Top

15 Ide Kegiatan untuk Menumbuhkan Karakter Islami untuk PAUD & TK Usia 5-6 Tahun di Bulan Ramadan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

17 Feb 2024

  |  

Edukasi

Mengajarkan pendidikan karakter adalah hal yang penting. Namun, guru PAUD perlu kreatif dalam mengajarkannya kepada anak-anak PAUD, agar mereka tetap merasa senang. Sebentar lagi bulan Ramadan tiba. Bulan Ramadan akan menjadi saat yang tepat untuk menanamkan aneka karakter atau nilai Islami kepada anak-anak PAUD.

Inilah 15 karakter Islami yang bisa diajarkan di bulan Ramadan.

1. Ketaatan

Ajak siswa bermain drama. Ada siswa yang berperan sebagai imam dan ada yang berperan sebagai makmun saat melakukan shalat berjamaah.

Sampaikan kepada siswa bahwa ketaatan akan membuat segalanya menjadi tertib dan teratur.

Yuk Unduh Lembar Kerja Anak tentang Keindahan Alam Ciptaan Allah di bawah ini

- Gratitude Worksheet: Alam Sekitar
Keindahan Hewan Bersayap
Menyusuri Keindahan Alam

2. Kesabaran

Permainan puzzle adalah salah satu permainan yang cocok untuk menanamkan nilai kesabaran. Ajarkan kepada siswa bahwa tanpa kesabaran puzzle akan lebih sulit tersusun rapi dan teratur.

Ajarkan Kepada Siswa Karakter Kesabaran dengan Kisah Nabi Berikut Ini

 

 

3. Kebersihan

Kegiatan sehari-hari yang bisa diaplikasikan kepada siswa adalah mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan. Selain kebersihan diri, siswa juga perlu menjaga kebersihan lingkungan, dengan membuang sampah di tempat sampah.

Kegiatan LENGKAP di Bulan Ramadan Lainnya, Silakan Klik EDUCA RAMADAN

4. Kebajikan

Ajarkan kepada siswa agar bersedia berbagi makanan atau mainan kepada teman sebaya. Ajarkan pula kepada siswa agar mau membantu teman yang sedang dalam kesusahan.

5. Ketulusan

Berdoa adalah salah satu hal sederhana yang bisa diajarkan kepada siswa. Berdoa dengan sungguh-sungguh dan dengan hati yang tulus pasti akan mendatangkan kebaikan.

6. Kemandirian

Ajak siswa agar bisa merapikan perlengkapan sekolah dan mainan secara mandiri setelah menggunakannya. Ingatkan pula kepada siswa agar ia mampu menjaga kerapian saat berada di rumah.

7. Kesetiaan

Ajarkan kepada siswa agar selalu menjaga hubungan pertemanan dengan baik. Saat bermain, siswa juga perlu menjaga mainan yang digunakan dengan baik dan tidak merusaknya.

8. Keadilan

Saat bermain, ajarkan kepada siswa akan pentingnya bergantian dalam menggunakan mainan yang ada di sekolah.

9. Kerendahan Hati

Mengucapkan terima kasih saat menerima kebaikan, mengucapkan kata maaf saat berbuat salah, dan mengucapkan salam saat bertemu kawan adalah tiga contoh sederhana tentang pengamalan kerendahan hati.

Dongeng Ini Mengajarkan Pentingnya Sifat Kerendahan Hati

 

10. Kepedulian

Kegiatan seru yang bisa dilakukan siswa, dan bisa mengajak orang tua siswa adalah mengadakan kunjungan ke panti asuhan atau sekolah yang membutuhkan bantuan.

11. Kesederhanan

Ajak para siswa melakukan kegiatan di alam bebas sambil mengajak mereka membuat seni kerajinan tangan dari bahan yang natural. Pasti seru dan menyenangkan.

12. Kerja Keras

Karena siswa PAUD belum bekerja, ajarkan kepada siswa tentang profil seorang tokoh Islam yang giat belajar dan bekerja, dan mampu menggunakan ilmunya untuk kebaikan sesama.

13. Kerjasama

Kerja bakti adalah kegiatan menarik dan menyenangkan untuk memperkenalkan pentingnya bekerjasama. Kerjasama membuat pekerjaan menjadi lebih mudah, cepat, dan hasilnya akan menjadi lebih baik.

Lagu di Bawah Ini Mengajarkan Pentingnya Bekerjasama

 

14. Kepedulian Terhadap Ilmu

Ajarkan kepada para siswa dengan aneka aktivitas kreatif yang bisa membuat mereka menjadi gemar membaca, misalnya memperkenalkan aneka buku-buku anak menarik atau mengajak mereka mengunjungi perpustakaan.

15. Kepatuhan

Ajak siswa untuk melakukan kegiatan berkelompok. Setiap kegiatan berkelompok, siswa harus menunjuk seorang pemimpin secara bergiliran.

Supaya setiap siswa pernah memiliki pengalaman menjadi seorang pemimpin yang harus menjadi teladan, dan menjadi anggota yang harus patuh kepada pemimpin.

Siswa Bisa Belajar Akhlak Kepatuhan dengan Kisah Nabi di Bawah Ini

 

Setiap karakter atau nilai Islami di atas perlu diaplikasikan di rumah setiap siswa. Maka, guru PAUD perlu menjalin komunikasi dengan orang tua tentang nilai yang baru saja diajarkan kepada siswa. Guru PAUD juga bisa memberikan tantangan kepada siswa, agar siswa bisa melakukan suatu nilai bersama orang tua di rumah, misalnya beribadah bersama, merapikan mainan secara mandiri, dan lainnya.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Muslim woman sharing food ramadan [1]

2. Halallifemagazine.com. (2022). 12 islamic cartoon programs for kids [2]

3. Productivemuslim.com. (2022). Raising productive and confident muslim kids [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.