Top

Hal-Hal yang Perlu Guru PAUD Pemula Pahami Saat Mengajar

21 Juni 2022

Mengajar anak-anak PAUD memang gampang-gampang susah. Gampangnya, anak-anak masih hanya perlu belajar materi-materi yang sederhana. Hal ini membuat guru PAUD tidak perlu belajar materi, apalagi berbau hafalan, yang begitu banyak. Namun, tentu saja yang namanya anak-anak perlu cara yang efektif dan menyenangkan, agar mereka bisa menikmati setiap pelajaran atau aktivitas yang kita berikan.

Apa saja hal-hal yang perlu Guru PAUD pahami agar lancar dan mengesankan saat mengajar anak-anak? Penting banget nih, buat guru PAUD pemula!

1. Siapkan Permainan

Guru PAUD harus mengenal banyak permainan. Ada banyak jenis permainan yang perlu dikenal oleh pendidik PAUD, yaitu permainan dengan peraga dan tanpa alat peraga. Ada pula permainan sambil bernyanyi, permainan di dalam ruangan, permainan di luar ruangan, dan permainan lainnya. 

2. Perlunya Belajar di Alam Bebas

Alam adalah media belajar yang langsung disediakan oleh Tuhan. Alam bisa menjadi tempat belajar yang menyenangkan. Alam bebas menjadi variasi tempat belajar, setelah anak-anak jenuh belajar di dalam kelas. Alam juga bisa memberikan kesegaran dan kebugaran bagi tubuh anak. 

3. Anak-Anak Suka Belajar dengan Bernyanyi

Lagu edukasi bisa menjadi media efektif dalam mengajar anak. Ada lagu yang khusus diciptakan sebagai media belajar baca dan hitung, mengandung materi tematik yang sesuai dengan kurikulum PAUD, media gerak dan lagu, media penyemangat di awal kelas, dan aneka manfaat lainnya. Guru PAUD perlu menguasai semakin banyak lagu dan memahami manfaat setiap lagu, agar bisa mengajarkan lagu anak yang tepat kepada anak-anak didik.

4. Belajar Berkelompok adalah Aktivitas Menyenangkan

Di masa pandemi, anak-anak banyak belajar di dalam rumah. Di sekolah pun anak-anak sangat jarang melakukan kegiatan berkelompok karena perlu menjaga jarak. Saat ini, sekolah sudah dibuka meski dengan protokol ketat. Namun, tidak ada salahnya sekali-sekali pendidik PAUD mengajak anak-anak melakukan kegiatan berkelompok, agar anak-anak senang dan bisa belajar tentang kerja sama, kekompakan, dan kehidupan sosial.

5. Pentingnya Pengulangan Pembelajaran

Anak-anak belajar dengan bermain dan aktivitas yang menarik. Mereka belajar tidak fokus pada materi pembelajaran, namun lebih fokus pada hati yang gembira. Tidak ada salahnya kita mengajarkan materi atau tema yang sama, namun dengan mengubah jenis aktivitasnya, agar anak-anak semakin hafal materi atau tema yang dipelajari dan tidak merasa bosan.

6. Anak-Anak Suka Belajar dengan Mendengar, Melihat, dan Melakukan

Anak usia dini berada dalam tahap melatih aneka indera yang ia miliki. Secara naluriah, ia pun sangat tertarik dengan aktivitas yang banyak menggunakan indera mereka. Memang adakalanya anak perlu belakar fokus mendengarkan, ada kalanya mereka melihat atau mengamati sesuatu. Namun, hal yang paling mereka sukai adalah melakukan sesuatu. Menurut para ahli, saat anak belajar dengan cara melakukan, ia akan lebih mudah memahami dan mengingat dalam jangka waktu yang lama. Jadi, selain meminta anak mendengar dan melihat, pendidik PAUD perlu menyiapkan aktivitas yang bisa mengajak anak melakukan sesuatu.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis