Top

Jarang Diketahui! 10 Manfaat Luar Biasa Menulis dengan Tangan

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

28 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, menulis dengan tangan ternyata sangat penting, karena banyak manfaatnya! Dilansir dari Oakmeadow.com, dikatakan bahwa otak bekerja secara berbeda ketika kita menulis sesuatu dengan tangan, daripada mengetiknya di keyboard atau dengan menyentuh layar. Studi menunjukkan bahwa menulis meningkatkan daya ingat. Siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan lebih baik ketika bekerja dengan ide-ide baru melalui tulisan tangan daripada mengetik.

Apalagi manfaat menulis dengan tangan? Sobat Marbel, mari kita simak aneka manfaatnya!

1. Membantumu Memahami Suatu Materi

Saat memperhatikan penjelasan dari gurumu atau saat mengikuti suatu seminar, cobalah mencatatnya dengan tanganmu. Kamu akan terbantu untuk bisa lebih fokus dan memahami materi dengan lebih maksimal. Tentu saja hal ini akan membantumu juga dalam meningkatkan prestasi belajarmu.

Adik-Adik PAUD akan semakin menguasai bentuk huruf dan cara menulisnya dengan memainkan aplikasi di bawah ini!

2. Memaksimalkan Kinerja Otak

Saat kamu melakukan aktivitas menulis, motorik halusmu akan bekerja. Saat motorik halus bekerja, saraf otakmu akan lebih aktif bekerja pula. Kemampuan otak dalam mengingat dan memahami akan bekerja dengan lebih optimal.

3. Mengurangi Kecemasan

Saat kamu sedang belajar, terkadang kamu sedang mengalami suatu persoalan atau pikiran negatif yang bisa membuatmu merasa cemas dan khawatir. Atau, saat kamu mengalami kesulitan tidur, kamu bisa mencoba untuk melakukan aktivitas menulis dengan menggunakan tanganmu.

Kamu bisa mengekspresikan perasaanmu dan kegundahanmu dalam bentuk tulisan. Dampaknya, kamu akan merasa lebih tenang dan hal ini akan membuatmu belajar dengan lebih baik.

Bermain sambil mendengarkan dongeng podcast adalah aktivitas yang menyenangkan dan menenangkan. Dengarkan aneka dongeng podcast karya Kak Andi Taru dan tim Educa Studio di Noice.id

4. Melatih Kemampuan Berkomunikasi

Dalam kegiatan sehari-hari kamu akan berkomunikasi dengan banyak orang, baik secara lisan maupun tertulis. Bila kamu rajin menulis dengan tangan, kamu akan terlatih untuk membuat kata-kata yang baik, indah, dan sopan.

Kamu akan semakin mampu menyajikan tulisan yang sopan dan mudah dipahami saat menulis pesan via WA. Saat kamu bercakap-cakap dengan seseorang secara langsung (bukan dengan media online), kalimat yang kamu pakai pasti juga lebih berkualitas dan mudah dimengerti.

5. Mengembangkan Kreativitas

Saat kamu menulis dengan keyboard, jemari kamu akan bekerja dengan lebih monoton bila dibandingkan dengan menulis secara manual atau dengan tangan. Menulis secara manual memungkinkan kamu memainkan jemari dan tanganmu untuk membuat huruf-huruf dengan bentuk yang bervariasi.

Secara tidak langsung, menulis dengan tangan dapat membantumu mengembangkan kreativitas, seperti saat kamu melakukan kegiatan melukis.

Kembangkan kreativitasmu pula dengan aneka craft bersama DuniaBelajarAnak.id. 

6. Membantumu Mengingat Sesuatu

Apakah kamu suka membuat jadwal kegiatan harian? Tulislah jadwal harianmu secara manual di atas kertas. Kamu akan mengingat kegiatan harianmu dengan lebih baik, daripada bila kamu menulis kegiatan harianmu dengan cara mengetik atau menggunakan keyboard.

7. Sarana Mengatasi Disleksia

Disleksia adalah suatu kelemahan seseorang dalam melakukan kegiatan menulis dan membaca. Menulis dengan tangan akan lebih efektif dalam membantu mengatasi disleksia. Dikutip dari Newsroom.domtar.com, para peneliti telah menemukan bahwa semua siswa mendapat manfaat dari belajar tulisan tangan. Ini meningkatkan koordinasi tangan-mata, meningkatkan daya ingat dan merangsang perkembangan otak.

Selain itu, manfaat menulis cursive (tulisan bentuk tegak bersambung), terutama bagi siswa penyandang disleksia, telah terbukti selama beberapa tahun.

Para peneliti telah menemukan bahwa semua siswa mendapat manfaat dari belajar tulisan tangan, yaitu meningkatkan koordinasi tangan-mata, meningkatkan memori, dan merangsang perkembangan otak. Soft-skills ini sangat baik untuk perkembangan penyandang disleksia.

8. Menyeimbangkan Kinerja Otak Kiri dan Kanan

Saat kamu menulis sesuatu, kamu perlu menggunakan daya imajinasimu. Saat berimajinasi, otakmu akan bekerja dengan lebih aktif dan cepat, sehingga menstimulasi aktivitas otak kiri dan kanan secara bersamaan.


Baca juga:

1. 8 Cara Praktis Kembangkan Skill Anak Menulis Cerita

2. 8 Variasi Aktivitas Latihan Menulis Huruf yang Menyenangkan


9. Menjaga Kualitas Otak

Seperti diinformasikan di poin sebelumnya, dituliskan bahwa menulis dengan tangan bisa memacu otak bekerja secara aktif. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga kualitas otak atau menunda penuaan dini terjadi pada otak.

10. Meningkatkan Kualitas Hubungan saat Mengirimkan Pesan

Media elektronik memudahkanmu untuk mengirim pesan secara lebih cepat dan efektif. Namun, bila kamu menulis pesan tersebut dengan tulisan tangan, pasti akan memberikan kesan yang lebih mendalam.

Sesekali, kamu bisa mengirim pesan dalam bentuk surat atau kartu ucapan dengan tulisan tanganmu kepada orang-orang yang istimewa. Pasti penerima pesan dari kamu akan lebih terkesan dan meningkatkan kualitas hubunganmu dengan seseorang, karena penerima pesan tahu bahwa pesan yang kamu kirim tidak hanya sekedar “copy-paste”.

Teknologi memang memudahkan kita untuk melakukan banyak hal. Namun, cara-cara yang terkesan tradisional jangan pernah kamu tinggalkan dan jangan malas untuk melakukannya, seperti halnya menulis secara manual dengan tanganmu. Ada banyak manfaat saat kamu melakukannya. Semangat belajar selalu, Sobat Marbel!

Optimalkan Potensimu dengan Cara Kreatif, Mudah, dan  Biaya yang Terjangkau bersama Kelas Kreator Gamelab.id


Sumber Referensi:

     1. Sundaram, P. (2021). Use both sides of your brain [1]

     2. Newsroom.domtar.com. (2020). Cursive writing dyslexia [2]

     3. Oakmeadow.com. (2021). 12 reasons why handwriting is important [3]

     4. Freepik.com. (2022). Concentrated student doing homework [4]

     5. Freepik.com. (2022). Medium shot asian school girl [5]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.