua juga perlu memastikan bahwa si kecil tetap aman, terlindungi, serta terhindar dari suatu masalah ketika melakukan aktivitas tersebut.

Berikut adalah beberapa kegiatan liburan yang edukatif, menyenangkan, dan bisa diaplikasikan di rumah:

1. Bermain di Dalam Rumah

Beberapa permainan yang bisa dimainkan oleh anak bersama orang tua di dalam rumah adalah bermain monopoli, kartu uno, kartu remi, catur, puzzle, block gameboard-game, dan aneka permainan lainnya. Selain murah, bermain permainan seperti ini bisa menjadi kesempatan bagi orang tua untuk berinteraksi, berbagi cerita, dan belajar bersama anak.

2. Bermain di Luar Rumah

Permainan ini biasanya dilakukan di pekarangan rumah atau di taman sekitar rumah. Contoh permainan yang bisa dilakukan adalah bermain sepak bola, lempar tangkap bola, kejar-kejaran, petak umpet dan lainnya.

Agar anak bisa bermain dengan hati yang lebih senang, orang tua bisa mengajak saudara sepupu, anak tetangga, atau teman sekolah untuk berkunjung ke rumah Anda. Tentu saja, hal ini sekaligus bisa menjadi sarana pengembangan kecerdasan sosial anak.

3. Berkebun dan Merawat Tanaman

Ada banyak kegiatan berkebun yang memiliki nilai edukasi, misalnya menyiram tanaman, memetik atau memanen buah, mencabut rumput atau ilalang, menanam tanaman, dan menyapu taman. Manfaat dari kegiatan ini adalah menambah pengetahuan anak tentang aneka flora, meningkatkan daya tahan tubuh, mengembangkan motorik anak, mengembangkan kecerdasan natural, serta menguatkan rasa empati anak pada kelestarian lingkungan.

4. Menonton Film Edukasi

Siapkan beberapa pertanyaan sebagai quiz sebelum mengajak anak menonton film. Pertanyaan yang diajukan tentu hal-hal yang berhubungan dengan film yang akan ditonton anak. Selain itu, orang tua juga bisa memberikan reward kepada sang buah hati bila ia berhasil menjawab pertanyaan tersebut.

Apapun filmnya, anak-anak pasti akan lebih semangat dan fokus untuk menonton film sampai usai dengan adanya tantangan dan apresiasi tersebut. Educa Studio telah banyak merilis berbagai judul video atau film animasi dongeng. Silakan ditonton di kanal Youtube, dengan meng-klik Riri, Cerita Anak Interaktif.

5. Kegiatan Berkemah

Bila Anda memiliki pekarangan di depan atau di belakang rumah yang cukup luas, Anda bisa melakukan kegiatan ini bersama sang buah hati. Siapkan pula aneka kegiatan menarik, misalnya membacakan buku dongeng, bermain teka-teki, menikmati cemilan, makan malam, ataupun kegiatan lainnya.

Agar anak terlatih untuk melakukan kerja sama dan mengembangkan kemandiriannya, orang tua bisa mengajak anak mendirikan tenda dan menyiapkan segala perlengkapan secara bergotong-royong. Dari sini, anak pasti akan banyak belajar beragam keterampilan dengan hati yang gembira.

6. Memasak Bersama

Kegiatan ini bisa diaplikasikan secara bersamaan dengan kegiatan berkemah. Saat mempersiapkan alat-alat masak, biasanya anak bisa melakukannya dengan lebih baik dan aman. Namun, saat melakukan kegiatan memasak, tentu saja anak sangat membutuhkan pengawasan ekstra dari orang tua.

Orang tua perlu memberikan instruksi yang jelas saat mengajak anak berperan aktif dalam kegiatan memasak bersama. Tujuannya adalah agar anak terhindari dari panasnya api dan panasnya peralatan memasak yang terkena api (misalnya kompor, wajan, panci, dan lainnya).

7. Membuat Kerajinan Tangan

Manfaat dari membuat kerajinan tangan adalah mengembangkan daya imajinasi dan kreatifitas anak. Selain itu, beberapa kerajinan tangan bisa melatih motorik halus, serta mengembangkan kecerdasan emosi dan seni anak.

Ada banyak ragam kerajinan tangan telah diterbitkan oleh Educa Studio di dalam website Dunia Belajar Anak. Untuk menemukannya, Anda bisa mengunjungi Dunia Belajar Anak.

8. Menjelajah Angkasa

Orang tua bisa mengajak anak mengamati angkasa dari sekitar rumah. Orang tua bisa mengajak anak ke atas loteng rumah atau pekarangan rumah untuk bisa melihat langit dengan leluasa. Orang tua bisa mengajak anak mengenal aneka benda angkasa, mengenal aneka rasi bintang dan melacak posisi planet atau bintang.

Ada banyak aplikasi menarik seputar luar angkasa yang bisa membantu Anda menemukan posisi bintang dan mengenal beragam benda angkasa, misalnya Star Tracker, Nasa, Night Sky Guide, dan lainnya. Anda juga bisa mengajak anak bermain sambil belajar tentang luar angkasa menggunakan aplikasi Marbel Tata Surya dari Educa Studio.


Sumber Referensi:

1. Fleming, K. (2022). Free summer activities for kid [1]

2. Emile Education. (2021). Home learning activities with emile [2]

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis