Top

20 Permainan untuk Menguatkan Motorik Halus Anak PAUD Usia 1 - 2 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

14 Feb 2024

  |  

Parenting

Motorik halus anak bisa dikembangkan dan dikuatkan sejak Si Kecil berusia 1 tahun. Variasi permainan yang menyenangkan akan mampu membuat Si Kecil bersemangat melakukannya.

Latihan secara rutin dan sejak dini dapat menstimulasi kemampuan Si Kecil dalam melakukan kegiatan menulis dan menggambar dengan baik. Inilah beberapa permainan yang dapat menguatkan motorik halus anak usia PAUD, terutama yang berusia 1 tahun.

Latih Aneka Keterampilan Si Kecil dengan Mengajaknya Bermain “Marbel Pelajaran TK dan PAUD”


1. Bermain Air

Saat Si Kecil sedang mandi di dalam ember besar, berikan mainan-mainan yang bisa mengapung di atas air. Biarkan Si Kecil memainkannya sesuka hatinya.

2. Memainkan Gunting Plastik

Siapkan sebuah gunting plastik dan kertas bekas. Biarkan Si Kecil menggunting kertas bekas tersebut menjadi beberapa potongan.

3. Bermain dengan Kain Wol

Berikan Si Kecil kain wol. Bimbing Si Kecil untuk memainkan kain wol tersebut untuk mengelap, meremas-remas, atau sekedar merasakan teksturnya.

Baca juga: Ide Kreatif dan Fun Latihan Praktik Pra Menulis Anak PAUD

4. Mewarnai dengan Krayon

Sediakan sebuah kertas manila yang berukuran besar. Menggambarlah bersama Si Kecil pada media kertas manila tersebut.

5. Mainan yang Menggunakan Tombol

Ayah Bunda perlu membeli mainan yang menggunakan tombol-tombol dalam memainkannya, misalnya yang bertema permainan sepak bola, bola basket, dan lainnya.

Kembangkan Moral Akhlak Si Kecil bersama KABI (Kisah Teladan Nabi)

 



6. Bermaian Playdough

Ajak Si Kecil bermain playdough untuk membuat aneka bentuk. Ayah Bunda bisa mengajarinya membuat bentuk-bentuk sederhana, misalnya bentuk lingkaran, persegi, bintang, dan lainnya. Saat ini tersedia juga media berbahan plastik yang berfungsi untuk membuat aneka bentuk dengan bahan playdough.

7. Merobek Kertas

Ajak Si Kecil merobek-robek kertas bekas. Setelah dirobek-robek menjadi beberapa bagian kecil, kertas bekas tersebut juga bisa diolah menjadi bubur kertas yang bisa dibuat menjadi aneka bentuk benda.

Baca juga: Latih Keterampilan Lokomotor Anak dengan 5 Aktivitas ini

8. Bermain Bola Karet

Bola karet yang bisa memantul-mantul bisa menjadi mainan yang menarik buat Si Kecil. Ajak Si Kecil menangkap bola karet tersebut ketika Ayah Bunda menggelindingkannya.

9. Bermain Plastik Gelembung

Plastik gelembung tidak hanya berguna untuk melindungi benda-benda pecah belah. Namun, benda ini juga bisa digunakan sebagai mainan untuk Si Kecil. Ajak Si Kecil untuk “meledakkan” plastik gelembung ini.

10. Menyusun Balok

Ajak Si Kecil membuat bangunan atau benda dengan media mainan balok susun.

11. Bermain Penyaring Plastik

Siapkan semangkuk air yang sudah dimasukkan potongan kertas. Lalu, Ajak Si Kecil menyaring dengan penyaring plastik dengan cara menuangkan air dari dalam mangkuk ke dalam mangkuk yang lain.

12. Bermain Alat Musik Mini

Beberapa alat musik mini yang bisa menjadi pilihan dan bisa dibeli di toko mainan adalah drum, piano, pianika, kolintang, dan lainnya.

13. Menyusun Puzzle Sederhana

Puzzle untuk anak usia 1 tahun biasanya tidak terlalu rumit. Satu buah puzzle hanya terdiri atas 5-8 keping potongan gambar puzzle.

14. Bermain Pot Bunga dan Tanah

  • Pastikan bahwa media tanah yang dipakai adalah tanah yang bersih. Ajak Si Kecil untuk mengenakan sarung tangan mini berbahan plastik.
  • Mintalah Si Kecil memasukkan tanah ke dalam pot mungil dan menanam sebuah tanaman di dalamnya.

15. Memainkan Air

Ajak Si Kecil untuk memainkan air di dalam ember, misalnya dengan memukul air, menciduk air dengan tangan serta memindahkannya ke dalam sebuah gelas, memutar-mutar air hingga membentuk seperti tornado air, dan lainnya.

16. Bermain Bola Plastik

Siapkan beberapa bola plastik yang ringan. Ayah Bunda bisa mengajak Si Kecil memainkan bola plastik tersebut dengan cara memasukkan (melemparkan) bola ke dalam ember, menggelindingkan bola, menangkap bola, dan lainnya.

17. Mengelompokkan Mainan

Siapkan mainan mobil-mobilan dan boneka mungil berbentuk orang. Mintalah Si Kecil mengelompokkan mainan tersebut sesuai dengan bentuknya. Mainan berbentuk mobil-mobilan diletakkan di dalam kotak yang sama, sedangkan mainan berbentuk orang dimasukkan di dalam kotak yang lain.

18. Menempelkan Stiker

Ayah Bunda perlu membelikan Si Kecil stiker-stiker mungil yang berbentuk lembaran. Mintalah Si Kecil melepaskan stiker tersebut dari lembaran kertas, lalu ditempelkan pada buku gambar. Setelah semua stiker ditempelkan, Si Kecil boleh mewarnai atau menghiasainya.

19. Bermain Pistol Air

Siapkan target berupa mainan robot-robotan. Biarkan Si Kecil menembakkan pistol air ke arah mainan robot-robotan yang sedang berdiri hingga roboh.

20. Menyusun Karet Gelang

Karet gelang bisa dimainkan dengan cara memasukkannya dengan cara dilempar ke arah sebuah gelas, mengelompokkan sesuai warna, atau mengikatnya agar menjadi sebuah tali karet yang panjang.

Mudah dan murah sekali buka ragam permainan di atas. Semoga dengan memainkan variassi permainan di atas, perkembangan motorik halus Si Kecil akan semakin optimal. Dampak positifnya Si Kecil akan semakin terampil membuat aneka kerajinan tangan, terampil menulis, terampil menggambar, dan aktivitas lainnya.


Sumber Referensi:

1. Empoweredparents.co. (2022). Fine motor skills for preschoolers [1]

2. Littlelifelonglearners.com. (2020). 8 activities to develop fine motor skills at home [2]

3. Freepik.com. (2022). Lovely girl painting egg with violet [3]

 

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.