Top

'Me Time': Besar Manfaatnya bagi Orang Tua Agar Tetap Bahagia

Oleh Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

  |  

27 Des 2022

  |  

Parenting

Sesibuk apa pun orang tua dalam mengasuh anak, “me time” adalah saat yang sangat penting agar hati tetap bahagia, sehingga kesehatan fisik dan mental tetap terjaga. Dilansir dari washingtonparent.com, Paige Trevor berpendapat:

““Me time” adalah cara kami mengisi kembali energi pengasuhan kami. Begitulah cara kami memberikan pemahaman tentang pentingnya menjaga serta merawat diri kepada anak-anak kami. Begitulah cara kami menciptakan suasana serta sikap saling menghormati ruang privasi.”

Ayah dan Bunda pasti ingin sang buah hati tumbuh optimal dan selalu bahagia dengan pola asuh yang Anda berikan. Namun, me time tentu saja juga sangat dibutuhkan oleh orang tua yang sibuk bekerja dan mengasuh sang buah hati. Apa saja manfaatnya? Yuk, kita simak pula penjelasan selengkapnya!

1. Meningkatkan Kebahagiaan dan Mencegah Stres

Saat Ayah dan Bunda merasa mudah lelah, mengalami kesulitan untuk bisa fokus, serta sulit mengontrol emosi, mungkin me time adalah hal yang Anda butuhkan.

Anda perlu melakukan hal-hal yang menjadi kegemaran Anda, misalnya menggambar, membaca novel, atau melakukan hobi lainnya, agar Ayah dan Bunda tidak mengalami "burn out" (keadaan mental yang kurang baik), sehingga mengganggu pekerjaan serta aktivitas penting lainnya.

Saat Ayah dan Bunda melakukan me time, silakan berikan aktivitas yang positif kepada si kecil, misalnya:

2. Membuat Tubuh Rileks dan Hati Tenang

Ayah dan Bunda tentu tidak menginginkan kata-kata kasar secara tidak sengaja terucap di depan si kecil, apalagi disertai dengan perilaku yang menjurus pada kekerasan fisik.

Suasana hati yang tenang serta sabar, dan keadaan tubuh yang rileks (tidak tegang) akan membuat Ayah dan Bunda lebih mampu mengucapkan kata-kata yang baik dan positif serta lebih mampu melakukan segala aktivitas dengan baik. Melakukan me time merupakan salah satu hal positif dan penting untuk membuat tubuh tetap rileks dan membuat suasana hati lebih baik serta tenang. Hati yang tenang akan membuat Ayah dan Bunda merasakan kebahagiaan, mencegah melakukan keteledoran, serta memungkinkan Anda membuat keputusan-keputusan kecil yang baik dalam hidup.

3. Saat untuk Introspeksi Diri

Setiap hari Ayah dan Bunda tentu sangat sibuk dengan aneka aktivitas atau rutinitas yang padat. Padahal kita juga membutuhkan waktu untuk melakukan introspeksi diri. Introspeksi diri adalah saat dimana kita meluangkan waktu untuk mengenal diri kita, hal-hal baik apa yang sudah kita lakukan, dan hal-hal kurang baik apa yang perlu kita perbaiki di masa mendatang.

Bila saat melakukan introspeksi, ternyata Anda menyadari ada kesalahan yang pernah Anda lakukan kepada si kecil, tidak ada salahnya bila Ayah dan Bunda meminta maaf. Tidak ada kata terlambat untuk meminta maaf dan melakukan perbaikan di masa mendatang. Namun, bila Ayah dan Bunda merasa semua baik-baik saja, tetaplah melakukan yang terbaik untuk kebaikan si kecil dan seluruh keluarga.

Introspeksi diri juga adalah saat dimana kita semakin bisa menghargai diri sendiri dan menumbuhkan rasa bangga serta cinta pada diri sendiri. Rasa cinta dan bangga pada diri sendiri akan membuat Ayah dan Bunda semakin mampu mengasihi si kecil dengan tulus hati, memberikan nasihat dengan kata-kata yang baik, dan memberikan rasa nyaman padanya.

4. Memperbaiki Kinerja Tubuh

Setiap manusia butuh waktu istirahat. Saat istirahat adalah waktu bagi kita untuk mengumpulkan tenaga kembali. Saat beristirahat juga adalah waktu dimana badan kita memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

Itulah mengapa setelah kita beristirahat pikiran lebih jernih, daya fokus meningkat, sehingga mengurangi resiko terjadinya kecelakaan saat beraktivitas maupun saat mengasuh sang buah hati. Bila tubuh kita sehat dan memiliki imun yang baik, tentu kita juga tidak akan mudah terserang penyakit.

Saat me time bisa menjadi waktu yang tepat bagi Ayah dan Bunda beristirahat bersama. Sambil beristirahat, Ayah dan Bunda bisa memutarkan koleksi dongeng yang ramah anak serta sangat edukatif. Klik gambar di bawah ini untuk mendengarkan koleksi dongeng "Riri, Cerita Anak Interaktif" di Noice.id.

5. Meningkatkan Produktivitas

Ayah dan Bunda tentu memiliki aneka tugas atau pekerjaan harian yang perlu diselesaikan. Agar tugas dan pekerjaan Anda bisa terselesaikan serta dengan kualitas yang baik, tentu Anda membutuhkan kesegaran hati dan pikiran. Ambillah waktu me time meski hanya 15 sampai 30 menit, pasti Anda akan merasakan manfaatnya.

6. Lebih Mampu Bersyukur

Me time tidak harus Ayah dan Bunda terapkan dengan melakukan aktivitas yang kita suka atau mengambil waktu untuk beristirahat. Namun, Anda juga bisa menerapkannya dengan duduk diam, merenung (bukan melamun), serta bisa kita bawa dalam doa. Ayah dan Bunda bisa mengingat kembali kebaikan-kebaikan dan karunia-karunia Tuhan yang sudah diterima, dialami, dan dirasakan.

Semakin banyak kebaikan-kebaikan yang ditemukan, Ayah dan Bunda akan semakin jauh dari segala pikiran yang negatif. Anda akan menjadi lebih bersemangat serta penuh dengan harapan, dan tentu saja hidup akan menjadi lebih bahagia.

Setiap diri kita, pasti memiliki aneka kelebihan. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa setiap diri kita juga memiliki keterbatasan. Me time adalah saat terbaik agar kita memiliki kekuatan untuk mengatasi segala keterbatasan kita. 

Bila saat ini Ayah dan Bunda merasa lelah secara fisik dan mental, jangan lupa untuk mengambil waktu me time. Jangan sampai mengalami burn out, yang bisa merugikan diri sendiri serta sang buah hati. Tugas utama dalam mengasuh si kecil adalah Bunda. Namun, kehadiran Ayah dalam mengasuh si kecil juga sangat penting, agar Ayah dan Bunda bisa saling melengkapi dan saling mengisi. Ayah dan Bunda bisa mengasuh anak dan melakukan me time secara bergantian.

Selain me time, Ayah dan Bunda juga bisa melakukan rekreasi. Libur Natal dan Tahun baru yang bertepatan dengan libur akhir semester 1 ini bisa menjadi saat yang pas untuk bertamasya bersama keluarga. Ayah dan Bunda bersama si kecil bisa mengunjungi aneka tempat wisata yang indah dan mempesona. Obyek wisata yang indah dan menarik bisa menjadi tempat berfoto ria agar menjadi kenangan yang seru dan membahagiakan.

Oh iya, kebetulan Educa Studio sedang mengadakan "Holiday Photo Competition". Cukup post foto atau video keseruan orang tua atau wali bersama anak menggunakan aplikasi Marbel TK Paud atau Riri atau Kabi di Instagram feed. Apa hadiahnya? Anda ingin tau info selengkapnya? Silakan klik gambar di bawah ini!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Ayah dan Bunda, agar tetap menjadi orang tua yang bersemangat dan bahagia. Bila orang tua bahagia, pasti sang buah hati juga merasakan hal yang sama. Selamat mencoba!

Baca juga:

1. Membangun Karakter Anak yang Berhati Mulia dan Bahagia

2. 5 Tips untuk Memperkuat Kesehatan Mental Anak

3. 6 Kiat Menhindari Luka Batin Terjadi pada Anak


Sumber Referensi:

1. Trevor, P. (2022). The importance of me time for parents [1]

2. Freepik. (2022). Beauty people emotions summer leisure concept relaxed calm [2]

3. Freepik. (2022). Medium shot mother and kid [3]

Bagikan artikel ini

Author :

Kak Zepe (ZP. Heru Budhianto. KP)

Kak Zepe adalah pencipta lagu edukasi, pengajar di SD Olifant Sleman DIY, dan penulis artikel edukasi dan parenting.