Top

8 Variasi Aktivitas Latihan Menulis Huruf yang Menyenangkan untuk Anak PAUD

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

25 Sep 2022

  |  

Edukasi

Tidak semua anak usia dini menyukai kegiatan tulis-menulis saat pembelajaran di satuan PAUD. Dilansir dari Homer, ketika anak-anak bisa melihat bahwa aktivitas pembelajaran tidak menegangkan, maka persepsi anak-anak tentang aktivitas pembelajaran juga akan berubah. Bahkan, anak-anak mungkin akan dengan senang hati berpartisipasi aktif dalam berbagai aktivitas pembelajaran di masa mendatang.

Dengan kata lain, agar anak-anak tidak mengalami pengalaman buruk atau trauma yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang tepat, maka pendidik PAUD perlu mencari cara untuk membuat suatu pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Termasuk juga ketika anak-anak belajar tulis-menulis.

Salah satu tantangan bagi pendidik PAUD adalah membuat anak didiknya menyukai kegiatan menulis. Tentu saja, kegiatan menulis perlu diajarkan kepada anak usia dini dengan cara yang menyenangkan. Ada beberapa aktivitas menulis yang bisa menjadi pilihan agar anak merasa senang dan tidak merasa bosan. Berikut adalah 8 variasi aktivitas menulis yang bisa membuat anak semakin menikmati kegiatan menulis!

1. Menulis di Atas Pasir

Ajak anak untuk menulis dengan media pasir yang diletakkan pada tempat dengan permukaan yang datar, misalnya di atas nampan yang berukuran kecil. Mintalah mereka untuk membuat aneka huruf sesuai instruksi.

Agar pasir yang digunakan benar-benar dijamin kebersihannya, biasanya guru perlu menyediakan pasir khusus yang sudah diolah dan siap digunakan sebagai media mainan. Nama media permainan berwujud pasir ini adalah pasir kinetik.

2. Membuat Kolase Huruf Berbahan Kacang Hijau

Kreasi seni kolase adalah karya seni dua dimensi yang dibuat dengan cara menggabungkan atau menempel benda atau potongan kecil menjadi suatu bentuk, misalnya bentuk angka "1" atau bentuk huruf "a". Salah satu contoh media utama yang bisa digunakan adalah biji kacang hijau. Untuk membuat kreasi kolase ini, bahan lain yang dibutuhkan adalah lem dan kertas.

Langkah pertama yang perlu dilakukan anak adalah menuliskan satu buah huruf di atas kertas, misalnya bentuk huruf "a". Setelah itu, anak-anak diajak untuk menempelkan biji-biji kacang hijau menjadi suatu susunan berbentuk huruf yang tadi telah ditulis. Kreasi ini bisa menjadi suatu karya yang menarik serta cocok untuk menghias ruang kelas. Ketelitian dan kesabaran anak sangat dibutuhkan untuk bisa menyelesaikan kreasi ini dengan baik dan rapi.

3. Menulis dengan Petunjuk

Aktivitas ini dilakukan dengan cara meminta seorang anak untuk maju ke depan kelas, dan menulis sebuah huruf. Guru akan memberikan petunjuk kepada anak didik cara membuat bentuk suatu huruf selangkah demi selangkah.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Huruf “b”: Buatlah 1 buah garis lurus ke bawah, lalu buatlah sebuah setengah lingkaran pada bagian bawah, di sebelah kanan.
  • Huruf “h”: Buatlah 1 buah garis lurus ke bawah, lalu pada bagian tengah garis buatlah garis melengkung ke kanan, lalu ke bawah.
  • Huruf “z”: Buatlah 1 buah garis lurus ke kanan. Kemudian tidak boleh terputus dari garis sebelumnya, buatlah garis miring ke arah kiri bawah, dan satu buah garis lurus ke kanan lagi.

4. Menulis dengan Variasi Alat

Anak-anak sudah terbiasa menulis dengan pensil, pulpen, atau spidol. Agar anak-anak tidak merasa bosan dengan alat tulis tersebut, guru bisa mengajak anak menulis dengan media yang bervariasi, misalnya dengan krayon, arang, kuas (cat air), atau media lain yang bisa menghasilkan warna. Agar terlihat lebih menarik dan bisa menjadi dekorasi ruangan, anak bisa diminta menghiasi karyanya dengan kertas origami, kertas emas, pasir warna, serbuk pewarna, atau media dekorasi lainnya. 

5. Menulis pada Lembar Kerja Dot-to-dot

Dot-to-dot adalah istilah dalam bahasa inggris. Bila diartikan dalam bahasa Indonesia, dot-to-dot memiliki arti dari titik ke titik. Dalam aktivitas menulis dot-to-dot, anak diminta menghubungkan satu titik ke titik yang lain, sesuai dengan urutan angka yang sesuai; mulai dari nomor 1, 2, 3, dan seterusnya. Biasanya anak mengerjakan aktivitas ini dalam bentuk lembar kerja cetak. Soft file Lembar kerja dot-to-dot bisa diunduh di aplikasi Canva. Setelah diunduh, Anda bisa mencetaknya di atas kertas.

Bila Anda ingin menemukan lembar kerja dot-to-dot dengan tema menulis huruf, Anda bisa menemukannya di pilihan “lembar kerja” atau "worksheet". Setelah itu, pada bagian mesin pencari, Anda bisa menuliskan kata kunci “latihan menulis huruf”. Ada banyak pilihan huruf dan variasi jenis huruf yang bisa dipilih untuk dikerjakan oleh sang buah hati.

6. Menulis dengan Media Jari dan Pasta Warna

Alat dan bahan untuk melakukan aktivitas ini adalah pasta warna, air, mangkuk kecil, dan kertas gambar. Guru bisa membantu siswa saat menuangkan pasta warna dan sedikit air ke dalam mangkuk kecil.

Setelah itu, guru bisa meminta siswa untuk membuat aneka huruf sesuai instruksi dengan jemari. Siswa mengoleskan jemarinya ke atas kertas untuk membuat aneka bentuk huruf. Bila Anda kesulitan mencari pasta warna, Anda juga bisa menggunakan pewarna makanan.

7. Menulis Nama dan Mewarnainya

Alat dan bahan untuk melakukan aktivitas ini adalah pensil, kuas, pasta warna, kertas gambar dan mangkuk kecil. Langkah pertama untuk melakukan aktivitas ini adalah meminta anak menuliskan namanya di atas kertas gambar.

Setelah itu, guru bisa membantu siswa saat menuangkan pasta warna dan sedikit air ke dalam mangkuk kecil. Kemudian anak diminta untuk mewarnai tulisan namanya dengan menggunakan kuas. Agar terlihat lebih menarik, guru bisa meminta anak mewarnai setiap huruf dengan warna yang berbeda.

8. Media Aplikasi Gim Berjudul “Marbel Menulis”

Di dalam aplikasi gim Marbel Menulis, terdapat banyak aktivitas yang berhubungan dengan menulis atau membuat bentuk. Salah satu aktivitas bertema menulis huruf adalah tutorial membuat aneka huruf dengan jari. Di dalam aktivitas ini, anak akan melihat suatu gambar huruf dalam bentuk garis titik-titik. Kemudian anak diminta untuk membuat sebuah huruf sesuai dengan instruksi dan sesuai dengan gambar yang ditampilkan. Aplikasi ini bisa diunduh secara gratis dengan meng-klik "Marbel Menulis".


Sumber Referensi:

          1. Homer. (2021). 12 writing games to help kids learn to write and have fun doing it [1]

          2. Garrison, N. (2021). 10 creative writing activities for kids [2]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.