Top

Tips Bikin Kegiatan Mewarnai Jadi Seru dan Fun. Ada Juga di Twinkl!

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

11 Jan 2023

  |  

Edukasi

Kegiatan mewarnai adalah salah satu kegiatan yang sederhana tapi banyak disukai oleh anak-anak. Dilansir dari scholastic.com, Michael Rhattigan, seorang pakar anak berpendapat:

“Mewarnai dan menggambar membantu anak-anak meningkatkan keterampilan motorik halus, serta melatih otak agar semakin mampu berkonsentrasi dengan baik.”

Saat melakukan kegiatan mewarnai energi si kecil bisa tersalurkan dengan baik. Ayah dan Bunda tentu perlu berusaha agar si kecil tidak cepat merasa bosan dengan aktivitas ini. Karena aktivitas ini cukup sederhana dan mudah disediakan tanpa harus membeli, karena Anda bisa mengunduhnya via internet. Salah satu platform yang menyediakan lembar media mewarnai secara gratis adalah twinkl.co.id. Lembar media mewarnai terbaru bisa diunduh secara gratis dengan mengklik gambar di bawah ini. Lembar kerja yang menarik, lucu, dan edukatif akan diposting secara rutin di platform ini.

Bagaimana cara membuat si kecil tidak cepat merasa bosan dengan aktivitas mewarnai gambar? Yuk, kita simak bersama tips di bawah ini!

1. Bermain Sambil Mewarnai

Bermain adalah aktivitas kesukaan anak-anak, begitu pula dengan kegiatan mewarnai. Jadi bila aktivitas mewarnai dikolaborasikan dengan bermain pasti anak-anak akan menyukainya. Berikut ini adalah salah satu kegiatan bermain dengan cara memberikan tebak-tebakan, sambil meminta anak untuk mewarnai. Ikuti tutorialnya yuk!

  • Siapkan gambar tokoh Marbel bernama Bebe. Ia berbentuk buah manggis. Anda bisa mendapatkan gambar tokoh Bebe dengan klik di sini.
  • Tuliskan nomor 1 pada bagian kulit manggis atau penutup kepala dengan pensil.
  • Tuliskan nomor 2 pada bagian kepala/wajah.
  • Lalu, tuliskan nomor 3 pada bagian tubuh Bebe.
  • Ayah dan Bunda bisa memberikan sebuah perintah kepada si kecil, misalnya, "bagian tubuh bernomor 2 dikurangi 1 berwarna ungu". Artinya, si kecil harus mewarnai bagian tubuh yang bertuliskan nomor 1 dengan warna ungu.
  • Ayah dan Bunda juga bisa membuat variasi kalimat perintah yang lain, baik yang lebih mudah, maupun yang lebih menantang.

Ayah dan Bunda bisa mempraktikkan beberapa aktivitas bermain lainnya. Beberapa diantaranya adalah:

  • Bermain puzzle: Potonglah gambar menjadi beberapa bagian kecil, lalu meminta si kecil merangkainya (seperti main puzzle). Setelah itu, Ayah dan Bunda bisa meminta si kecil mewarnai gambar yang sudah dirangkai dengan baik.
  • Bermain kolase: Aktivitas ini mengajak anak untuk mewarnai lembar media mewarnai (gambar) dengan potongan-potongan kecil dari kertas origami yang berwarna-warni.
  • Kegiatan bermain lainnya bisa Ayah dan Bunda temukan di duniabelajaranak.id.

2. Sediakan Perlengkapan Mewarnai yang Catchy

Anak usia dini biasanya memiliki tokoh-tokoh kartun favorit. Ayah dan Bunda sangat disarankan untuk memilihkan dan memberikan perlengkapan mewarnai untuk si kecil yang bergambar tokoh-tokoh kartun favoritnya.

Ayah dan Bunda juga bisa mengajak si kecil saat berbelanja perlengkapan mewarnai, agar dia bisa memilih perlengkapan mewarnai yang ia suka. Hal ini sangat penting untuk memacu semangatnya dalam melakukan kegiatan mewarnai, dan semakin baik dalam merawat perlengkapan mewarnai kesukaannya.

Ayah dan Bunda juga perlu berhati-hati dalam memilih perlengkapan mewarnai anak. Karena beberapa krayon dibuat dari bahan-bahan yang kurang aman untuk digunakan anak-anak. Beberapa krayon diduga mengandung unsur logam berat dan asbestos yang dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan gangguan pada otak, sistem saraf, serta memicu kanker. Yang pasti, Ayah dan Bunda perlu mengenali barang sebelum membelinya. 

3. Sediakan Gambar yang Sudah Akrab Dilihat Anak

Ada banyak bentuk atau gambar yang tersedia di internet dan bisa diunduh secara gratis. Selain tokoh kartun, Ayah dan Bunda bisa memilihkan gambar suatu benda atau makhluk yang sering dilihat oleh si kecil dalam hidup sehari-hari. Mengapa?

Salah satu manfaat melakukan kegiatan mewarnai adalah memperkaya kosakata anak. Bila ia rajin mewarnai gambar aneka benda yang sudah akrab ia lihat dalam hidup sehari-hari, ia akan semakin mudah dalam menghafalkan nama benda tersebut.

Ayah dan Bunda juga bisa menstimulasinya dengan mengajak si kecil berdiskusi tentang gambar-gambar yang ia warnai. Misalnya dengan menanyakan apa manfaatnya, biasa terdapat di mana, apa warnanya, dan pertanyaan lainnya. Aktivitas seperti ini akan menstimulasi keterampilan berkomunikasi dan kognitif anak.

Si kecil tentu juga membutuhkan buku mewarnai yang disediakan untuk anak usia dini serta khusus untuk pemula. Buku mewarnai ini berjudul "Seri Marbel Aku Pintar Mewarnai". Dalam buku ini, anak-anak akan diajak untuk belajar mewarnai binatang, dinosaurus, profesi, alam dan gambar menarik lainnya. Selain mewarnai, mereka juga dapat belajar mengenal aneka kosakata. Silakan klik gambar di bawah ini untuk melihat produk ini, sedangkan untuk produk buku mewarnai lainnya silakan klik di sini.

4. Berikan Si Kecil Kebebasan Berekspresi

Beberapa hal unik yang mungkin akan dilakukan si kecil saat melakukan kegiatan mewarnai adalah saat ia mewarnai suatu gambar yang tidak sesuai dengan warna benda aslinya (misalnya mewarnai buah mangga dengan warna pink); atau mencoret-coret gambar yang terdapat pada lembar mewarnai (misalnya: membuatkan gambar kumis pada salah satu gambar tokoh kartun).

Bila si kecil melakukan hal yang demikian, Ayah dan Bunda tidak perlu melarang. Biarkanlah si kecil bebas berekspresi sesuai dengan daya imajinasinya. Karena dengan memberikan kebebasan kepada si kecil untuk berimajinasi secara bebas, maka keterampilan berpikir kritis anak dan kecerdasannya juga akan berkembang dengan lebih optimal.

Selain mengajak si kecil melakukan kegiatan mewarnai, Ayah dan Bunda juga bisa melatih keterampilannya dalam berekspresi dengan kegiatan bernyanyi. Ajak si kecil bernyanyi lagu di bawah ini yuk!

5. Berikan Semangat, Pujian, dan Penghargaan

Jangan lupa untuk selalu memberikan semangat atau motivasi bagi si kecil agar ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Pastikan ia selalu bisa mewarnai seluruh bagian gambar dengan tuntas.

Hal ini sangat berguna untuk mengedukasi anak agar ia memahami pentingnya ketuntasan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan atau melatihnya menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Jangan sampai ia cepat merasa bosan dan bergonta-ganti gambar sebelum ia mampu menuntaskannya.

Ayah dan Bunda tentu ingin agar si kecil semakin termotivasi untuk melakukan aktivitas mewarnai dan semakin mampu menghasilkan karya mewarnai gambar dengan kualitas yang lebih baik, bukan? Selain dengan memujinya, Ayah dan Bunda perlu mengapresiasi karya mewarnai gambar yang telah diselesaikan si kecil dengan cara memamerkan karya anak di tempat yang mudah dilihat. Ayah dan Bunda bisa memberikan pigura pada karya-karya terbaiknya, agar terlihat lebih menarik dan bisa menuai pujian bagi setiap orang yang melihatnya. Pasti si kecil akan semakin bersemangat.

Bentuk penghargaan yang lain adalah dengan cara memberikan hadiah. Ayah dan Bunda bisa memberikan hadiah menarik setiap kali si kecil bisa menyelesaikan 5 lembar media mewarnai. Aneka hadiah menarik, edukatif, dan ramah anak bisa didapatkan di Toko Marbel Junior.

6. Mengikuti Kompetisi Mewarnai

Ajaklah si kecil mengikuti kompetisi mewarnai. Saat mengikuti kompetisi anak akan diajak untuk semakin menyadari pentingnya belajar dengan giat dan semangat pantang menyerah. Karena di setiap perlombaan belum tentu si kecil mampu memenangkan semua kompetisi. Ia mungkin akan mengalami kegagalan. Namun, dalam kesempatan itulah ia akan belajar untuk semakin memiliki mental yang kuat.

Tentu saja Ayah dan Bunda perlu memberikan dukungan dan kata-kata yang memotivasi. Tanamkan pula di dalam benak si kecil, bahwa saat ia mampu memutuskan untuk mengikuti suatu kompetisi pada saat itulah ia sudah memenangkan suatu pertandingan, yaitu pertandingan melawan dirinya sendiri dari rasa takut dan mudah menyerah.

Bila Ayah dan Bunda membutuhkan informasi aneka perlombaan yang diadakan secara online dan offline, silakan klik info acara dan lomba bersama Educa Studio.

etelah membaca artikel ini, tentu Ayah dan Bunda semakin menyadari betapa pentingnya aktivitas mewarnai. Semoga Ayah dan Bunda semakin bersemangat dalam memberikan motivasi agar si kecil tidak merasa bosan melakukan aktivitas ini, ya! Oh iya, Ayah dan Bunda juga bisa mengajarkan anake kosakata dengan melakukan kegiatan mewarnai dengan media aplikasi. Aplikasi ini berjudul "Marbel Mewarnai". Ayah dan Bunda bisa mengunduh aplikasi "Marbel Mewarnai" dan sejenisnya dengan klik gambar di bawah ini!


Sumber Referensi:

1. Rhattigan, M. (2016). Benefits coloring and drawing [1]

2. Freepik.com. (2022). Girl drawing color pencils kindergarten [2]

3. Twinkl.co.id. (2022). Lembar kerja mewarnai marbel educa [3]

4. Freepik.com. (2022). Little girl artist painting picture [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.