Top

Tips Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Pasca Pandemi

22 Juni 2022

Peran guru tidak hanya sebagai tenaga pengajar dan pendidik, namun lebih dari itu, guru memiliki peran sebagai motivator atau penyemangat anak-anak didiknya untuk belajar. Sekolah sebagai lembaga pendidikan yang mengemban tugas dalam mengembangkan kecerdasan, ketrampilan, dan karakter siswa , perlu meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Hal ini sangat penting, agar anak-anak didik tetap semangat belajar dan bermain di sekolah.

1. Peningkatan Kualitas Tenaga Pengajar

Di zaman digital dan perkembangan teknologi yang sangat cepat seperti sekarang, tidak ada zona nyaman bagi seorang guru. Seorang guru perlu selangkah lebih maju dari anak-anak didiknya yang sudah akrab dengan penggunaan teknologi. Pihak sekolah perlu memberikan ruang bagi guru agar bisa terus belajar dengan cara mengadakan atau melibatkan guru dalam acara seminar dan pelatihan tentang penggunaan teknologi dalam pendidikan, psikologi anak, dan tema pendidikan lainnya.

2. Peningkatan Fasilitas Pembelajaran

Sekolah perlu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi masa kini, oleh karenanya peningkatan fasilitas pembelajaran yang berorientasi pada teknologi modern perlu menjadi perhatian. Kelancaran fasilitas internet, fasilitas komputer yang memadai, dan media mengajar yang baik akan meningkatkan semangat belajar siswa.

3. Memberikan Motivasi kepada Siswa

Pemberian motivasi sangat penting dilakukan setiap hari, terutama di awal pembelajaran. Motivasi juga bisa diberikan melalui kegiatan yang bersifat rohani (agama) atau mendatangkan seorang pembicara yang profesional dalam meningkatkan semangat anak untuk belajar.

4. Membuka Layanan Konsultasi

Banyak orang tua siswa terdampak secara finansial maupun psikis saat pandemi. Hal ini kadang juga mempengaruhi semangat siswa saat belajar di sekolah. Sekolah perlu membuka layanan konsultasi yang memungkinkan orang tua dan siswa untuk bisa membantu persoalan yang sedang dihadapi.

5. Mengadakan Aktivitas Seru Bersama Siswa

Pandemi membuat siswa malas bergerak karena sibuk dengan gawai maupun televisi. Siswa membutuhkan kegiatan seru yang bisa dilakukan bersama dengan teman-teman dan guru. Contoh kegiatan seru bersama siswa adalah outing, senam, berolah raga, dan melakukan aktivitas menyenangkan lainnya.

6. Lebih Banyak Memberikan Penghargaan

Pemberian penghargaan lebih penting daripada memberikan hukuman atau konsekuensi. Banyak-banyak memberikan pujian kepada siswa yang bisa menjadi panutan, serta memberikan penghargaan sebagai ucapan selamat atas suatu prestasi yang diraih siswa akan sangat memotivasi siswa agar lebih semangat belajar.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis