Top

Belajar Topik Panca Indera jadi Lebih Seru dengan Aneka Aktivitas Merdeka Ini

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

03 Ags 2023

  |  

Edukasi

Panca indera adalah bagian tubuh penting yang dimiliki oleh manusia. Bagi siswa usia TK - PAUD, pembelajaran tentang lima bagian badan terpenting manusia adalah salah satu topik menarik. Dengan media belajar yang menarik, siswa-siswi TK - PAUD akan lebih bersemangat dalam belajar.

Marbel BELAJAR TK DAN PAUD: Membuat Si Kecil Semakin Cerdas dan Berkarakter dengan Media Gim Asyik.

 

Mari kita simak, aneka aktivitas dan menarik untuk belajar panca indera.

1. Tepuk PANCA INDERA

Tepuk ini mengajarkan kepada siswa tentang aneka macam panca indera. Dengan mengajarkan tepuk ini kepada siswa, ia akan mendapatkan kesempatan untuk belajar kapan pun dan di mana pun. Siswa akan lebih cepat menghafalkan aneka panca indera.

Syair tepuk:

Ini lidah (tepuk 3x)
Ini kulit (tepuk 3x)
Ini mata (tepuk 3x)
Ini hidung (tepuk 3x)
Ini teling (tepuk 3x)
Panca indera (tepuk 3x)
Ada lima (tepuk 3x)

Baca juga:
1. RPP PAUD Tema Diri Sendiri (Diriku) Subtema Identitas Diriku
2. Modul Ajar dan RPPH PAUD - TK, Topik : Ekspresi Wajahku

2. Lagu DUA MATA SAYA

Mata, telinga, dan mulut adalah panca indera yang disebutkan dalam syair lagu ini. Lagu ini bisa diajarkan kepada siswa-siswi saat mereka belajar dengan topik panca indera.

Syair lagu:

Dua mata saya, hidung saya satu
Dua kaki saya pakai sepatu baru
Dua telinga saya, yang kiri dan kanan
Satu mulut saya tidak berhenti makan

3. Lagu POK AME AME

Makan dan minum adalah aktivitas sehari-hari yang mengharuskan manusia menggunakan indera pengecap. Lagu POK AME AME bisa menjadi media belajar panca indera yang seru dan menyenangkan.

Syair lagu:

Pok ame ame
Belalang kupu-kupu
Siang makan nasi
Kalau malam minum susu

4. Marbel RUMAH SAKIT

Di dalam gim ini, siswa bisa belajar cara menjaga kesehatan aneka panca indera dan bagian tubuh lainnya. Aplikasi gim ini adalah karya cipta dari Bapak Andi Taru bersama tim Educa Studio.

5. Marbel BAGIAN TUBUH

Aplikasi gim ini mengajarkan kepada siswa tentang aneka panca indera dan bagian tubuh manusia. Siswa akan semakin mudah menghafalkan aneka panca indera dan bagian tubuh lainnya beserta dengan manfaatnya.

6. Dongeng: TERSESAT DI PIRAMIDA

Levi sedang berlibur ke Mesir bersama Ayah. Ia mengunjungi piramida. Di dalam piramida, Levi tersesat. Di dalam kegelapan, Levi membutuhkan penerang, agar ia bisa melihat keadaan ruangan di dalam piramida.

Di dalam dongeng ini, guru bisa mengajarkan kepada siswa bahwa media penerangan sangat dibutuhkan agar mata kita bisa melihat dengan baik dan jelas. Mata adalah salah satu bagian dari panca indera.

7. Dongeng: KISAH RAJA PARKIT YANG CERDIK

Burung Parkit memiliki suara yang sangat merdu. Suara burung parkit yang merdu terdengar oleh sang pemburu. Di sinilah keseruan dongeng ini dimulai. Melalui dongeng ini, siswa akan belajar manfaat telinga sebagai indera pendengaran.

Poster dan Aneka Kartu Belajar Tema Bagian Tubuh: Bisa Diorder di Toko Marbel Junior

8. Marbel: KEBIASAAN BARU

Panca indera adalah bagian tubuh yang penting dan sangat bermanfaat dalam aktivitas harian kita. Namun, terkadang mata, hidung, dan mulut bisa menjadi bagian tubuh tempat masuknya virus.

Aplikasi gim ini mengajarkan kepada siswa tentang cara menjaga kesehatan tubuh, termasuk menjaga kesehatan aneka panca indera.

9. Craft: ANAK MEMBACA BUKU

Kreasi kerajinan tangan ini berbentuk seorang anak yang sedang membaca buku. Bahan utama dari kreasi ini adalah kertas warna (kertas asturo). Anda perlu menyediakan kertas asturo dengan gambar mata, tangan, tubuh, dan buku.

Tugas siswa adalah menggunting rapi kertas asturo sesuai dengan bentuknya. Setelah mendapatkan bentuk mata, tangan, tubuh, dan buku, tugas siswa adalah menempel setiap bentuknya di atas kertas HVS.

10. Mewarnai Gambar

Aneka lembar belajar mewarnai dengan tema panca indera bisa ditemukan di platform Google Image. Tugas siswa adalah mewarnai gambar dengan rapi.

11. Lembar Kerja Anak (LKA) Gunting Tempel

Aktivitas ini bermanfaat untuk mengembangkan motorik halus siswa. Tugas siswa adalah menggunting bagian dari Lembar Kerja Anak berbentuk mata, hidung, dan jenis panca indera lainnya ke bagian lembar lainnya yang bergambar bentuk wajah.

LKA Gratis dari Educa Studio: Bisa Diunduh di Platform Educa Studio

Demikian, ragam aktivitas dan permainan seru yang bisa menjadi pilihan guru sebagai media mengajar topik panca indera. Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Freepik.com (2022). Female psychologist helping girl speech therapy [1]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.