Top

17 Ide Kegiatan untuk Mengajarkan Disiplin dengan Kelembutan untuk Anak Usia 2 - 3 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

16 Feb 2024

  |  

Edukasi

Mengajarkan kedisiplinan pada Si Kecil, yang berusia 2-3 tahun, dengan kelembutan dan kesabaran bisa dilakukan. Ayah dan Bunda perlu menemukan aneka cara kreatif agar Si Kecil bisa tumbuh menjadi anak yang mengenal disiplin sejak usia dini, agar ia tetap merasa happy.

Inilah beberapa ide kegiatan untuk anak usia 2-3 tahun agar ia memahami selangkah demi selangkah makna kedisiplinan.

1. Aktivitas Seni Kreatif

Ajak Si Kecil mengikuti aneka kegiatan seni, misalnya membuat kerajinan tangan. Agar bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik, ia akan perlu mematuhi aturan yang diterapkan.

2. Kegiatan Bersama Ayah Bunda

Ajak Si Kecil untuk membereskan mainan seusai memainkannya, atau mintalah ia menyapu kamar. Ia juga akan belajar kemandirian dan sikap tanggung jawab.

Ajak Si Kecil Mengerjakan Lembar Kerja Anak Educa Studio bersama Ayah Bunda di bawah ini:
- LKA Mengenal Waktu
- LKA Buah dan Bahan Masakan 
- LKA Ukuran Hewan

3. Bermain Puzzle

Permainan puzzle perlu dimainkan dengan tenang dan sabar. Sikap ini sangat baik, agar ia terbiasa duduk tenang dan fokus mendengarkan instruksi dengan seksama.

4. Membuatkan Jadwal Aktivitas Harian

Ayah Bunda bisa membantu Si Kecil membuatkan jadwal aktivitas harian. Sikap konsisten dalam melakukan aktivitas tidur, makan, bermain, dan lainnya akan membuatnya terbiasa hidup tertib dan disiplin.

5. Melakukan Gerak Lagu

Libatkan Si Kecil dalam kegiatan menari atau melakukan gerak lagu. Kegiatan ini dapat membuat Si Kecil terbiasa melakukan aktivitas secara terkoordinasi. Akan lebih baik bila aktivitas ini dilakukan secara berkelompok.

Gerak Lagu “ALAT MUSIK” Sangat Asyik

 

6. Memberikan Apresiasi

Berikan apresiasi berupa pujian atau hadiah sederhana, misalnya penghapus, pensil dan lainnya. Kebiasaan ini bisa membuat Si Kecil semakin termotivasi untuk hidup tertib dan disiplin.

7. Membaca Buku Bersama Ayah Bunda

Luangkan waktu membaca bersama Si Kecil. Teladan Ayah Bunda akan memotivasi Si Kecil agar gemar membaca. Membaca dengan seksama akan membuat Si Kecil berkembang kemampuan konsentrasinya.

Ajak Si Kecil Membaca Koleksi Dongeng RIRI

 

 

8. Melakukan Olahraga Berkelompok

Ajak Si Kecil melakukan kegiatan berolahraga bersama teman-temannya. Sikap sportif dan taat aturan akan membuat Si Kecil terbiasa berperilaku disiplin.

9. Meluangkan Waktu Bermain

Permainan seperti bermain tebak-tebakan, lompat tali, puzzle, catur, dan lainnya dapat mengembangkan kemampuan Si Kecil dalam berperilaku disiplin.

10. Berkomunitas

Ajak Si Kecil bergabung dalam suatu komunitas, misalnya kelompok belajar menggambar, club anak penggemar musik, dan lainnya. Si Kecil akan terbiasa pentingnya mematuhi aturan demi ketertiban suatu komunitas.

11. Membatasi Waktu Bermain

Berikan aturan yang tegas saat anak bermain, serta batasan waktu bermain, terutama saat Si Kecil melakukan kegiatan “screen time”. Ia akan belajar mengontrol diri dan sikap taat aturan.

12. Memasak Bersama

Ajak Si Kecil memasak bersama Ayah Bunda. Ia akan belajar keteraturan, terutama saat bekerjasama.

13. Dorong Si Kecil Mengekspresikan Perasaannya

Mengungkapkan perasaan secara verbal akan membantu Si Kecil dalam memahami dirinya sendiri dan mengontrol emosi.

14. Bermain Peran

Si Kecil bisa belajar tentang pentingnya memahami aturan, memahami perasaan orang lain, dan pentingnya melakukan perbuatan yang baik saat bermain peran. Sehingga, saat ia berinteraksi sosial ia akan lebih terbiasa melakukan hal yang baik dan berempati.

15. Mengenalkan Konsep Waktu

Sejak dini, Si Kecil perlu belajar untuk bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Ia akan semakin mampu memanfaatkan waktu dengan baik dan dengan kegiatan yang positif, saat ia memahami konsep waktu.

16. Mendongeng

Kegiatan mendongeng untuk Si Kecil, terutama tentang manfaat atau pentingnya hidup disiplin, akan membuat Si Kecil semakin termotivasi untuk hidup tertib dan disiplin.

17. Menjaga Kebersihan Pribadi

Ajarkan Si Kecil agar terbiasa menggosok gigi, mencuci tangan, keramas, dan aktivitas lainnya secara mandiri. Dengan keterampilan dalam menjaga kebersihan diri, Si Kecil akan semakin mampu hidup disiplin dan bertanggung jawab, terutama pada diri sendiri.

Selain kelembutan dan cara yang kreatif hal penting yang perlu diperhatikan saat mengajarkan disiplin kepada anak usia 2-3 tahun adalah konsistensi. Konsistensi bisa dipenuhi bila Ayah Bunda bisa memberikan waktu yang berkualitas kepada Si Kecil. Manfaatkan kebersamaan bersama Si Kecil sebagai suatu kesempatan yang berharga untuk bisa menumbuhkan karakter disiplin bagi Si Kecil.


Sumber Referensi:

1. Parents.com. (2022). 7 Tips for diciplining your toddler [1]

2. Healthline.com. (2022). Discipline 2 year old [2]

3. Freepik.com. (2022). Asian japanese family has breakfast home asian mom daughter [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.