Top

Kegiatan Literasi Dasar yang Wajib Diajarkan pada Anak PAUD

24 Juni 2022

Litarasi adalah kemampuan mengolah dan memahami informasi dari suatu topik tertentu. Namun, bagi anak PAUD tentu saja kegiatan literasi tidaklah sama dengan kakak-kakak yang duduk di bangku SD. Anak PAUD masih belajar membangun fondasi kesiapan masuk ke jenjang pendidikan SD dan tentu saja membutuhkan kegiatan-kegiatan menyenangkan agar nantinya benar-benar mampu mengolah dan memahami informasi dari suatu topik tertentu. Inilah kegiatan literasi dasar yang paling disukai anak PAUD!

1. Literasi Baca-Tulis

Literasi ini berhubungan dengan ketrampilan anak dalam mengenal huruf, gabungan huru, dan kata, serta cara membacanya. Kegiatan menyenangkan untuk mengembangkan literasi baca-tulis adalah merangkai puzzle huruf, mengerjakan soal lembar kerja anak, belajar interaktif dengan alat peraga, atau bermain dengan aplikasi gim edukasi.

2. Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Literasi ini bertujuan untuk menumbuhkan karakter anak yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, misalnya mengenal hak dan kewajiban, cara berkata yang baik, menerima kemajemukan, dan lain-lain. Kegiatan yang bisa dilakukan adalah dengan menonton film, membacakan buku cerita, atau bermain peran dengan tema pengamalan nilai-nilai Pancasila.

3. Literasi Finansial

Literasi finansial berhubungan dengan ketrampilan anak dalam menggunakan uang secara efektif dan efisien. Kegiatan yang mendukung literasi ini adalah bermain peran kegiatan bertransaksi, kegiatan praktik belanja di supermarket, mengajak anak ke pasar, dan menanamkan karakter tentang manfaat menabung.

4. Literasi Digital

Di dalam literasi digital anak akan diperkenalkan hal-hal yang berhubungan dengan dunia digital atau teknologi. Guru akan mengenalkan icon-icon atau menu di handphone, cara belajar dengan media komunikasi yang baik, cara menemukan konten edukasi, dan lainnya. Kegiatan-kegiatan pengembangan literasi ini biasanya akan banyak melibatkan orang tua.

5. Literasi Ilmiah

Literasi ilmiah berhubungan dengan ketrampilan anak dalam menggali informasi melalui kegiatan ilmiah. Contoh kegiatannya adalah mengamati taman, mengenal hewan di sekitar sekolah, merawat tanaman, menanam bibit tanaman, dan lainnya.

6. Literasi Numerik

Literasi numerik berhubungan dengan ketrampilan anak dalam mengenal angka dan konsep matematika sederhana. Pengenalan angka bisa dilakukan dengan kegiatan mewarnai angka atau menggambar angka. Sedangkan konsep Matematika sederhana meliputi pengenalan ukuran, pengenalan bentuk benda, mengenal waktu dan praktik menghitung benda nyata.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis