Top

5 Hobi Sederhana yang Manfaatnya Luar Biasa untuk Tingkatkan Potensi

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Feb 2023

  |  

Edukasi

Sobat Marbel, tahukah kamu bahwa dengan melakukan hobi, kamu pun akan meningkatkan segala potensi atau skills yang ada dalam diri? Dilansir dari Skilledatlife.com, dikatakan bahwa saat kamu mendedikasikan banyak waktu untuk melakukan hobi, secara bersamaan kamu akan semakin mampu mengembangkan keterampilan baru yang ada dalam dirimu.

Hobi-hobi berikut ini sangat sederhana. Semua orang pasti bisa melakukannya. Namun, banyak manfaat bisa kamu dapatkan saat melakukannya. Hobi apa saja itu? Keterampilan apa saja yang bisa berkembang dengan melakukannya?

1. Bermain Gim

Bermain gim ternyata mampu mengasah kemampuan mengingat dan mengembangkan kognitif. Kamu dapat belajar aneka kosakata baru, nama-nama tempat, nama-nama tokoh, dan lainnya. Beberapa gim di bawah ini adalah beberapa contoh gim yang bisa mengasah kemampuan kognitif kamu adalah Marbel Tata Surya dan Marbel Sains.

Banyak gim memberikan instruksi atau misi kepada pemainnya dan memintanya untuk menyelesaikannya. Itulah mengapa, gim juga bermanfaat untuk mengembangkan keterampilan menyelesaikan masalah.

Sobat Marbel, aturlah waktumu sebaik mungkin. Kamu juga butuh waktu untuk bermain di alam terbuka, bersosialisasi, dan berolahraga. Hal ini perlu diingat agar kamu tidak kecanduan bermain gim.

2. Menggambar

Kamu tidak perlu bercita-cita menjadi seorang pelukis untuk menggemari aktivitas ini. Kamu bisa melakukannya di waktu luang kamu, karena banyak manfaat akan kamu dapatkan saat melakukan aktivitas menggambar.

Menggambar sangat baik untuk mengembangkan motorik halus kamu. Koordinasi antara mata dan tanganmu akan semakin baik. Kamu akan semakin mampu melakukan kegiatan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran.

Sobat Marbel, Educa Studio punya aplikasi menarik untuk latihan mewarnai untuk PAUD dan SD kelas 1-3. Silakan unduh dengan klik gambar di bawah ini!

Saat menggambar, kamu tentu akan menggunakan daya imajinasimu untuk membuat suatu bentuk. Secara tidak langsung tidak langsung daya ingatmu dan kemampuanmu berkonsentrasi juga akan semakin berkembang.

3. Bermain Musik

Dikutip dari Musicthinktank.com, dikatakan bahwa musisi mendapatkan sejumlah soft skill yang membantu dalam semua jenis karir. Bermain musik bisa mengembangkan kemampuan berkonsentrasi, memori, dan kolaborasi, terutama saat kamu bermain bersama dalam sebuah grup.

Saat kamu bermain musik dalam satu kelompok, kamu harus bisa memainkan alat musikmu dengan baik, meskipun teman-temanmu memainkan alat musik yang berbeda. Konsentrasi yang baik sangat kamu butuhkan agar kamu bisa mainkan bagianmu dengan baik. Kamu dan teman-temanmu dalam satu grup, bisa membuat alunan musik yang indah bila mampu bekerja sama dengan baik.

Kepercayaan dirimu juga akan semakin berkembang dengan baik, saat kamu berani menampilkan aksimu di depan publik.


Baca juga:
1. 7 Tips Meningkatkan Keterampilan Menggambar 
2. 8 Cara Praktis Kembangkan Skill Anak Menulis Cerita


4. Berkebun

Bermain musik mungkin membutuhkan keterampilan khusus. Bagaimana dengan berkebun? Kamu pasti bisa melakukannya. Kamu hanya perlu niat, dan betah saat kulitmu terkena sinar matahari. Banyak manfaat bisa kamu dapat saat melakukannya!

Gim Edukasi "Marbel Sayur" bisa dimainkan di Playstrore.

Saat berkebun, kamu akan berlatih mengingat aneka tanaman. Kemampuan kognisi dan memorimu pasti akan berkembang.

Kegiatan berkebun juga bisa mengembangkan sikap bertanggung jawab. Kamu harus rajin dan telaten dalam merawat tanaman yang ada di sekitar rumahmu agar tidak layu dan mati.

Beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan saat berkebun adalah mencabut rumput, membawa ember yang berisi air, menyapu dedaunan, mengolah tanah dengan sekop, dan lainnya. Aktivitas-aktivitas ini bisa melatih motorik halus dan kasar, serta menguatkan ototmu. Tubuhmu pasti juga semakin bugar.

Meskipun kelak kamu bekerja di sebuah kantor, terkadang mungkin kamu juga akan mendapatkan tugas-tugas di mana kamu harus menggunakan kekuatan ototmu. Itulah manfaat kegiatan berkebun. Tubuh dan mentalmu akan semakin kuat.

5. Membaca Buku

Membaca buku tidak hanya akan memperluas wawasan kamu. Saat kamu duduk tenang dan membaca buku, daya konsentrasimu secara otomatis akan berkembang. Kamu akan menjadi pribadi yang lebih tenang dalam menghadapi situasi-situasi sulit.

Seorang pembaca buku yang baik biasanya memiliki target waktu tertentu, untuk bisa tuntas membaca beberapa halaman atau beberapa bab dalam satu buku. Kebiasaan ini bisa mengembangkan karakter disiplin.

Saat membaca buku cobalah untuk membacanya dengan suara lantang. Hari ini bermanfaat untuk mengembangkan keterampilanmu dalam berkomunikasi. Kamu akan semakin mampu berbicara di depan publik dengan volume suara yang jelas dan intonasi yang baik.

Aneka buku bacaan menarik, kini juga hadir dalam bentuk e-book.

Membaca buku juga bisa mengembangkan keterampilan berbahasa. Kamu juga akan semakin kaya akan kosakata.

Terkadang kamu juga perlu membaca buku yang ditulis oleh penulis dari luar negeri. Selain menambah wawasanmu, kamu juga akan semakin mudah menerima aneka budaya baik dalam negeri maupun mancanegara.

Selain melakukan kegiatan belajar materi pelajaran sekolah, melakukan hobi pasti akan membawa manfaat yang besar bagimu. Tidak hanya untuk hiburan, tapi juga untuk meng-upgrade potensimu, serta karaktermu. Tetap semangat belajar dan melakukan hobi, Sobat Marbel!

Kelas Kreator Gamelab.id akan Bantu Optimalkan Skill dan Kreativitasmu.
Kamu bisa menjadi Kreator Digital dengan mengikuti Kelas Kreator Gamelab secara online dalam waktu 3 bulan.


Sumber Referensi:

1. Freepik.com. (2022). Women work table analyze documents [1]

2. Musicthinktank.com. 8 soft skills musicians have that employers want [2]

3. Skilledatlife.com (2022). Why hobbies are important [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.