Top

TERAMPIL MENULIS dengan 14 LANGKAH MUDAH dan FUN | Usia 4-5 Tahun

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Apr 2024

  |  

Edukasi

Membuat anak bisa menulis bagi anak usia 4-5 tahun memang bukanlah keharusan. Namun, mengajarkan anak di usia tersebut tentang keterampilan menulis adalah hal yang perlu, asalkan dengan cara atau metode yang mudah dan menyenangkan. Bagaimana langkah-langkah mengajarkannya pada Si Kecil? Ayah Bunda, mari kita simak pemaparannya di bawah ini::

Artikel Terkait:

1. Latih Penggunaan Pensil

Ajarkan kepada Si Kecil cara menggunakan pensil, misalnya cara memegang pensil dengan benar, memanfaatkan pensil untuk menggambar atau corat-coret bebas, menebalkan gambar, mengerjakan lembar kerja anak dan lainnya.

Si Kecil bisa dilatih menggunakan spidol atau pensil yang berukuran besar terlebih dahulu, sebelum menggunakan pensil standar.

2. Fun Learning tentang Alfabet

Ajarkan Alfabet kepada Si Kecil secara bertahap dan dengan media menyenangkan, misalnya dengan flashcard, aplikasi gim, video Marbel, dan lainnya.

3. Menguatkan Motorik Halus

Ada banyak cara menguatkan motorik halus Si Kecil, yaitu dengan meremas kertas, meronce, membuat kreasi origami, menggunting kertas, dan lainnya.

4. Gunakan Ragam Media Menulis

Media atau bahan menulis yang bisa menjadi pilihan antara lain adalah pasir, tepung, papan tulis, aplikasi untuk belajar menulis, kertas, kardus, dan lainnya. Ajak Si Kecil menggunakannya secara bergantian agar semakin menantang dan semangat.

Anak juga bisa belajar dengan media permainan online yang bisa diunduh secara gratis di playstore, misalnya aplikasi yang berjudul:
- Belajar Huruf Bersama Marbel
- Belajar Angka Bersama Marbel

5. Gunakan Ragam Metode Belajar Menulis

  • Metode belajar menulis yang dapat digunakan sebagai varias belajar menulis adalah tracing (mengikuti jejak huruf angka/huruf), copying (menyalin), guided writing (memberikan garis bantuan), free writing (menulis huruf, angka, kata bebas), interactive writing (belajar menulis secara kolaboratif), dan metode lainnya.
  • Variasi metode belajar sangat diperlukan untuk mengurangi rasa bosan dan meningkatkan semangat.

Belajar Aneka Keterampilan Menjadi Makin Menyenangkan bersama MARBEL Pelajaran TK dan PAUD

 

6. Mengajarkan Aneka Geometri dan Bentuk

Beberapa huruf atau angka terbentuk dari aneka geometri (lingkaran, persegi, dan lainnya) dan bentuk (garis lurus, garis lengkung, dan lainnya). Ajarkan aneka geometri dan bentuk dengan ragam media digital dan metode menyenangkan.

7. Sediakan Buku Latihan Menulis

Buku latihan menulis biasanya berisi aneka aktivitas untuk belajar menulis atau membuat bentuk huruf/angka dengan cara menyenangkan.

8. Membuat Kreasi Bentuk Huruf

Kreasi berbentuk huruf yang bisa diberikan kepada Si Kecil adalah membuat origami berbentuk huruf, mewarnai bentuk huruf, menggambar dari bentuk huruf, membuat kartu ucapan, dan lainnya.

Ajak Si Kecil Bermain dengan Lembar Kerja Anak dari Educa di Bawah Ini:
- Berapa Jumlah Kakiku? #2
- Hitung Jumlah Buah dan Bahan Masakan #2
- Rumah Serangga dan Araknida

9. Bersama Menulis Cerita

Bantu Si Kecil menuliskan sebuah cerita singkat dan dengan kalimat sederhana tentang kegiatan, permainan, tokoh kartun, dan apapun yang menjadi favoritnya.

10. Membuat Daftar Belanja

Ajari Si Kecil membuat daftar belanja, lalu ajak Si Kecil berbelanja sambil membacakan daftar barang yang akan dibeli.

11. Menulis Nama Sendiri

Ajari Si Kecil menulis nama sendiri dengan berbagai metode, misalnya menulis di kertas, dengan pasir/tepung, dan lainnya.

Kembangkan Karakter Si Kecil dengan Koleksi Cerita Anak Interaktif, RIRI

 

12. Bersama Menulis Surat

Si Kecil tentu punya sahabat atau kerabat dekat. Ajak ia untuk menulis surat yang dekoratif dan tampilan menarik.

13. Mengenal Huruf dengan Mengetik

Ajari Si Kecil menulis pesan atau membuat kalimat dengan media handphone atau laptop/PC, agar ia juga makin familiar dengan penggunaan media digital secara positif.

14. Menulis Benda di Sekitar

Ajak Si Kecil belajar menulis benda-benda yang dilihat di dalam ruangan. Atau, ajak Si Kecil berjalan-jalan dan menulis benda-benda yang menarik atau dengan tema tertentu.

Berikan pujian, apresiasi, dan motivasi kepada Si Kecil agar ia semakin mampu menulis dengan baik dan senang hati. Bagaimanapun, dengan melakukan aneka kegiatan di atas Si Kecil juga akan mengalami banyak perkembangan pada motorik halus, daya imajinasi, daya kreativitas, kognitif, kemampuan konsentrasi, dan lainnya.Semoga bermanfaat!


Sumber Referensi:

1. Understood.org. (2022). Writing skills what to expect at different ages [1]

2. Firstcry.com. (2022). Pre writing skills for preschoolers to develop motor skills [2]

3. Babycenter.com. (2023). How to support your child through the stages of writing deve [3]

4. Freepik.com. (2022). Cute boy draws with color pencils children [4]  

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.