Top

Seru Banget! 8 Memory Game Ini Dapat Kembangkan Daya Ingat Anak

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

28 Jan 2023

  |  

Edukasi

Memory game (permainan memori) adalah jenis permainan anak yang secara khusus dirancang untuk menstimulasi dan memancing penggunaan kemampuan berpikir dan mengingat anak. Dilansir dari Curiousworld.com, Emma Wynne berpendapat:

"'Memory game' dapat meningkatkan fungsi otak lainnya, seperti atensi, konsentrasi, dan fokus. Permainan memori juga memberi ruang untuk menstimulasi kemampuan berpikir kritis, serta membantu anak-anak agar mampu memusatkan perhatian mereka terhadap hal yang detail.”

Berikut ini adalah variasi memory game yang bisa dimainkan oleh si kecil, sehingga ia tidak hanya mendapatkan hiburan, tapi juga juga mampu mengembangkan kecerdasan dan kemampuan memorinya di usia emas.

1. Flash-Card

Flash-card adalah salah satu alat peraga yang bisa digunakan sebagai media pengembangan daya ingat anak. Dengan media gambar dan tulisan, si kecil akan lebih mudah untuk menghafalkan nama-nama benda yang ada pada kartu. Anak juga bisa belajar aneka tema materi pembelajaran, misalnya tentang pengenalan huruf, pengenalan angka, pengenalan nama buah, dan lainnya.

Belajar dengan alat peraga flash-card memang sangat menyenangkan. Yuk, ajak si kecil bermain dan belajar dengan alat peraga yang dirancang oleh Bapak Andi Taru dan Tim Educa Studio, yaitu media flash-card 4D di bawah ini! Dapatkan semua di Toko Marbel Junior.

2. Puzzle

Selain untuk mengasah daya ingat anak, permainan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan problem solving. Dikutip dari Info.scholarschoice.ca, seorang pakar anak mengatakan, “Permainan puzzle memperkuat sinapsis (koneksi antara sel-sel otak kita) yang dapat membantu meningkatkan dan mempertahankan daya ingat. Saat kita hendak menyelesaikan permainan ini, kita perlu mengingat potongan, bentuk, ukuran, dan memvisualisasikan dalam pikiran kita, serta mencari cara agar semua itu dapat menyatu.”

Maka, tidak mengherankan jika permainan ini sangat digemari oleh anak-anak. Karena secara naluriah mereka akan mencari cara agar segala kemampuan dan keterampilan mereka bisa berkembang. Si kecil pasti akan merasa nyaman saat memainkan puzzle.

Bermain puzzle akan menjadi lebih ekonomis dengan aplikasi ini! Ada aneka tema puzzle dalam 1 aplikasi yang bisa dimainkan si kecil. Unduh gratis aplikasi ini di Playstore Educa Studio.

3. Block Game

Di Indonesia, permainan ini juga dikenal dengan nama permainan balok. Manfaat dari permainan ini sebenarnya hampir sama dengan puzzle. Hanya saja, permainan balok juga bermanfaat untuk mengembangkan daya imajinasi anak. Karena saat memainkannya, si kecil bisa memanfaatkan balok-balok untuk membuat suatu bentuk sesuai dengan keinginannya atau sesuai dengan contoh gambar yang biasanya sudah disediakan dalam satu set permainan balok.

Ayah dan Bunda juga bisa melatih anak dalam mengembangkan daya imajinasinya dengan media dongeng dalam bentuk podcast. Ajak anak menikmatinya di Noice.id atau klik gambar di bawah ini!

4. Aplikasi "Marbel Gim Anak Belajar Angka"

Aplikasi ini memuat aneka permainan yang dapat menstimulasi kemampuan anak dalam mengingat aneka bentuk angka. Permainan edukatif karya Bapak Andi Taru dan tim Educa Studio ini sudah diunduh oleh lebih dari 100.000 anak-anak Indonesia. Permainan di dalam aplikasi ini sangat bervariasi, sehingga si kecil tidak akan cepat bosan saat memainkannya. Silakan diunduh dengan klik gambar di bawah ini!

5. Tebak-Tebakan Nama Hewan

Permainan ini biasa dimainkan secara interaktif antara orang tua dan sang buah hati. Ayah dan Bunda bisa menyebutkan ciri-ciri suatu hewan, dan memberi kesempatan pada si kecil untuk menebaknya.

Sebagai contohnya, Ayah dan Bunda bisa menyebutkan kalimat-kalimat di bawah ini:

  • Ini adalah hewan ternak.
  • Hewan ini berkaki empat.
  • Hewan ini menghasilkan susu.

Lalu, ayah dan bunda bisa meminta anak untuk mengingat-ingat binatang apa itu dan menebaknya. Agar si kecil makin banyak mengenal nama-nama hewan, ajak ia bermain aplikasi gim "Marbel Dunia Hewan". Unduh gratis dengan klik gambar di bawah ini!

6. Menanyakan Aktivitas Anak dalam Sehari

Melalui permainan ini, anak akan diajak untuk mengingat kegiatan apa saja yang dilakukan selama 1 hari. Agar si kecil bisa menceritakan aktivitasnya dengan lebih mudah, Ayah dan Bunda bisa memancingnya dengan membuat satu buah kalimat dan meminta anak untuk melengkapinya secara lisan.

Berikut ini adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • Hari ini Adik makan … .
  • Hari ini Adik bermain bersama… .
  • Sepulang sekolah, Adik melakukan … .

Lalu, mintalah anak melengkapi kalimat di atas. Sebagai variasi, Anda juga bisa membuat aneka pertanyaan kepada si kecil tentang kegiatannya dalam satu hari, misalnya, “Hari ini Adik ngapain saja? Hari ini Adik belajar dengan siapa saja?” Biarkan si kecil menjawab dengan kata-kata atau kalimat pendek.

7. Menggambar

Biarkan si kecil menggambar bebas sesuai dengan keinginannya. Saat melakukan aktivitas ini, sebenarnya ia sedang menggunakan daya ingat dan daya imajinasinya.

Beberapa anak suka menggambar sesuai dengan realita dari benda-benda atau mahluk-mahluk yang pernah ia lihat sebelumnya. Beberapa diantara mereka suka membuat bentuk-bentuk atau mahluk-mahluk yang aneh sesuai imajinasinya, misalnya mobil bersayap, ayam bertanduk, dan lainnya. Namun, sebenarnya apa yang mereka ekspresikan dalam bentuk gambar adalah bentuk visual dari apa yang ada pernah mereka lihat dan masih ada dalam memori mereka. Itulah mengapa aktivitas menggambar sangat baik untuk mengembangkan daya ingat anak.

Pengenalan warna dan keterampilan mewarnai adalah salah satu soft-skill penting untuk mengembangkan keterampilan anak dalam menggambar, dan tentunya dapat mengembangkan daya ingatnya. Ajak si kecil bermain aplikasi gim di bawah ini agar ia semakin hebat dalam menggambar.

8. Koleksi Memory Game di Aplikasi “Marbel Pelajaran TK dan PAUD”

Ada banyak gim menarik yang bermanfaat untuk mengembangkan daya ingat anak. Gim-gim di dalam aplikasi ini sangat sederhana, sehingga mudah dimainkan anak. Namun, anak akan belajar mengingat banyak hal melalui permainan-permainan sederhana di dalam setiap gim, misalnya mengenal bentuk angka, mengenal bentuk alfabet, mengenal aneka kosakata, dan lainnya. Si kecil akan diajak untuk belajar aneka soft-skills agar ia makin siap bergabung di satuan PAUD dan masuk SD kelas 1. 

Dampingilah selalu sang buah hati agar ia semakin hebat dalam mengingat aneka kosakata dan ilmu pengetahuan. Dengan pendampingan dari Ayah dan Bunda, maka si kecil akan merasa nyaman dan belajar dengan hati senang. Efek positifnya, anak akan semakin bersemangat, suka cita, dan makin banyak ilmu yang akan ia serap di dalam memorinya. Selamat belajar, serta semangat mengajar sang buah hati!

Baca juga:

  1. Kecerdasan Anak Bisa Terstimulasi dengan Aktivitas Edukasi Ini
  2. Tips Menstimulasi Kecerdasan Anak Usia 1-2 Tahun
  3. 7 Ciri Anak Usia Dini yang Memiliki Kecerdasan Berbahasa
  4. Menstimulasi Kecerdasan Sosial Anak. Praktis!

Anda pelanggan My Value Kompas Gramedia? Ada promo menarik nih! Anda berkesempatan dapetin voucher hingga Rp 100.000. Bagaimana caranya? Silakan klik gambar di bawah ini!

 


Sumber Referensi:

1. Wynne, E. (2019). Importance playing memory games [1]

2. Info.scholarschoice.ca. (2022). Puzzles for everyone [2]

3. Freepik.com. (2022). Asian children are playing puzzle plastic [3]

4. Freepik.com. (2022). Concentrated student doing homework [4]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.