Top

Manfaat Kegiatan Merawat Tanaman Bagi Anak Usia Dini (Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon)

09 Januari 2022

10 Januari adalah Peringatan Hari Gerakan Satu Juta Pohon. Pemerintah RI ingin mengingatkan kita akan pentingnya pohon dan aneka tanaman bagi kelestarian mahluk hidup di dunia. Seperti kita tahu, pohon dan aneka tanaman sangat bermanfaat untuk menjaga kebersihan udara. Selain itu, pohon juga banyak menghasilkan produk-produk berupa buah, kayu, dan lainnya. Mari jadikan 10 Januari 2022 sebagai hari yang tepat untuk mengajarkan tentang cara merawat tanaman kepada anak-anak. Karena merawat tanaman memiliki manfaat yang banyak. Mari kita simak!

1. Memperluas Pengetahuan tentang Alam

Banyak hal yang bisa dipelajari saat merawat tanaman. Anda bisa mengajarkan tentang manfaat daun, akar, batang, dan bagian lainnya. Anak juga bisa mempraktikkan belajar dengan melakukan, yang dipercaya lebih efektif daripada sekedar teori atau penjelasan. Kecerdasan Naturalis adalah kecerdasan yang paling berkembang saat kegiatan ini dilakukan.

2. Menyehatkan Badan

Lakukan kegiatan merawat tanaman, misalnya menanam, menyiram, dan memupuk di pagi hari. Sinar mentari pagi saat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan tulang anak usia dini.

3. Sarana Rekreasi

Tentu Anda mengenal aneka wisata alam atau kebun raya. Sejatinya, saat mengajak anak merawat tanaman di pekarangan rumah, Anda juga mengajak anak berekreasi atau berwisata. Hanya saja tempatnya berbeda. Sediakan perlengkapan berkebun yang khusus diciptakan untuk anak belia, agar kegiatan berkebun bisa dilakukan serasa bermain dengan suka cita.

4. Semakin Mampu Bersyukur dan Berempati

Tanaman dan pepohonan diciptakan Tuhan untuk kelangsungan hidup manusia. Tugas manusia adalah merawat dan menjaga, agar tetap lestari sepanjang masa. Kegiatan merawat tanaman bisa menjadi media mengajarkan nilai-nilai moral dan agama. Karena dengan merawat tananam, keindahan dan keseimbangan alam tetap terjaga, dan manusia bisa dijauhkan dari bencana, misalnya pemanasan global, banjir dan tanah longsor yang berbahaya.

Wow… Ternyata kegiatan merawat tanaman banyak manfaatnya. Semoga kegiatan ini bisa membuat hubungan anak dan orang tua semakin harmonis saat dilakukan bersama-sama. Selamat memperingati "Hari Gerakan Satu Juta Pohon" untuk teman-teman semua. Mari lakukan hal sederhana, dimulai dari rumah kita, namun besar manfaatnya bagi seluruh dunia dan alam semesta.

Author :Kak Zepe

Kak Zepe adalah pencipta lagu anak, pengajar, dan penulis